Comscore Tracker

Ini Upaya Bandara Kualanamu Beroperasi Secara Optimal, Simak Yuk!

Beberapa tenant di bandara sudah kembali buka

Medan, IDN Times - Saat ini Bandar Udara Internasional Kualanamu terus berupaya untuk beroperasi secara optimal dan menjalankan prosedur kesehatan secara ketat sesuai dari aturan kementerian dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Djodi Prasetyo, Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandar Udara KNIA  menyampaikan dalam upaya beroperasi secara optimal pihaknya bekerjasama dengan para instansi terkait, stakeholder dan Gugus Tugas percepatan penanganan COVID 19 Sumut. Bahkan sebagian tenant sudah mulai beroperasi kembali. 

"Proses pelayanan pengguna jasa mengikuti protokol kesehatan, physical distancing, pengukuran suhu, penyiapan tempat cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer. Adapun fasilitas terminal secara rutin dibersihkan dan dilakukan penyemprotan disinfektan," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Rabu (17/6). 

1. Operasional Bandar Udara KNIA disesuaikan berdasarkan kondisi traffic aktual di bandar udara saat ini

Ini Upaya Bandara Kualanamu Beroperasi Secara Optimal, Simak Yuk!instagram.com/kabandararailink

Kata Djodi, operasional Bandar Udara KNIA disesuaikan berdasarkan kondisi traffic aktual di bandar udara saat ini.

"Bandar udara KNIA masih berstatus operasional minimum, meskipun demikian Bandara KNIA selalu mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan serta tetap menerapkan protokol kesehatan di dalam penyelenggaraan kebandarudaraan secara ketat dan intens," tambahnya.

Baca Juga: Bandara Kualanamu Layani Penerbangan Kargo dan Khusus, Ini Periodenya

2. Saat ini untuk kapasitas maksimal terminal yang diperbolehkan sesuai aturan Pemerintah masih 70 persen dari keadaan normal

Ini Upaya Bandara Kualanamu Beroperasi Secara Optimal, Simak Yuk!Bandara Kualanamu memperketat pengawasan terhadap penumpang yang masuk dari penerbangan Internasional. Kualanamu dipasangi thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh orang yang diduga terjangkit Corona (Albert Ivan Damanik for IDN Times)

Saat ini untuk kapasitas maksimal terminal yang diperbolehkan sesuai aturan Pemerintah masih 70 persen dari keadaan normal, hal ini untuk menjaga agar Pengguna jasa dapat menerapkan physical distancing selama berada di area Bandara KNIA.

Djodi menyebutkan, adapun imbauan yang dilakukan di Bandar Udara KNIA selalu menampilkan video-video sosialisasi terkait protokol kesehatan dan secara rutin dibantu dengan pengumuman saat ada penerbangan.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan kepada pengguna jasa kebandarudaraan, untuk mengenakan masker, sering mencuci tangan, menerapkan jaga jarak, menjalankan PCR, membawa dokumen persyaratan terbang, tiba lebih awal 2-3 jam sebelumnya, mengukur suhu tubuh, menggunakan self check in, dan utamakan Transaksi Cashless. 

3. Dalam upaya mendukung penanganan COVID -19 Bandar Udara KNIA beroperasi 24 jam setiap harinya, salah satunya dengan memfasilitasi ketibaan logistik

Ini Upaya Bandara Kualanamu Beroperasi Secara Optimal, Simak Yuk!Foto hanya ilustrasi. Para TKI dan mahasiswa yang baru tiba dari Malaysia menjalani pemeriksaan di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (28/4) (Istimewa)

Dalam upaya mendukung penanganan COVID -19 Bandar Udara KNIA beroperasi 24 jam setiap harinya, salah satunya dengan memfasilitasi ketibaan logistik guna membantu Indonesia khususnya Sumatera Utara dalam menghadapi pandemi ini. Tak hanya itu, Bandar Udara KNIA juga melayani penerbangan repatriasi guna menyambut kepulangan para WNI dari luar negeri.

Baca Juga: PT Railink Stop Operasional Kereta Api Bandara Kualanamu 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya