Comscore Tracker

Bagaimana Sih Peran Kamera Ponsel di Era Jurnalistik Modern? 

Bukan berarti asal jepret yah guys....

Medan, IDN Times - Dunia jurnalistik dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman Di era modern, cukup banyak perubahan yang terjadi dalam jurnalistik.

Contohnya saja dunia fotografi. Dulunya, seorang jurnalis harus menenteng kamera kemana-mana untuk keperluan dokumentasi. Zaman sekarang, sudah mulai jarang ditemui. Kecuali memang benar-benar seorang jurnalis foto.

Kebanyakan, jurnalis masa kini mengandalkan kamera ponselnya. Apalagi di tengah perkembangan teknologi, kualitas gambar yang dihasilkan tak kalah jauh dengan kamera profesional.

Chalid Nasution, Jurnalis Foto asal Kota Medan memberikan pandangannya terhadap foto jurnalis dari ponsel.

1. Ponsel pintar memudahkan jurnalis

Bagaimana Sih Peran Kamera Ponsel di Era Jurnalistik Modern? Unsplash/Gilles Lambert

 Chalid yang juga mantan Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan ini mengatakan, jika perkembangan teknologi memudahkan kita untuk melakukan dokumentasi. Tak pelak, informasi pun cepat tersampaikan.

Tak hanya jurnalis. Zaman sekarang, masyarakat pun dengan mudahya mendokumentasikan peristiwa dan dipublikasi lewat media sosialnya.

“Perkembangan teknologi smartphone memudahkan kerja jurnalistik. Berbagai fitur dalam smartphone dapat digunakan untuk menunjang kerja pewarta dalam pelaksanaan peliputan. Namun tidak semua pewarta dapat menggunakan smartphone. Perlu adanya pelatihan bagi pewarta agar dapat memaksimalkan kerja smartphone,” kata Chalid saat mengisi diskusi jurnalistik XL Axiata, Sabtu (12/10) petang.

Baca Juga: 7 Smartphone dengan Layar Berkualitas Tinggi yang Harganya Terjangkau

2. Terus berlatih dengan kamera ponsel untuk ambil momen terbaik

Bagaimana Sih Peran Kamera Ponsel di Era Jurnalistik Modern? Dok. PFI Medan

Saat ini, di berbagai ponsel disematkan banyak teknologi. Kualitas kameranya pun beragam. Dengan Teknologi itu, harusnya bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Saat ini tak hanya jurnalis, dengan kamera smartphone dan keahlian mengambil gambar yang mencukupi, masyarakat sudah bisa menangkap momen-momen tertentu dengan hasil yang layak untuk disampaikan. Jika fotonya jelas dan sudut pengambilan juga tepat, maka pesan yang disampaikan juga akan jelas,” kata Chalid.

3. Komposisi menjadi hal penting dalam menangkap momen

Bagaimana Sih Peran Kamera Ponsel di Era Jurnalistik Modern? Dok. PFI Medan

Chalid pun menjelaskan, jika komposisi foto menjadi hal penting. Seorang jurnalis foto yang baik , harus mampu membuat komposisi yang bagus. Sehingga pesan yang ingin disampaikan lewat foto. Meski pun hanya menggunakan ponsel sebagai alat.

Chalid pun kerap melakukannya. Dia kerap mengunggah fotonya ke media sosial. Semua dilakukaannya lewat ponsel miliknya.

Sementara itu, Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi mengatakan, pelatihan foto jurnalistik harus rutin digelar. Supaya kemampuan jurnalis terus meningkat.  Alat yang canggih, kata Rahmat tidak menjamin menghasilkan foto yang baik juga.

“Jadi setiap jurnalis harus tetap berlatih. Berdiskusi untuk meningkatkan pemahaman, sehingga menghasilkan karya terbaik," kata Rahmad.

Lebih dari 70 jurnalis mengikuti acara yang dihelat di Grha XL Medan itu. Mereka terdiri dari lintas komunitas pers.

Baca Juga: Antisipasi Kabut Asap, PFI Medan & XL Bagi Masker Gratis di Danau Toba

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You