Semua Orang Bisa Jadi Jurnalis, Gak Harus Kuliah Jurusan Jurnalistik

PJTD LPM Dinamika diikuti 81 peserta

Medan, IDN Times - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika UIN Sumut melangsungkan acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) XIII pada Minggu (17/9/2023). Acara ini berlangsung di aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) kampus II UIN Sumut.

Acara yang mengusung tema "Jurnalis Bebas Kreativitas Tanpa Batas" ini menghadirkan dua pemateri yaitu Arifin Al Alamudi selaku News Editor IDN Times Sumut yang membawakan materi teknik reportase dasar dan Irsan Mulyadi selaku Profesional Foto Jurnalistik yang membawakan materi foto jurnalistik.

1. Bertujuan Memberikan Pelatihan Dasar Jurnalistik

Semua Orang Bisa Jadi Jurnalis, Gak Harus Kuliah Jurusan JurnalistikPelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang diadakan oleh LPM Dinamika UIN Sumut (IDN Times/Taufik Syahputra)

Pemimpin Umum LPM Dinamika UIN Sumut Tondini Alief Harahap mengatakan PJTD bertujuan untuk memberikan pelatihan jurnalistik dasar kepada pers mahasiswa dan siswa-siswi.

"Jadi, PJTD ini memang program kerja LPM Dinamika yang dilangsungkan setiap tahunnya yang dimana tujuannya untuk memberikan jurnalistik dasar kepada kawan-kawan pers mahasiswa dan juga untuk siswa-siswi yang ada di kota Medan," jelas Tondini

2. Menjadi Jurnalis Tidak Harus dari Jurusan Jurnalistik

Semua Orang Bisa Jadi Jurnalis, Gak Harus Kuliah Jurusan JurnalistikArifin Al Alamudi, News Editor IDN Times Sumut memaparkan materi teknik reportase dasar di PJTD XIII LPM Dinamika UIN Sumut (IDN Times/Taufik Syahputra)

Dalam pemaparannya, Arifin mengatakan untuk menjadi jurnalis tak harus dari jurusan jurnalistik. Karena jurnalistik merupakan sebuah bakat seni yang bisa dipelajari oleh siapapun.

"Seorang jurnalis tidak harus dari jurusan jurnalistik karena menulis merupakan sebuah bakat seni yang bisa dipelajari oleh siapapun. Namun jurnalis harus menulis berita berdasarkan fakta dan aktual," jelasnya.

3. Pemantik terbentuk ekskul jurnalistik di sekolah

Semua Orang Bisa Jadi Jurnalis, Gak Harus Kuliah Jurusan JurnalistikIrsan Mulyadi sedang mengevaluasi tugas foto human Interest pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar XIII LPM Dinamika UIN Sumut (IDN Times/Taufik Syahputra)

Setelah mengikuti pelatihan ini, Tondini berharap peserta dapat mengembangkan ilmunya di instansi maupun di tiap sekolahnya serta jadi pemantik terbentuknya ekskul jurnalistik bagi sekolah yang tidak memiliki ekskul tersebut.

"Harapannya setelah ini kawan-kawan baik itu pers mahasiswa dan siswa-siswi bisa mengembangkan ilmunya di tiap-tiap instansi maupun sekolahnya. Tak hanya itu, kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini sekolah-sekolah yang belum ada ekskul jurnalistik bisa terdorong lah untuk buat ekskul jurnalistik," harapnya.

Baca Juga: Kisah Nenek 105 Tahun Tak Sudi Direlokasi dari Kampung Rempang 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya