Comscore Tracker

Seorang Kakek di Medan Nekat Curi HP Milik Istri Mantan Gubernur Sumut

HP curian diberikan kepada cucunya

Medan, IDN Times – Seorang kakek di Kota Medan terpaksa mendekam di sel tahanan Polsek Deli Tua setelah aksinya mencuri handphone terungkap. Tak tanggung-tanggung, dia nekat mencuri handphone milik Fatimah Habibie, istri Mantan Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin.

Untuk mengungkap kasus itu, polisi harus menurunkan Tim Elang Intelmob, Satuan Brimob Polda Sumut. Pelaku yang diringkus bernama Alex Afiantara Kawilarang. Laki-laki 60 tahun warga Jalan Rawa Gang Tengah, Kel Tegal Sari Mandala 2, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan.

1. Pelaku mencuri ponsel milik istri mantan gubernur saat halal bihalal

Seorang Kakek di Medan Nekat Curi HP Milik Istri Mantan Gubernur Sumutilustrasi. (IDN TImes/Sukma Shakti)

Kepala Unit Opsnal Intelmob Ipda Heri Suhartono menjelaskan, pelaku mencuri ponsel saat halal bihalal atau open house di rumah korban beberapa waktu lalu di Jalan STM, Medan. Dalam keterangan korban, ponsel tersebut terakhir kali diletakkannya di atas meja.

"Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polsek Delitua. Kami (Tim Elang Intelmob) kemudian melakukan koordinasi dengan personel Subdit 3 Jahtanras Polda Sumut dipimpin oleh Aipda M Fahri Afrizal untuk melakukan penyelidikan,"  kata Heri, Selasa (2/6).

Baca Juga: Cekcok Saat Lebaran, Suami Bacok Istri Hingga Tewas di Asahan

2. Alex memberikan ponsel curian kepada cucunya

Seorang Kakek di Medan Nekat Curi HP Milik Istri Mantan Gubernur Sumutunsplash.com/freestocks.org

Polisi kemudian melakukan pelacakan. Hingga mereka tiba di Jalan Pasar 3, Gg Bhineka Tunggal Ika, Kecamatan Percut Sei Tuan, tepatnya di kediaman Saiyian. Saat itu Saiyian tidak tahu menahu soal ponsel yang dimaksud.

"Namun, mereka menyampaikan bahwa anak pertama mereka AFA memiliki HP.  Hanya saja, saat ini anak mereka tinggal di rumah omanya (nenek) di Jalan Rawa Gang Tengah, Kel Tegal Sari Mandala 2, Kecamatan Medan Denai," ujarnya.

Polisi pun bergerak ke sana. Petugas menemukan AFA sedang berada di rumah omanya dan tengah memainkan ponsel. Bocah 11 tahun itu mengaku mendapatkan HP dari opa nya (kakek) Alex pada Jumat (29/6).

3. Alex diringkus di kantor MABMI Jalan Brigjen Katamso

Seorang Kakek di Medan Nekat Curi HP Milik Istri Mantan Gubernur SumutIDN Times/Sukma Sakti

Setelah melakukan pengembangan, polisi berhasil meringkus Alex di Kantor Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Jalan Brigjen Katamso.

Setelah diinterogasi oleh tim, Alex mengakui dirinya mengambil HP korban tersebut. "Dari Alex, kami menemukan barang bukti satu sim card milik korban dan satu HP Oppo X9009. Untuk penyidikan kasus ini lebih lanjut, Alex Alfian Kawilarang kami serahkan ke Polsek Delitua," pungkasnya.

Baca Juga: Viral di Medsos, 4 Bandit Pencurian Motor di Medan Ditembak Polisi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya