Comscore Tracker

Pipa Gas di Mandailing Natal Bocor, 5 Warga Meninggal Dunia

27 orang dirawat karena luka-luka dan menghirup gas

Mandailing Natal, IDN Times – Kebocoran gas terjadi pada pipa Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) milik PT. Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP), Senin (25/1/2021). Pipa yang mengalami kebocoran terjadi di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina melaporkan, ada 27 orang yang dirawat karena kejadian tersebut. “Untuk korban meniggal ada lima orang data terakhir. Saya Masih di lokasi,” ujar Kepala BPBD Madina M Yasir Nasution, Senin petang.

1. Korban adalah masyarakat yang sedang bekerja di ladang

Pipa Gas di Mandailing Natal Bocor, 5 Warga Meninggal DuniaPipa Gas PLTP Milik PT SMGP di Mandailing Natal (Madina) Bocor, 5 Warga Tewas (Dok. IDN Times)

Sejauh ini, informasi di lapangan menebut jika korban adalah warga Sibanggor Julu. Mereka diduga keracunan karena terpapar gas. Korban meninggal antara lain, Suratmi (46), Kaila Zahra (5), Yusniar (3), Dahni, Syahrani (14).

“Itu kan pipa  yang melewati persawahan, jadi mungkin masyarakat lagi bekerja di sana,” jelas Yasir.

Sementara itu, belum ada laporan korban maupun kehilangan warga di desa sekitar, seperti Desa Sibanggor Jae maupun Sibanggor Tonga.

Saat ini kata Yasir, tim gabungan masih melakukan penyisiran. Sejauh ini tidak ada lagi laporan soal korban dari paparan gas.

Baca Juga: Pesonanya Bikin Meleleh, 12 Artis Thailand Ini Ternyata Dulunya Cowok

2. Saat ini SMGP sedang memabangun pembangkit di Sibanggor Julu

Pipa Gas di Mandailing Natal Bocor, 5 Warga Meninggal DuniaPipa Gas PLTP Milik PT SMGP di Mandailing Natal (Madina) Bocor, 5 Warga Tewas (Dok. IDN Times)

Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat (Kasubbid Penmas) Polda Sumut AKBP MP Nainngolan mengatakan, saat ini pihak perusahaan tengah melakukan pembangkit listrik di Sibanggor Julu.

"Pengerjaan pembangunan power plant pembangkit listrik tenaga panas bumi sudah berjalan selama 80 persen. Lalu, pekerja PT SMGP berinisial D membuka keran master valve untuk mengalirkan panas bumi atau fluida ke pipa sbend dan membuka kran isolasi valve panas bumi atau fluida mengalir ke silencer tersebut," katanya.

Saat itu juga, lanjut Nainggolan, pipa malah mengeluarkan gas beracun. Warga yang mengetahui hal tersebut langsung melapor kepada pekerja untuk menutup keran. Mengeluarkan gas beracun dari sumur T02.

3. Lokasi pembangunan ditutup

Pipa Gas di Mandailing Natal Bocor, 5 Warga Meninggal DuniaPipa Gas PLTP Milik PT SMGP di Mandailing Natal (Madina) Bocor, 5 Warga Tewas (Dok. IDN Times)

Akibat kebocoran itu, warga yang mencoba menutup sumur malah pingsan. Beberapa lainnya meninggal dunia.

Nainggolan menambahkan akibat jatuhnya korban jiwa karena menghirup gas beracun untuk sementara lokasi pembangunan power plant pembangkit listrik tenaga panas bumi PT SMGP telah ditutup Polres Madina.

"Untuk tindakan yang dilakukan melakukan pengecekan dan olah TKP dan memasang garis polisi.  Lalu untuk korban yang meninggal dunia telah dibawa ke RSUD Panyabungan untuk dilakukan otopsi," pungkasnya.

Baca Juga: Anti Boros! 5 Cara Menghemat Kuota Internet saat Pakai WhatsApp

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya