Comscore Tracker

OTT Wali Kota Medan, KPK Panggil Istri Eldin dan Anak Menteri Yasonna

Pemeriksaan dilakukan di Kantor KPK

Medan, IDN Times – Lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menggulir kasus dugaan korupsi yang menjerat Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin dan sejumlah anak buahnya.

KPK memanggil dua saksi lagi terkait kasus ini. Dua saksi yang dipanggil adalah orang yang cukup penting. Mereka adalah Rita Maharani, istri Dzulmi Eldin dan Direktur PT. Kani Jaya Sentosa Yamitema T Laoly.

Dari informasi yang dihimpun, Yamitema merupakan anak dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly.

“Pemeriksaan dilakukan dalam perkara tindak pidana korupsi suap terkait dengan proyek dan jabatan pada Pemerintah Kota Medan Tahun 2019 untuk tersangka IA,” ungkap Febri Diansyah, Juru Bicara KPK lewat keterangan tertulis yang diterima, Senin (11/11).

Sebelumnya, KPK menetapkan tiga tersangka pada OTT di Medan, Selasa (15/10) malam dan Rabu (16/10). Tiga yang naik status setelah diperiksa adalah Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Kadis PUPR Medan Isya Ansyari dan Kabag Protokoler Medan Syamsul Fitri Siregar

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat menggelar konferensi pers di Kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, 16 Oktober lalu.

Eldin dan Syamsul berperan sebagai penerima suap. Sementara Isya sebagai pemberi. Uang itu diduga berkaitan dengan lelang jabatan di lingkungan Pemko Medan.

Dzulmi Eldin dan Syamsul Siregar disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara Isya Ansyari disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP

KPK juga telah memeriksa saksi-saksi dari kalangan pejabat teras Pemko Medan. Bahkan dua anak kandung Eldin juga ikut diperiksa.

KPK juga melakukan pencekalan ke luar negeri untuk Akbar Himawan Buchari. Pengusaha yang  juga dimintai keterangannya dalam kasus itu.

Baca Juga: Ini Reaksi 2 Anak Wali Kota Dzulmi Eldin Usai Diperiksa KPK

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya