Comscore Tracker

Masyarakat Antre Lama karena BBM Langka di Sumut, Ini Penyebabnya

Terjadi di beberapa daerah Sumut sepekan terakhir

Medan, IDN Times – Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) terjadi di Sumatra Utara. Kelangkaan ini mulai terpantau sepekan belakangan.

Masyarakat kelimpungan. Jika pun masih ada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), mereka harus mengantre lama untuk mendapatkan BBM.

Salah satu operator SPBU di Kota Meda mengaku pasokan BBM minim semenjak sepekan belakangan. Khususnya pada jenis Pertalite dan Pertamax.

"Sudah seminggu ini stok selalu kurang," kata salah seorang operator SPBU yang enggan disebut namanya.

1. BBM langka di beberapa kabupaten dan kota

Masyarakat Antre Lama karena BBM Langka di Sumut, Ini PenyebabnyaANTARA FOTO/Reno Esnir

Kondisi ini bukan hanya terjadi di Medan. Beberapa daerah seperti Binjai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat dan Simalungun juga mengalami hal serupa.

Bahkan kondisi di daerah-daerah tersebut lebih parah. Selain Pertamax dan Pertalite, mereka juga mengeluh kehabisan stok BBM jenis solar.

2. Pertamina sebut pasokan BBM ke SPBU sudah aman

Masyarakat Antre Lama karena BBM Langka di Sumut, Ini PenyebabnyaIlustrasi pengisian BBM di SPBU. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman menyebut jika saat ini pasokan BBM di Sumut sudah aman. Kelangkaan dalam beberapa waktu terakhir disebabkan karena ada keterlambatan kedatangan tanker yang membawa stok BBM.

“Kemarin kita sudah penuhi kebutuhan BBM, sudah datang tanker sebanyak 15.900 KL. Karena memang terkendala ada keterlambatan tanker. Tapi sekarang sudah aman. Sudah kita penuhi,” ujar Taufik, Jumat (15/10/2021).

Kebutuhan BBM di Sumut saat ini diperkirakan mencapai 5.000 KL per hari. Taufik berharap kedatangan tanker bisa berkelanjutan.

“Kita berharap, masyarakat jangan panik,” ungkapnya.

3. Polda Sumut akan undang Pertamina terkait kelangkaan BBM

Masyarakat Antre Lama karena BBM Langka di Sumut, Ini PenyebabnyaKapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak. (Istimewa)

Sementara itu, kelangkaan BBM menjadi sorotan Polda Sumut. Untuk memastikannya, Polda Sumut akan memanggil manajemen PT Pertamina.

"Hasil penyelidikan terjadi pengurangan dari Depo Pertamina ke SPBU-SPBU. Untuk itu, sudah memerintahkan untuk mengundang Kepala Pemasaran Pertamina Medan," sebut Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, Jumat (15/10/2021).

Pihaknya juga masih mendalami hasil penyelidikan mereka di lapangan. "Masih kita dalami hasil wawancara kita dengan pemilik-pemilik SPBU, hasil resume. Ada pengurangan kuota dari Depo Pertamina ke SPBU. Apa penyebab Pertamina yang lebih tahu. Makanya kita buat rapat dengan Pertamina di Krimsus," jelas Panca.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya