Dugaan Pembunuhan Bayi di Medan, Ibu Korban Dimasukkan ke RSJ

Ibu korban ngelantur saat ditanyai penyidik

Medan, IDN Times – Kasus meninggalnya bayi di dalam ember kamar mandi rumah di Jalan Mahkamah, Kota Medan masuk tahap penyelidikan. Polisi memeriksa orangtua korban bayi satu bulan itu.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Komisaris Besar Hadi Wahyudi menyebut, ayah korban bernama Eri diperiksa sebagai saksi. Mereka juga memeriksa ibu korban, Rika. Namun pemeriksaan Rika yang berada di rumah saat kejadian harus ditunda. 

1. Ibu korban ngelantur saat diperiksa penyidik Polrestabes Medan

Dugaan Pembunuhan Bayi di Medan, Ibu Korban Dimasukkan ke RSJKabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi. (Dok: Polda Sumut)

Kata Hadi, pemeriksaan ditunda karena kondisi ibu korban. Saat diperiksa, Rika belum bisa memberikan keterangan yang jelas.

 “Jadi pertanyaan ke mana, jawabannya ke mana. Oleh karenanya, penyidik membawa yang bersangkutan, dilakukan observasi di RSJ Kota Medan. Saat ini (ibu korban) berada di RSJ Kota Medan,” kata Hadi, Rabu (4/10/2023).

Baca Juga: Bayi di Medan Ditemukan Tewas di Ember, Orangtua Diperiksa Polisi

2. Selama ini ibu korban diduga depresi

Dugaan Pembunuhan Bayi di Medan, Ibu Korban Dimasukkan ke RSJilustrasi depresi (pexels.com/Liza Summer)

Meski sudah dibawa ke Rumah Sakit Jiwa, kepolisian belum bisa memastikan soal dugaan gangguan jiwa. “Nanti dokter yang mengatakan (menyimpulkan),” kata Hadi.

Menurut penuturan tetangganya, selama ini ibu korban memang diduga depresi. Selama ini Rika juga jarang bergaul dengan warga. Rika juga kerap marah-marah sendiri tanpa alasan.

3. Korban ditemukan mengapung di dalam ember

Dugaan Pembunuhan Bayi di Medan, Ibu Korban Dimasukkan ke RSJIlustrasi Garis Polisi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Sebelumnya, korban ditemukan ayahnya dalam keadaan tidak bernyawa pada Senin (2/10/2023) siang. Anak perempuannya itu ditemukan sudah mengapung di dalam ember.

"Saat pulang rupanya ditengok anaknya sudah terapung di dalam ember, nangis suaminya dan bilang anaknya sudah meninggal," ujar Israwati, tetangga Eri kepada awak media.

Sebelum ditemukan terapung, Israwati sempat melihat korban disusui Rika, ibu sang bayi. Dia juga sempat menyapa Rika. Namun dia tidak menyahuti sapaannya.

Setelah korban ditemukan meninggal, para tetangga sempat menanyai Rika apakah dia yang telah membunuh korban. Namun dia membantah.

"(Kata Rika) dia awalnya bersih-bersih rumah, (karena cuaca panas), anaknya biar dingin dimasukkan ke dalam ember untuk biar berenang. Kata dia 'anakku berenang (lalu) aku beresin rumah, dimandikannya, lupa dia angkat," ujar Israwati menirukan ucapan Rika. 

Baca Juga: 1.058 Pelaku Narkoba Sumut Diciduk, Sebagian Dikendalikan dari Lapas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya