Comscore Tracker

[BREAKING] Erupsi Sinabung, Penerbangan dari Bandara Kualanamu Aman

Abu vulkanik tidak mengarah ke landasan pacu

Deli Serdang, IDN Times – Gunung Api Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara kembali erupsi, Senin (10/8/2020). Hari ini Sinabung sudah erupsi dua kali.

Erupsi pertama terjadi sekitar pukul 10.20 WIB. Erupsi kedua sekitar pukul 11.00 WIB lebih. Tinggi kolom abu mencapai 5 Km.

Sampai sekarang abu vulkanik masih menutupi sebagin wilayah di Karo. Bahkan beberapa desa ada yang sampai gelap gulita karena guyuran abu.

Sementara itu, erupsi Sinabung hari ini belum mengganggu aktifitas penerbangan di Bandara Kualanamu. Penerbangan masih berjalan lancar dan sesuai jadwal.

“Saat ini dilaporkan  belum adanya berdampak pada aktivitas Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang. Kondisi bandar udara sejauh ini berjalan lancar dan aman dan akan terus kami update perkembangannya,” ujar  Pelaksana Tugas (Plt) Manager Hukum dan Humas PT Angkasa Pura (Persero) Cabang Kualanamu Paulina Simbolon, lewat pesan singkat.

Dalam tangkapan radar otoritas setempat, arah luncuran abu juga tidak mengarah ke Bandara Kualanamu.

“Arah abu menjauhi track (landasan) Kualanamu,” ujar Paulina.

Ini adalah erupsi keempat dalam kurun waktu tiga hari terakhir. Sebelumnya, Sinabung mengalami erupsi pada Sabtu 8 Agustus 2020 sekitar pukul 01.58 WIB. Abu vulkanik hasil erupsi terdistribusi di beberapa kecamatan, Kabupaten Karo. Tinggi kolom erupsi sekitar 2.000 meter di atas puncak. Kemudian pada sore harinya Sinabung kembali erupsi dengan tinggi lontaran abu vulkanik lebih kurang 1.000 meter.

Baca Juga: Sinabung Erupsi, Manajemen PSMS Berencana Pulangkan Pemain ke Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya