Comscore Tracker

Ribuan Pengikut Thareqat Naqsabandiyah Padati Perkampungan Religius

Datang dari berbagai daerah hingga luar negeri

Medan, IDN Times - Ribuan jamaah thareqat Naqsabandiyah dari berbagai daerah memadati perkampungan religius Babussalam di Desa Besilam Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Seperti dilansir dari Antara, para warga hadir untuk mengikuti HUL ke-95 Tuan Guru Almarhum Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kahlidy Naqsabandy.

"Ribuan jamaah ini sudah beberapa hari ini berada di sini," kata Ketua Panitia Pelaksana, Zamroni, di Besilam Babussalam, Sabtu (26/1).

1. Datang dari berbagai daerah

Ribuan Pengikut Thareqat Naqsabandiyah Padati Perkampungan ReligiusAntara Sumut/Imam Fauzi

Kata Zamroni, para pengunjung datang dari berbagai daerah seperti Aceh, Binjai, Medan, Deli Serdang, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Riau, Padang, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Jakarta, dan berbagai daerah lainnya.

Ia melanjutkan, para pengunjung juga ada yang datang dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Baca Juga: Liliyana Natsir Pensiuan, Spanduk #ThankYouButet Terbentang di Istora

2. Tak hanya berkunjung, mereka mengikuti kegiatan lain termasuk suluk dan ziarah

Ribuan Pengikut Thareqat Naqsabandiyah Padati Perkampungan ReligiusGoggle

Selain berkunjung ke perkampungan religius Babussalam ini mereka juga ada yang mengikuti suluk selama 10 hari, 20 hari dan 40 hari, serta puncak HUL ini pada Minggu (27/1).

Selain mengikuti berbagai kegiatan dan aktifitas selama beberapa hari, mereka juga melakukan ziarah ke makam Tuan Guru pendiri thareqat Naqsabandiyah Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidy Naqsabandy. 

Termasuk juga melaksanakan ratib saman, maupun juga berbagai kegiatan lainnya.

3. Didampingi para keluarga

Ribuan Pengikut Thareqat Naqsabandiyah Padati Perkampungan ReligiusAntara Sumut/Imam Fauzi

Ibrahim, warga Labuhanbatu Utara yang hadir di perkampungan Babussalam Besilam itu menyampaikan sudah sejak beberapa hari ini berada di sana dalam rangka melaksanakan suluk. 

Katanya, dia menghadiri acara ini untuk mengikuti suluk 40 hari.

Ibrahim juga mengatakan, dirinya tidak datang sendirian, namun bersama rombongan yang juga jamaah suluk yang ada di sana.

Biasanya, setelah melaksanakan kegiatan ini, para jamaah akan kembali ke daerahnya masing-masing.

4. Dihadiri gubernur sumut

Ribuan Pengikut Thareqat Naqsabandiyah Padati Perkampungan ReligiusAntara Sumut/Imam Fauzi

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi juga hadir pada puncak HUL ke-95 Tuan Guru Babassalam di Desa Besilam Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara kemarin, Minggu (27/1).

Kedatangan Gubernur Sumatera Utara disambut jamaah yang memadati perkampungan religius Babussalam termasuk juga Tuan Guru Syekh Haji Hasyim Al Sarwani, beserta para juriat yang memadati madrasah besar tempat dilangsungkannya acara.

Selain Gubernur hadir pada kesempatan itu Wakapolda Sumatera Utara Brigjend Pol Mardiaz KusinDwi hananto, Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan, Kajari Langkat Wahyu Sabruddin, Rahmad Shah.

Pada kesempatan itu disampaikan riwayat singkat pendiri Babussalam Almarhum Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidy Naqsabandy.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya