Comscore Tracker

Metrolink Street Market, Ajak UMKM Bangkit di Masa Pandemik COVID-19

Konsep outdoor dan terapkan protokol kesehatan

Medan, IDN Times - Pandemik COVID-19 belum berakhir hingga saat ini. Para pelaku UMKM tentu saja harus terus beradaptasi agar tetap bertahan. Kolaborasi pun terus dilakukan, salah satunya Metrolink Street Market. 

IDN Times berkunjung pada Sabtu (16/1/2021), event ini berlangsung di Jalan A.H. Nasution tepatnya di samping Asrama Haji Medan.

Jemmy Mulyawan, Head Project Metrolink Street Matket, mengatakan ada 100 tenan yang tergabung dalam event ini. Katanya, ia sengaja menghadirkan event bertema outdoor dan tetap menerapkan protokol kesehatan karena melihat situasi pandemik COVID-19 yang belum berakhir.

“Event ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. Setiap pengunjung yang hadir wajib mencuci tangan, lalu mengecek suhu tubuh dan kita telah melakukan social distancing di lokasi,” ucap Jemmy.

1. Event ini bertujuan mengajak kembali para UMKM untuk tetap bertahan di situasi pandemik COVID-19

Metrolink Street Market, Ajak UMKM Bangkit di Masa Pandemik COVID-19Istimewa/IDN Times

Jemmy menuturkan, event ini bertujuan mengajak kembali para UMKM untuk tetap bertahan disituasi pandemik COVID-19. Tak hanya itu, event ini juga bisa menjadi alternatif hiburan untuk warga Medan, berkonsep outdoor dan terapkan protokol kesehatan. 

"Tenan-tenan di Metrolink Street Market ini kebanyakan diisi oleh pelaku UMKM yang terdampak COVID-19. Ini juga membantu UMKM untuk keluar dari persoalan yang pelik jika berjualan di pinggir jalan. Seperti kesulitan mendapatkan aliran listrik, air, keamanan dan bahkan kerap mendapatkan tindakan kekerasan premanisme," ujarnya.

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Asli Kiki Pembantu Aldebaran di Ikatan Cinta

2. UMKM juga dibantu untuk mempromosikan produknya

Metrolink Street Market, Ajak UMKM Bangkit di Masa Pandemik COVID-19Istimewa/IDN Times

Kata Jemmy, UMKM disini difasilitasi, mulai dari penyediaan listrik, air dan juga kenyamanan. Bahkan, untuk promosi juga dibantu agar bisa meningkatkan jumlah pembeli. 

"Bukan itu saja, UMKM ini juga kita promosikan ke khalayak banyak sehingga tidak perlu lagi membuat iklan sendiri untuk menaikkan traffic penjualannya,” tambahnya.

3. Pelaku UMKM, berharap bisa bangkit dan mengoptimalkan penjualan

Metrolink Street Market, Ajak UMKM Bangkit di Masa Pandemik COVID-19Istimewa/IDN Times

Jemmy menyampaikan, event ini dibuka mulai sore hari dan malam hari, namun tetap menyesuaikan aturan yang ditetapkan pemerintah. 

Vena, salah satu tenant dimsum yang turut mengisi Metrolink Street Market, mengatakan semenjak adanya pandemik COVID-19, semua usahanya terdampak, ia bahkan tidak bisa berharap dengan jasa antar online. 

“Semenjak COVID-19 kami tidak bisa terlalu mengharapkan jasa antar online. Penjualan menurun sekali. Hampir semua cabang usaha saya terdampak. Berharap di event ini bisa bangkit lagi. Tentunya kegiatan ini sangat mengoptimalkan penjualan kita," ujarnya. 

Baca Juga: Ndeso di Ikatan Cinta, 7 Pesona Ayya Renita Pakai Batik dan Kebaya

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya