Ke Deli Serdang, Jokowi Minta Percepat Vaksinasi di Sumut 

Warga Deli Serdang antusias ikut vaksinasi door to door

Medan, IDN Times- Presiden Republik Indonesia Joko 'Jokowi' Widodo didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal door to door (dari pintu ke pintu) di Dusun Amal Bhakti, Desa Emplasmen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (16/9/2021).

Jokowi mengatakan pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah tersebut merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk mengajak warga ikut vaksinasi, dengan harapan langkah ini akan mempercepat vaksinasi.

Sebelumnya telah dilakukan oleh Rumah Sakit, Pemda, TNI/Polri, Puskesmas dan semua pihak. "Kita ingin menyisir agar seluruh masyarakat mendapatkan vaksin dan kita segera bisa terhindar dari penyebaran COVID-19," ujarnya.

1. Vaksinasi dari rumah ke rumah ini juga akan sangat memudahkan masyarakat

Ke Deli Serdang, Jokowi Minta Percepat Vaksinasi di Sumut Presiden Jokowi saat tinjau vaksinasi di Deli Serdang, Kamis (16/9/2021). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Jokowi menambahkan, vaksinasi dari rumah ke rumah ini juga akan sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses vaksinasi. Karena tingginya antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin, sehingga pemerintah turun ke dusun-dusun.

"Ini juga akan memberikan perlindungan kepada masyarakat, sehingga nantinya masyarakat segera bisa beraktivitas, secara normal," sambungnya.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Door to Door di Aceh, Ini Pesan Jokowi

2. Faktor kunci adalah protokol kesehatan

Ke Deli Serdang, Jokowi Minta Percepat Vaksinasi di Sumut Istimewa/IDN Times

Kemudian, katanya, faktor kunci adalah protokol kesehatan (Prokes) serta vaksinasi. Karena itu dirinya mengajak masyarakat untuk terus taat, serta bisa segera menerima vaksin.

"Saya sangat menghargai antusias masyarakat di Deli Serdang ini yang ikut vaksinasi door to door, kita harapkan akan mempercepat dan memperbanyak persentase vaksinasi yang ada di provinsi Sumatera Utara," bebernya.

3. Ditargetkan 70 persen penduduk Sumut vaksinasi

Ke Deli Serdang, Jokowi Minta Percepat Vaksinasi di Sumut Presiden Jokowi tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Kamis (16/9/2021) (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa kunjungan Presiden RI ke Deli Serdang merupakan bentuk dukungan penuh Pemerintah Pusat kepada daerah dalam rangka memaksimalkan dan mempercepat upaya vaksinasi kepada masyarakat. Selama ini, secara bertahap Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama unsur Forkopimda terus menggelar vaksinasi massal.

"Kita (sampaikan) terima kasih kepada Presiden RI, Bapak Joko Widodo sudah datang ke Sumatra Utara. Dengan perhatian ini, kita harapkan vaksinasi COVID-19 yang sudah berjalan selama ini, bisa semakin banyak jumlahnya, sesuai target setidaknya 70 persen dari jumlah penduduk," ujar Edy Rahmayadi.

Menurut Gubernur, peninjauan tersebut juga bisa menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat agar mendukung penuh program vaksinasi COVID-19 oleh pemerintah dalam menangani pandemi.

Dengan begitu, angka penularan dapat terus ditekan serta melahirkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Yang pasti setelah kita terus berupaya mengatasi pandemi, mari sama-sama kita doakan Sumatra Utara, Indonesia keluar dari kondisi pandemik COVID-19," ujar Edy, yang selanjutnya turut bersama rombongan Presiden menuju titik lokasi kunjungan berikutnya, SMKN I Beringin dan Rumah Dinas Gubernur.

Adapun warga yang diberi vaksin di depan rumahnya, yakni Abdilul Rakim (68), Mindy Dwi Pramita (27), Karsian (56), Paimun (62), Surianto (45), M Amsari (39) dan Solehan (55), warga Dusun I Desa Emplasmen Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang.

Baca Juga: Vaksinasi Santri di Aceh, Jokowi Harap Pesantren Kembali Normal

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya