Calon Jemaah Haji di Medan Dimudahkan Urus Paspor

Layanan smart eazy pasport membantu calon jemaah haji

Medan, IDN Times- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan berkolaborasi dengan Kementerian Agama Kota Medan menyelenggarakan Layanan Smart Eazy Passport di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Ikhwanul Ikhlas Kota Medan, Sabtu (18/3/2023). 

Pelaksana Harian Kepala Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian, Madriva Rumadyo Gusmaritno mengatakan, inovasi layanan Smart Eazy Passpor ini memudahkan calon jemaah haji asal Kota Medan dalam hal kepengurusan paspor dengan tujuan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah di tahun ini.

"Kegiatan layanan Smart Eazy Passport kepada calon jemaah haji Kota Medan ini merupakan bukti dukungan Imigrasi terhadap penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2023 khususnya dalam hal penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau paspor," ujarnya. 

1. Kuota calon jemaah haji Sumut kembali normal tahun ini

Calon Jemaah Haji di Medan Dimudahkan Urus PasporIlustrasi jemaah haji. (dok. Angkasa Pura I)

Berdasarkan data dari Kementerian Agama, adapun kuota calon jemaah haji asal Sumatra Utara kembali normal pada tahun 2023.

Jumlahnya sebanyak 8.168 orang, sehingga layanan Smart Eazy Passport ini diperlukan agar permohonan paspor khusus calon Jemaah haji tahun 2023 dapat selesai tepat waktu.

Baca Juga: Kemenag: Jemaah Batal Berangkat Haji 2023 Bisa Lanjut Tahun Berikutnya

2. Masyarakat kota Medan diharapkan dapat mengetahui informasi ini

Calon Jemaah Haji di Medan Dimudahkan Urus Pasporilustrasi paspor Indonesia (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih lanjut, katanya, kegiatan ini digelar berkat kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Medan.

Untuk itu, besar harapannya untuk masyarakat kota Medan dapat mengetahui dan memahami peran Imigrasi dan Kementerian Agama dalam penyelenggaraan Ibadah Haji.

"Sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan lancar," ujar Madriva. 

3. Layanan pembuatan paspor kolektif ini membantu calon jemaah haji

Calon Jemaah Haji di Medan Dimudahkan Urus PasporIlustrasi - jemaah haji kloter satu Embarkasi Makassar disambut panitia penyelenggara haji di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (176/6/2022). Istimewa

Dalam kegiatan ini, sebanyak 100 calon jemaah haji kota medan terlayani dalam layanan Smart Eazy Passport yang diselenggarakan di KBIH Ikhwanul Ikhlas.

"Layanan pembuatan paspor kolektif yang dilaksanakan ditempat ini sangat membantu kami dalah hal pembuatan paspor untuk keperluan ibadah ke Tanah Suci. Kami tidak mendaftar online terlebih dahulu, seluruh pelayanan dilakukan ditempat, sehingga kami tidak perlu datang ke kantor Imigrasi," kata salah seorang calon jemaah haji. 

Baca Juga: Kuota Haji Sumut 2023 Capai 8.168 Jemaah, Tidak Ada Pembatasan Usia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya