Beri Motor Baru untuk Babinsa Kodam I/BB, Prabowo: Biar Lebih Cepat!

Prabowo sebut Babinsa ujung tombak jaga teritorial 

Medan, IDN Times- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan 100 unit sepeda motor untuk mendukung tugas operasional Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD wilayah Kodam I/ Bukit Barisan.

Prabowo mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan tahun ini akan penuh tantangan sehingga harus terus waspada agar Babinsa dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. "Saya segera bergerak turun ke Komando Teritorial. Kalian adalah ujung tombak. Saya datang untuk mengucapkan terimakasih atas dedikasi kalian semua," tegas Prabowo.

1. Prabowo berikan pengarahan kepada 2.000 anggota Babinsa Kodam I/BB

Beri Motor Baru untuk Babinsa Kodam I/BB, Prabowo: Biar Lebih Cepat!Dok. Tim Media Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto memberikan pengarahan kepada 2.000 orang anggota Babinsa Kodam I Bukit Barisan di Medan, Sumatra Utara. Prabowo berterimakasih atas peran Babinsa dalam Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Prabowo kemudian melanjutkan bahwa para Babinsa yang telah bertugas cukup lama di wilayahnya pasti sangat mengenal siapa saja tokoh-tokoh yang berpengaruh sehingga dapat cepat memahami perkembangan situasi di lapangan.

"Oleh karena itu perintah Presiden waspada, jangan terdadak, jaga ketenangan, tegakkan jiwa persatuan," katanya, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Sebut Pemerintahan Jokowi Maju, Prabowo: Gerindra Punya Andil

2. Apresiasi kerja babinsa di wilayah Sumatra Utara

Beri Motor Baru untuk Babinsa Kodam I/BB, Prabowo: Biar Lebih Cepat!Dok. Tim Media Prabowo Subianto

Prabowo kemudian juga menjabarkan bahwa dirinya bekerja keras agar Prajurit TNI yang terdepan memiliki alat peralatan terbaik dan mendapatkan dukungan terbaik. "Kita sekarang kerja keras supaya mereka berhasil. Terimakasih dedikasi mu, kerja keras mu. Jaga rakyat kita dengan sebaik-baiknya," kata Prabowo.

Selain itu Prabowo juga membeberkan tahun ini pada Oktober 2023, akan dioperasikan sebanyak 25 rumah sakit baru untuk TNI dan umum. Setiap rumah sakit nantinya akan memiliki rata-rata 200 tempat tidur. Termasuk juga Laboratorium biosecurity yang saat ini hanya ada 9, nantinya akan ditambah 5 atau 6 laboratorium lagi.

“Intinya harus terus melakukan persiapan dari ancaman manapun, Pertahanan negara jangan dianggap seperti pemadam kebakaran yang baru dipanggil ketika ada kejadian, harus siap untuk gelombang pandemi yang lebih berat lagi, dan tidak hanya ke manusia, tapi ke ternak dan tanaman,” ujarnya.

3. Prabowo menyerahkan 100 unit sepeda motor secara simbolis

Beri Motor Baru untuk Babinsa Kodam I/BB, Prabowo: Biar Lebih Cepat!Dok. Tim Media Prabowo Subianto

Tak terkecuali perihal sistem pertahanan negara yang dihadapi, dalam arahannya, Prabowo menyebutkan, wawasan pertahananan adalah bertahan dan tidak melakukan ekspansi. Implementasinya adalah defensif aktif yang artinya TNI harus unggul dan terlatih dalam melaksanakan tugasnya dengan benar.

“Bekali Babinsa dengan motor yang baru, biar lebih cepat, termasuk melengkapi Babinsa dengan alat komunikasi agar bisa berkomunikasi langsung. Bahkan presiden pun bisa berkomunikasi langsung dengan Babinsa,” tegasnya.

Baca Juga: Pesantren di Pusat Kota Medan Ini Bikin Prabowo Kagum

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya