Tim Bobby-Aulia Menilai Gugatan Akhyar-Salman ke MK Tindakan Konyol

Sugiat: AMAN pakai logo Pemko Medan untuk kampanye

Medan, IDN Times - Tim Pemenangan Bobby-Aulia menggelar konprensi pers di Sekretariat Pemenangan Jalan Cik Ditiro Medan pada Sabtu (19/12/2020). Dalam pertemuan dengan wartawan, tampak hadir Ketua Tim Pemenangan Bobby-Aulia HT Milwan, juru bicara Ikrimah Hamidi, Sugiat Santoso, Ustaz Nursyam hingga Ketua Sekber Relawan Meryl Saragih.

HT Milwan membuka pembicaraan dengan menyatakan pernyataan sikap merasa dirugikan dengan beberapa statement dan sikap Paslon 01 Akhyar-Salman.

"Dalam perjalanan Pilkada Medan, akhirnya KPU Medan telah umumkan lewat rekapitulasi Paslon No 2 Bobby-Aulia menang dengan raihan 53,5 persen suara. Dan paslon 1 Akhyar-Salman meraih 43,5 persen suara. Namun, kami banyak merasa dirugikan, pertama lewat video hoax bagi-bagi uang yang dituduhkan kepada pasangan kami," kata Milwan yang mantan Bupati Labuhan Batu dua periode itu.

Sebagai bentuk klarifikasi dari Paslon nomor urut 02, HT Milwan mengatakan pengumuman resmi KPU Medan soal perolehan suara Bobby-Aulia menang 53,5 persen sedangkan Akhyar-Salman meraih 46,5 persen.

"Jadi klaim mereka meraih 48 persen suara itu tidak benar. Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan hasil hitungan di seluruh TPS oleh saksi paslon 1. Artinya mereka menyetujui proses perhitungan di sebanyak 4.330 TPS di 21 kecamatan di Medan," lanjut Milwan.

1. Tim Bobby-Aulia menilai hasil suara telah sah karena seluruh saksi sudah beri tandatangan BAP di TPS

Tim Bobby-Aulia Menilai Gugatan Akhyar-Salman ke MK Tindakan Konyol

Terkait pihak Paslon 01 yang tak ingin menandatangani BAP ketika KPU Medan mengumumkan hasil rekapitulasi pada 15 Desember 2020 lalu. Dirinya menilai bahwa, hasil suara telah sah karena seluruh saksi memberikan tanda tangan BAP di TPS usai penghitungan suara.

"Ketika seluruh saksi meneken BAP di TPS usai penghitungan suara, maka hasilnya adalah sah," jelasMilwan.

Ditambahkan Ikrimah Hamidi, ada upaya yang dilakukan paslon 01 bahwa Pilkada Medan berjalan tidak benar. "Ada framing Pilkada Medan ini curang, dan seolah kami yang salah dan selalu berbuat tidak benar. Padahal Pilkada Medan berjalan baik, partisipasi meningkat dan berlangsung damai. Kami sayangkan tuduhan-tuduhan itu yang tidak benar," kata Ikrimah.

Baca Juga: Saksi Akhyar-Salman Tolak Teken Rekapitulasi Suara Pilkada Medan

2. Tim Bobby-Aulia menilai gugatan Akhyar-Salman merupakan hal kekonyolan

Tim Bobby-Aulia Menilai Gugatan Akhyar-Salman ke MK Tindakan Konyol

Dalam catatan tim pemenangan Bobby-Aulia terdapat banyak kecurangan yang dilakukan oleh Paslon Akhyar-Salman. "Mereka menyiarkan informasi hoaks bagi-bagi uang dituduhkan kepada kami. Itu sudah kami laporkan ke polisi dan kami harap ditindaklanjuti sepenuhnya," kata Ikrimah.

Selain itu, Ikrimah juga mengatakan bahwa klaim Paslon Akhyar-Salman terkait perolehan 48 persen dinyatakan hoaks. "Paslon 1 ketika kembali jadi Plt Wali kota terbukti mengumpulkan kepling, lurah dan fungsionaris PKK. Artinya Paslon 1 juga banyak kesalahan dan sudah dilaporkan. Jadi jangan malah menuding Pilkada ini curang," kata Ikrimah.

Sugiat Santoso dengan tegas menjelaskan bahwa gugatan Akhyar-Salman soal proses Pilkada Medan ke MK adalah hal konyol.

"Menurut saya itu konyol dan memalukan. Mereka salah alamat menggugat. Gugatan ke MK itu untuk menangani selisih suara. Kalau proses Pilkada gugatnya ke Bawaslu, DKPP dan PTUN. Kalau menggugat hasil Pilkada baru ke MK dan itu ada syaratnya," kata Sugiat.

3. Sugiat: Akhyar-Salman pakai logo Pemko Medan untuk kampanye

Tim Bobby-Aulia Menilai Gugatan Akhyar-Salman ke MK Tindakan Konyol

Menurut peraturan MK No 6 Tahun 2020 syarat mengajukan gugatan selisih suara ke MK adalah, hasil Pilkada menghasilkan selisih 0,5 persen suara. Itu dengan catatan kota besar berpenduduk di atas 1 juta jiwa.

"Nah di Pilkada Medan kemarin selisih suara mencapai 7 persen. Artinya gugatan ke MK itu konyol dan salah alamat. Perlu diajari juga nampaknya tim hukumnya itu," koar Sugiat.

Sugiat juga mencatat beberapa 'dosa' Paslon Akhyar-Salman dalam proses Pilkada Medan lalu dan seluruhnya sudah dilaporkan ke pihak berwenang namun belum seluruhnya ditindaklanjuti maksimal.

"Akhyar-Salman pakai logo Pemko Medan untuk kampanye. Mereka juga gunakan video TNI Marinir untuk kampanye. Kami laporkan kampanye istri Akhyar di Masjid bagi-bagi kalender dan jilbab. Kami juga lihat kasus Akhyar ancam pukul komisioner Panwascam Medan Deli. Kami juga mencatat ada pemeriksaan Salman soal temuan Panwascam Medan Sunggal kampanye di masjid. Karena masuk unsur pidana kasus itu sudah sampai di Polres laporannya. Akhyar sebagai Plt wali kota terbukti Medan kumpulkan kepling dan lurah, dalihnya masalah banjir padahal sudah surut, " papar Sugiat.

Baca Juga: Diduga Adanya Penggelembungan Suara, Tim AMAN Lakukan Gugatan Ke MK

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya