Sah! KPU Medan Tetapkan Bobby-Aulia Wali Kota dan Wakil Terpilih

Keduanya akan segera dilantik

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menetapkan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 02, Bobby Nasution-Aulia Rachman menjadi pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan tahun 2020 dengan total suara 393.327 pada, Kamis (18/2/2021).

Dalam ketetapan ini, KPU melakukan rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Damanik bersama anggota komisioner KPU Kota Medan lainnya di acara Rapat Pleno Terbuka penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota terpilih dalam Pilkada Medan 2020.

1. KPU Medan: Hasilnya akan diserahkan ke DPRD Medan untuk usulan pelantikan kepada Mendagri melalui Gubernur Sumut

Sah! KPU Medan Tetapkan Bobby-Aulia Wali Kota dan Wakil TerpilihKetua KPU Kota Medan, Agussyah Damanik saat melakukan konprensi pers terkait penetapan Walikota dan Wakil Walikota Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Rapat pleno dimulai pukul 14.00 WIB dihadiri oleh pemenang Pilkada Medan, Bobby Nasution-Aulia Rachman, Plh Wali Kota Medan Wiriya Alrahman,MM, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE, pimpinan partai politik pendukung dan Forkompinda. Namun Paslon 01 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi tampak tak hadir meski telah diundang KPU Medan.

Agussyah mengatakan, ketetapan tersebut berdasarkan keputusan no 175/pl.02.7 -kpt/1271/kpu-kot/II/2021 tentang penetapan pasangan Calon Walikota/Wakil walikota terpilih dalam pemilihan Walikota/Wakil Walikota Medan tahun 2020, menetapkan Paslon nomor urut 2.

"Penetapan hasil ini merupakan serangkaian tugas KPU Kota Medan dalam menyelenggarakan Pilkada Kota Medan tahun 2020. Hasilnya ini diserahkan ke DPRD Kota Medan, guna menyampaikan pengusulan pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sumatera Utara," kata Agussyah.

Sebagai informasi untuk perolehan suara yakni sebanyak 393.327, dan adapun sejumlah partai politik pengusung yaitu, PDIP Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Nasdem, Partai Hanura, PPP dan PSI.

Baca Juga: Bobby-Aulia Raih Total 393.327 Suara, Ini Data Lengkap Rekap KPU Medan

2. Usai dilantik Bobby-Aulia nantinya akan rencanakan agenda terdekat, salah satunya benahi infrastruktur kota Medan

Sah! KPU Medan Tetapkan Bobby-Aulia Wali Kota dan Wakil TerpilihWalikota dan Wakil Walikota Medan, Bobby-Aulia yang ditetapkan oleh KPU Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Agussyah berharap keputusan tersebut dapat diterima oleh semua pihak dan pada Paslon no 02 yang telah ditetapkan, serta masyarakat yang banyak menggantungkan harapan untuk membawa Kota Medan lebih maju dan lebih baik sesuai dengan visi misi.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Bobby Nasution bersama Wakil Walikota Medan Aulia Rachman, mengatakan untuk program kerjanya dalam jangka pendek atau 100 hari setelah pelantikan tak terlalu ada yang difokuskan karena mereka dipilih untuk program kerja sampai akhir periode tahunnya.

"Tapi kita bekerja sesuai keluhan masyarakat seperti kebersihan, drainase Kota Medan yang buruk sehingga berdampak banjir, infrastruktur yang kurang baik dan kualitasnya harus diperbaiki, penataan birokrasi di Pemko Medan dan terpenting penanganan penekanan penyebaran COVID-19 dengan mengefektifkan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) yang sama pentingnya dengan penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak)," jelasnya pada awak media.

3. Bobby: Tentunya kerja kami harus bergandengan dengan legislatif meliputi semua partai yang duduk di DPRD

Sah! KPU Medan Tetapkan Bobby-Aulia Wali Kota dan Wakil TerpilihWalikota dan Wakil Walikota Medan, Bobby-Aulia yang ditetapkan oleh KPU Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, saat disinggung terkait partai PKS dan Demokrat dalam program kerjanya nanti, dirinya mengakui Bobby-Aulia akan bekerjasama meliputi semua partai yang duduk di DPRD. "Tentunya kerja kami harus bergandengan dengan legislatif meliputi semua partai yang duduk di DPRD," pungkasnya.

Baca Juga: Pamitan, Akhyar Nasution Tinggalkan Balai Kota Medan Tunggangi Trail

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya