Comscore Tracker

Jumat Ini, Menantu Jokowi akan Dilantik Jadi Wali Kota Medan

Usulan DPRD Medan berdasar hasil rapat paripurna 

Medan, IDN Times - Rapat paripurna yang digelar DPRD Kota Medan, Selasa (23/2/2021) mengusulkan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan akan digelar, Jumat 26 Februari 2021 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Medan, Hasyim.

Rapat paripurna digelar dengan usulan pengesahan pengangkatan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan untuk 2021-2024.

1. Usulan akan diproses hari ini dan dikirim ke Mendagri melalui Gubernur Sumut

Jumat Ini, Menantu Jokowi akan Dilantik Jadi Wali Kota MedanKetua DPRD Medan, Hasyim (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Hasyim mengatakan, selanjutnya hasil rapat tersebut dalam usulan nantinya akan dikirim ke Mendagri melalui Gubernur Sumatera Utara.

"Nanti usulan tersebut akan kami proses hari ini setelah paripurna untuk dikirim ke Mendagri melalui Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat," kata Hasyim, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Sah! KPU Medan Tetapkan Bobby-Aulia Wali Kota dan Wakil Terpilih

2. Hasyim berharap Kemendagri dapat sesuai dengan jadwal untuk dilantik Bobby-Aulia

Jumat Ini, Menantu Jokowi akan Dilantik Jadi Wali Kota MedanKetua DPRD Medan, Hasyim (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Rapat paripurna berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Calon Walikota dan Wakil Walikota Medan, dengan keputusan KPU 175/PK.2.7/1271/KPU/II/2021 tentang penetapan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2020 dengan perolehan suara 393.327 suara.

"Kita harapkan prosesnya itu di Kementerian Dalam Negeri bisa segera dan sesuai dengan schedule (jadwal) rencananya mungkin di tanggal 26 Februari itu akan dilakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan," tambahnya.

Dalam konsep keputusan DPRD Medan mengusulkan penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan periode 2021-2024, yakni Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman.

"Hari ini juga nanti kita kirim ke Gubernur. Nanti Gubernur yang mengajukan ke Kemendagri," jelas Hasyim.

3. Pelantikan dinilai menjadi langkah awal periode 2021-2024 dalam masa pandemik COVID-19

Jumat Ini, Menantu Jokowi akan Dilantik Jadi Wali Kota MedanDPRD Medan lakukan rapat paripurna terkait usulan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Medan (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Sementara itu, dalam kata sambutan Wiriya Alrahman selaku Sekda kota Medan mengatakan pelantikan ini nantinya merupakan langkah awal untuk periode 2021-2024, dan menjadi tantangan di masa pandemik COVID-19 semakin besar.

"Saya yakin kita dapat sama-sama menyelesaikan permasalahan kota yang ada. Semua pihak memberikan harapan yang sangat tinggi untuk merealisasikan visi misi dan menjadikan kota menjadi lebih baik," ucapnya.

"Saya berharap kerjasama komunikasi dan kemitraan dapat lebih mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota Medan," ungkap Wiriya dalam sambutannya.

Baca Juga: Segera Dilantik, Ini 3 Rencana Kerja Terdekat Bobby-Aulia untuk Medan

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya