Comscore Tracker

[BREAKING] Bobby-Aulia Resmi Jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan

Gubernur Sumut lantik 11 kepala daerah Sumut

Medan, IDN Times - Muhammad Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman resmi dilantik jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan,  Jumat (26/2/2021). Pelantikan digelar di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman.

Sebelumnya lebih dulu dilakukan gladi resik sekitar pukul 08.00 WIB. Menantu Presiden Joko Widodo itu didampingi sang istrinya Kahiyang Ayu, begitu juga Aulia Rachman didampingi Shaula Ardianti.

Selanjutnya Bobby-Aulia bersama 5 kepala daerah lainnya mengucapkan sumpah jabatan di depan Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi. "Kita adalah pembina politik," ujar Edy.

Edy menjelaskan sejumlah pembinaan politik, yang patut dipahami kepala daerah yang dilantiknya. Menurut mantan Pangkostrad itu, ilmu politik tak terlepas dari seluruh dunia terkhusus di wilayah Sumatera Utara.

"Walaupun secara otodidak saya dan rekan juga ikut langsung terjun dalam menjalankan roda pemerintahan yang begitu rumit," dalam sambutan Edy.

Usai mengungkapkan sumpah dari kitab-kitab, Edy mengingatkan kembali 8 proses di dalam demokrasi baik dunia maupun Indonesia.

"Demokrasi langsung ini adalah proses pengambilan kebijaksanaan itu di tangan rakyat, Demokrasi tak langsung, Demokrasi Presiden (bisa langsung dan tak langsung), demokrasi antisipatif (orang elit yang bisa duduk di parlemen dalam rangka antisipasi), demokrasi Sslam," jelasnya.

Edy berharap kepada Kepala Daerah Sumut untuk bisa mengamanahkan jabatan mereka dengan baik. "Semoga anda semua melaksanakan tugas," harapnya.

Selain Bobby-Aulia, para kepala daerah lain yang dilantik adalah Amir Hamzah (Binjai),  Darma Wijaya-Adlin Umar (Serdang Bedagai), Surya-Taufik Zainal Abidin (Asahan), M Syahrial-Waris Thalib (Tanjungbalai), Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing (Sibolga), dan Dosmar Banjarnahor-Oloan P Nababan (Humbahas). 

Sementara untuk sesi kedua siang nanti akan dilantik Franch Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin (Pakpak Bharat),Dolly Putra Parlindungan Pasaribu-Rasyid Assaf Dongoran (Tapanuli Selatan), Hendriyanto Sitorus-Samsul Tanjung (Labura), dan Poltak Sitorus-Tonny Simanjuntak (Toba).

Baca Juga: 5 Momen Perjalanan Bobby-Aulia Jadi Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Doni Hermawan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya