Maju Pilkada Sumut, Ini Janji Politik Bobby saat Pilkada Medan 2020

Dengan APBD Rp8 T apakah banjir Kota Medan bisa diatasi?

Medan, IDN Times - Muhammad Bobby Afif Nasution kembali mengikuti ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) usai menang di Pilkada Medan tahun 2020, kali ini dia mengikuti Pilkada Gubernur Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024. Banyak masyarakat yang masih belum percaya dengan Bobby dan ada juga yang mendukung dirinya untuk menjadi Gubernur Sumut.

Bobby akan bertarung dengan lawannya dari petahana yaitu Edy Rahmayadi bersama Hasan Basri.

Berikut IDN Times merrangkum janji-janji kampanye, visi-misi Bobby Nasution saat menjadi Calon Wali Kota Medan pada Pilkada 2020 dan realisasinya:

1. Masalah banjir dan jalan berlubang dalam waktu dua tahun

Maju Pilkada Sumut, Ini Janji Politik Bobby saat Pilkada Medan 2020Calon Gubernur Sumut, Bobby Nasution bersama Calon Wakil Gubernur Sumut Surya menjalani rangakaian tes kesehatan (Instagram @bobbynst)

Dalam kontestasi Pilkada Medan tahun 2020, Bobby meminang Aulia Rachman untuk menjadi Wakilnya di Pilkada Medan. Mereka mendapatkan nomor urut 2.

Selama kampanye, Bobby - Aulia membeberkan sejumlah janji politik kepada masyarakat jika kelak menang Pilkada Medan. Bobby yang diusung PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PAN, Hanura, dan PSI serta didukung Perindo dan Partai Gelora itu berjanji akan membuat Kota Medan lebih baik lagi dibandingkan kepemimpinan sebelumnya.

Dalam kampanyenya, Bobby yang juga sebagai menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu menyoroti masalah masalah banjir dan jalan berlubang yang tak pernah usai di Kota Medan. Dalam satu kesempatan dia berjanji bakal menyelesaikan masalah banjir di Kota Medan dalam waktu dua tahun.

Kenyataan saat ini Kota medan masih banjir. Tanggal 27 Agustus 2024, Medan mengalami banjir hebat dan terjadi kemacetan dimana-mana. Salah satu sorotan warga Medan terjadi banjir di Jalan Dr Mansyur Medan di depan Kampus USU, tak jauh dari Kolam Retensi Banjir yang baru selesai dibangun di Depan Biro Rektor Kampus USU yang juga berada di Jalan Dr Mansyur.

Baca Juga: Ketua KPK Perintahkan Pengusutan Bobby Nasution Gunakan Jet Pribadi

2. Anggaran Pemkot Medan senilai Rp6 triliun per tahun mampu selesaikan masalah di Kota Medan

Maju Pilkada Sumut, Ini Janji Politik Bobby saat Pilkada Medan 2020Calon Gubernur Sumut, Bobby Nasution bersama Calon Wakil Gubernur Sumut Surya menjalani rangakaian tes kesehatan (Instagram @bobbynst)

Menurut Bobby, dengan anggaran Pemkot Medan senilai Rp6 triliun per tahun, ini menjadi alasan agar mampu menyelesaikan masalah di Kota Medan. Dia menilai jika anggaran tersebut tidak dikorupsi, maka persoalan banjir di ibu kota Sumatera Utara itu bisa selesai dalam dua tahun.

"Kalau anggaran itu tidak dikorupsi, pasti bisa dalam dua tahun selesaikan masalah. Itu sudah saya lihat anggarannya dan sudah kami pelajari. Saya yakin kita bisa selesaikan masalah demi masalah," katanya saat kampanye di Jalan Jati Tiga, Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota, pada (9/10/2020) lalu.

Faktanya, APBD Kota Medan sejak Bobby belum menjabat, tahun 2019 adalah Rp6.118.774.024.238 yang terdiri dari belanja tidak langsung Rp2.075.725.590.309 dan belanja langsung Rp4.058.930.175.929.  Sementara itu devisit anggaran kala itu Rp15.881.742.000.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin masa itu menyebut, pembahasan struktur, batang tubuh
dan substansi dilakukan secara mendalam, cermat bahkan cukup kritis dengan
memperhatikan prinsip-prinsip dan azas-azas penyusunan anggaran yang berlaku.

Tahun 2024, Bobby menaikkan APBD Kota Medan menjadi Rp 8.026.297.872, naik hampir 2 triliun dari tahun 2019. Terdiri dari Belanja Operasional sebesar Rp 5,5 triliun lebih atau 68,8 % dari total proyeksi belanja daerah dan juga alokasi untuk Belanja Modal sebesar Rp 2,4 triliun lebih atau 30,2 % dari total belanja daerah.

Kenyataannya, masih banyak persoalan Kota Medan yang belum selesai meskipun APBD sudah menyentuh angka Rp8 triliun. 

3. Berkantor di kawasan Medan Utara

Maju Pilkada Sumut, Ini Janji Politik Bobby saat Pilkada Medan 2020Bobby-Surya mendaftar ke KPU Sumut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Suami Kahiyang Ayu ini juga sempat menjanjikan bakal berkantor di kawasan Medan Utara bila terpilih menjadi Wali Kota Medan. Janjinya ini menyatakan sebagai langkah demi mempercepat penanganan masalah di kawasan Medan Utara.

Menurut dia, selama ini kawasan Medan Utara seolah tak tersentuh pembangunan karena selain kumuh, juga langganan banjir rob.

“Ketika nanti memimpin Kota Medan, kami berjanji akan berkantor di Belawan ini, dua bulan kami akan berkantor di Belawan. Kami lihat apa permasalahan Belawan, cari solusinya dan akan kami jelaskan ke masyarakat bagaimana menyelesaikan permasalahannya," ujar Bobby.

Faktanya, janji Bobby berkantor di Medan Belawan baru dilakukan pada September 2022. Itupun tidak sampai dua bulan.

"Selama tiga bulan saya akan berkantor berpindah-pindah, dua minggu-dua minggu bolehlah. Kita siap menampung aspirasi dan keluhan masyarakat untuk dicarikan solusi mengatasinya," kata Bobby Nasution.

Daerah lain yang pernah menjadi tempat Bobby berkantor adalah Medan Helvetia, kala itu dilakukan Bobby untuk menekan angka penderita COVID-19 pada tahun 2021.

4. Bobby berjanji akan menjadikan Medan sebagai Paris van Soematra

Maju Pilkada Sumut, Ini Janji Politik Bobby saat Pilkada Medan 2020Bobby Nasution dan Surya mendatangi kantor KPU Sumut untuk mendaftar jadi Paslon Gubernur Sumut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Janji lainnya, Bobby Nasution - Aulia Rachman ingin menjadikan Kota Medan sebagai pusat kuliner di Asia Tenggara dan kota perdagangan berstandard internasional. Janji politik itu menjadi salah satu bagian dari program prioritas 'Medan Beridentitas' yang dipaparkan dalam dokumen visi-misi Bobby Nasution-Aulia Rachman.

Dalam kampanyenya, Bobby berjanji akan menjadikan Medan sebagai Paris van Soematra. Caranya dengan memaksimalkan bangunan tua yang memiliki nilai artistik tinggi dan memiliki daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Dulu Kota Medan sempat didaulat sebagai Paris van Sumatera karena memiliki banyak bangunan tua yang memiliki nilai artistik dan sejarah yang sangat bagus, termasuk Istana Maimoon dan Masjid Raya Al-Mashun. Dengan berkolaborasi, kita kembalikan kejayaan Kota Medan sebagai Paris van Sumatera, dan Istana Maimoon akan menjadi simbol kebangkitannya," ujar Bobby, 12 September 2020.

Kemudian, Bobby - Aulia berjanji akan memasang 20.000 kamera pengawas (CCTV) demi memberi jaminan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di Kota Medan.

Selain itu, mereka menjanjikan pula layanan internet nirkabel atau WIFI gratis. Bobby - Aulia berjanji akan memasang WIFI gratis di setiap taman kota.

Lewat Program Medan Maju, Bobby-Aulia pun berjanji memberi sejumlah bantuan untuk meringankan hidup kaum pekerja atau buruh, mulai dari bus jemputan hingga rumah susun (rusun) yang murah dan layak huni.

Pada kesempatan lain, Bobby Nasution - Aulia Rachman menyatakan bertekad menjadikan Medan bersih dari korupsi. Sebab birokrasi yang bersih, profesional, dan akuntabel berlandaskan semangat melayani, salah satu dasar menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan Sirekap KPU per Jumat (11/12) pukul 14.36 WIB, Bobby-Aulia telah memperoleh 52,5 persen suara. Sementara itu Akhyar-Salman 47 persen suara. Sirekap KPU itu sendiri telah mengumpulkan hasil penghitungan suara 1.728 TPS dari total 4.303 TPS (40,16 persen) di Kota Medan.

Faktanya, hanya kawasan Kesawan yang sudah direvitalisasi oleh Bobby. Istana Maimun maupun Masjid Raya dan kawasan kota tua yang lain masih belum banyak perubahan.

5. Visi dan misi Bobby-Aulia menjadi pemimpin di Kota Medan

Maju Pilkada Sumut, Ini Janji Politik Bobby saat Pilkada Medan 2020Bobby Nasution dan Surya mendatangi kantor KPU Sumut untuk mendaftar jadi Paslon Gubernur Sumut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Berikut visi dan misi Bobby Nasution-Aulia Rachman jika terpilih menjadi pemimpin di Kota Medan.

Visi: Terwujudnya Masyarakat Kota Medan yang Berkah, Maju, dan kondusif.

Misi:

1. Medan Berkah

Mewujudkan Kota Medan sebagai kota layak huni dan berkualitas melalui pemberdayaan potensi lokal dan perekonomian masyarakat yang berkeadilan agar tercipta lapangan kerja, iklim kewirausahaan yang sehat dan peningkatan kualitas SDM

2. Medan Maju

Memajukan kesejahteraan masyarakat melalui revitalisasi pelayanan pendidikan dan kesehatan yang modern dan terjangkau oleh semua

3. Medan Bersih

Menciptakan keadilan sosial melalui reformasi birokrasi yang bersih, profesional, akuntabel dan transparan berlandaskan semangat melayani masyarakat.

Penjabaran Kolaborasi Medan Berkah:

Medan Membangun

Membangun sarana dan prasarana yang mendukung terciptanya pelayanan publik yang prima, adil dan merata.

Medan Kondusif

Mewujudkan iklim kondusif bagi segenap masyarakat Kota Medan melalui peningkatan supremasi hukum berbasis partisipasi masyarakat.

Medan Inovatif

Mewujudkan Kota Medan sebagai Kota ekonami kreatif dan inovatif yang berbasis pada penguatan human capital, teknologi digital dan sosial budaya.

Medan Beridentitas

Mewujudkan Kota Medan yang beradab, harmonis, toleran dalam kemajemukan, demokratis dan cinta tanah air. 

Lantas, dengan semua janji politik Bobby, apakah sudah dirasakan oleh Warga Kota Medan? Silakan tulis di kolom komentar ya.

Baca Juga: Bareng Kahiyang Naik Jet Pribadi, Bobby Pastikan tak dari APBD

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya