Soal Warga Tapteng yang Viral karena Batal Lolos PNS, Ini Kata Pemkab

Eliza curhat di Horman Paris Show

Tapanuli Tengah, IDN Times - Eliza Imelda Hutapea, warga Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah mendadak viral. Ia tampil dalam acara talk show pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea di iNews TV, Kamis (7/11) malam.

Dalam acara itu, Eliza mengaku lulus ujian seleksi CPNS tahun 2018. Namun dia malah dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS)

Menanggapi itu Pemkab Tapteng buka suara. Mereka menjelaskan permasalahan ini.

1. Eliza dinyatakan TMS oleh BKN, bukan BKD Tapteng

Soal Warga Tapteng yang Viral karena Batal Lolos PNS, Ini Kata PemkabIDN Times/Hendra Simanjuntak

Menanggapi isu agar tidak berkembang liar, Kabag Humas Tapteng, Darwin Pasaribu pun angkat bicara. Ia mengaku bahwa kewenangan besar menetapkan Eliza menjadi PNS adalah BKN Pusat.

"Yang menyatakan Imelda tidak memenuhi syarat  adalah BKN pusat, bukan BKD Tapteng," kata Darwin saat menggelar konferensi pers, Jumat (8/11).

Darwin mengaku, sejauh ini Pemkab Tapteng telah melakukan berbagai upaya. Yakni menyurati Kemenpan RI agar bisa mengakomodir semua peserta yang telah dinyatakan lulus CPNS.

"Kita sudah melakukan upaya agar Kemenpan RB mengakomodir dan melakukan perubahan kualifikasi pendidikan, dengan mengirimkan surat permohonan yang tertuang dalam surat bernomor 800/747/2019 tertanggal 22 Maret 2019," jelasnya.

2. Permohonan Pemkab Tapteng tidak dapat dipertimbangkan

Soal Warga Tapteng yang Viral karena Batal Lolos PNS, Ini Kata PemkabIDN Times/Hendra Simanjuntak

Meskipun begitu, kata Darwin, upaya yang dilakukan tidak seperti yang diharapkan. Permohonan mengakomodir kualifikasi pendidikan yang dikirimkan oleh Pemkab Tapteng tidak dapat dipertimbangkan oleh Menpan.

"Balasan surat Menpan RB nomor: B/395/SM.01.00/2019 tertanggal 29 maret dijelaskan, bahwa surat permohonan kita tidak dapat dipertimbangkan, karena tidak sesuai ketentuan hang diatur dalam penerimaan CPNS tahun 2018," jelasnya.

Padahal menurut Darwin, untuk menguatkan surat permohonan pemkab Tapteng agar mengakomodir Eliza Imelda sudah dilampirkan surat penegasan dari kampus Eliza Imelda.

"Ada surat penegasan dari kampus saudari Imelda. Tapi, apa daya kita penentunya adalah Kemenpan RB, semua keputusan ada di tangan mereka. Sampai saat ini tidak ada surat pembatalan atau menyatakan tidak lulus dari Kemenpan RB, yang kita terima hanya surat pernyataan TMS," bebernya.

Baca Juga: Batal Lulus CPNS, Warga Tapteng Curhat di Talk Show Hotman Paris

3. Datangi BKN, Eliza pulang bawa kekecewaan

Soal Warga Tapteng yang Viral karena Batal Lolos PNS, Ini Kata PemkabScreenshot iNews TV

Sebelumnya, Eliza Imelda mengungkapkan bahwa saat pemberkasan pengurusan NIP, dia telah menerima panggilan oleh BKD Tapteng.

"Waktu itu kan pemberkasan, untuk pengurusan NIP, sudah lulus semuanya, setelah beberapa Minggu kemudian saya dihubungi BKD Tapteng disuruh datang, terus saya tanyakan 'Kenapa Pak? saya bilang gitu' lalu mereka bilang ini jurusan saya tidak memenuhi syarat (TMS), ijazah katanya tidak sesuai formasinya dengan gelar ijazahnya itu," tutur Eliza.

Imelda juga telah berupaya untuk mendatangi Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat, tetapi pihaknya belum menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

"Saya berusaha mati-matian cari ongkos datang ke sini menjumpai BKN pusat, saya bahkan menjual barang bekas biar ada ongkos, Tapi apa yang saya dapat? BKN gak ada solusi dan bahkan menyuruh saya pulang dan mengambil ujian CPNS lagi tahun ini," ucapnya.

4. Dari 209 orang CPNS, Eliza dinyatakan lulus dalam surat dari Pemkab Tapteng

Soal Warga Tapteng yang Viral karena Batal Lolos PNS, Ini Kata Pemkabfacebook/imel hutapea

Imelda juga hingga kini masih menyimpan berkas kelulusan yang telah dikeluarkan oleh Bupati Tapanuli Tengah yang membuktikan bahwa dari 209 orang CPNS yang dinyatakan lulus, namanya tercantum di nomor urutan 83.

"Yang membuktikan saya lulus ini surat Bupati Tapteng yang menyatakan kelulusan itu 209 orang nama saya di situ ada nomor 83, ada juga instruksi penyiapan berkas dan sudah dilakukan, sampai sekarang itu masih saya simpan," katanya.

Baca Juga: Jarang Disorot Publik, Ini 10 Potret Gaya Hidup Tiga Anak Hotman Paris

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya