Positif COVID-19, Plt Wali Kota Medan Akhyar Akui Alami Badai Sitokin

Akhyar minta doa agar hasil swab selanjutnya negatif

Medan, IDN Times - Setelah dinyatakan positif COVID-19, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution muncul ke publik lewat sebuah video singkat yang direkamnya. Akhyar menyampaikan kondisi terkininya.

Dalam video tersebut Akhyar tampak mengenakan kacamata gelap dan masker. "Hari ini adalah hari ke 14 saya terpapar Covid-19. Syukur Alhamdulillah Kondisi saat ini semakin membaik. Rasa demam dan batuk mulai menghilang," kata Akhyar Nasution dalam video tersebut.

1. Akhyar akui alami badai sitokin

Positif COVID-19, Plt Wali Kota Medan Akhyar Akui Alami Badai SitokinKPU beserta Bawaslu kota Medan mendatangi rumah dinas Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution untuk lakukan coklit (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Akhyar mengatakan saat ini tengah berjuang agar kondisi paru-parunya tetap stabil. "Saat ini saya mengembalikan kondisi paru-paru agar oksigen saturation di atas 95 persen," sambungnya.

Akhyar menceritakan kronologis awalnya ia dinyatakan positif COVID-19. Padahal saat itu dia sudah dua kali tes swab dan hasilnya negatif. 

"Setelah 2 kali swab dinyatakan negatif, kemudian saya pulang ke rumah. Pada saat itulah saya mengalami badai sitokin itu terjadi ada parkikel koordinasi antibodi yang melakukan lompatan dari bagian bawah ke bagian tengah dan atas," beber pria yang akan mencalonkan diri menjadi Wali Kota Medan itu.

Baca Juga: Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution Positif COVID-19

2. Akhyar akan menjalani swab ketiganya pada 13-14 Agustus

Positif COVID-19, Plt Wali Kota Medan Akhyar Akui Alami Badai SitokinIDN Times/Masdalena Napitupulu

Akhyar yakin kondisinya semakin membaik. Dia juga mohon doa kepada masyarakat Medan agar hasil swab berikutnya bisa negatif COVID-19.

"Insya Allah keadaan semakin membaik. Tanggal 13-14 Agustus 2020 saya akan swab lagi. Mohon doa dari seluruh sahabat dan kawan. Terima kasih," tutupnya.

3. Selain Akhyar, dua kadis di Pemko Medan juga positif COVID-19

Positif COVID-19, Plt Wali Kota Medan Akhyar Akui Alami Badai SitokinKepala Dinas Kesehatan kota Medan, Edwin Effendi saat menyatakan Plt. Walikota Medan Akhyar Nasution positif COVID-19 (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sebelumnya Akhyar Nasution diumumkan positif COVID-19 oleh Kadis Kesehatan Medan Edwin Effendi pada 5 Agustus 2020.  Menurut Edwin, sebelumnya sudah ada 2 orang Kepala Dinas Pemko Medan yang terpapar COVID-19 yakni, Kadis Tenaga Kerja serta Kadis Kebersihan dan Pertamanan.

“Sampai hari ini Kadis ada dua orang, Kadis Tenaga Kerja dan Pertamanan. Masing-masing ada untuk stafnya. Itu berkembang saya kira nanti akan menyusul,” ucap Edwin.

Baca Juga: Plt Wali Kota Akhyar Positif Corona, Gubernur Edy: Semoga Cepat Sembuh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya