Perpustakaan Digital untuk Tingkatkan Literasi Siswa MAN Gunungsitoli

Bantuan dari PLN UID Sumut

Gunungsitoli, IDN Times- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Utara memberikan bantuan Perpustakaan Digital kepada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Gunungsitoli di Aula MAN Kota Gunungsitoli. Bantuan ini untuk membantu literasi para siswa.

"Era 4.0 menuntut kita untuk mulai terbiasa dengan sistem pendidikan serba berbasis digital. Begitu juga tugas pustakawan di setiap institusi pendidikan juga harus semakin berinovasi, bagaimana agar siswa yang sudah mulai terbiasa dengan gawainya, juga memiliki minat baca yang tinggi. Karena itu PLN Peduli hadir untuk menghadirkan smart library," kata Manajer PLN UP3 Nias Revi. 

1. Upaya tumbuhkan minat baca siswa

Perpustakaan Digital untuk Tingkatkan Literasi Siswa MAN GunungsitoliBantuan perpustakaan digital dari PLN untuk MAN Gunungsitoli (Dok.PLN Sumut)

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Sya'aria Buaya berterima kasih atas upaya mendukung program literasi di MAN Kota Gunungsitoli. Apalagi eranya online, anak-anak akan lebih tertarik membaca lewat perpustakaan digital.

"Era digital seperti saat ini menuntut peserta didik untuk memperbanyak literatur, tidak cukup dalam bentuk fisik namun juga harus ditunjang dengan fasilitas digital. Sehingga Perpustakaan Digital ini merupakan jawaban yang tepat untuk meningkatkan minat literasi peserta didik di MAN Kota Gunungsitoli," ujarnya

Baca Juga: Tumbuhkan Minat Baca Anak lewat Perpustakaan Digital BukuAku

2. Diharapkan bisa menambah wawasan siswa

Perpustakaan Digital untuk Tingkatkan Literasi Siswa MAN GunungsitoliBantuan perpustakaan digital dari PLN untuk MAN Gunungsitoli (Dok.PLN Sumut)

Sementara Asisten 1 Pemerintahan Kota Gunungsitoli, Arham Dusky Hia mengatakan, bantuan ini diharapkan bisa menambah wawasan para siswa.

"Terima kasih atas kepedulian PLN terhadap dunia pendidikan, khususnya kepada kami ono niha (anak-anak Nias). Semoga dengan bisa diaksesnya oleh seluruh siswa atas program perpustakaan digital ini, membuat anak-anak kami semakin bertambah wawasannya," harap Arham.

3. Bantuan perpustakaan digital dinikmati melalui aplikasi smart library

Perpustakaan Digital untuk Tingkatkan Literasi Siswa MAN Gunungsitolidok. ipusnas.id

Bantuan Perpustakaan Digital ini dapat dinikmati langsung oleh seluruh civitas MAN Kota Gunungsitoli. Melalui aplikasi Smart Library yang dapat diunduh melalui Play Store, para guru dan peserta didik dapat mengakses ratusan buku yang ada kapanpun dan di manapun.

Selain fasilitas Smart Library, PLN juga turut menyerahkan perangkat digital seperti laptop, tablet dan juga printer untuk mendukung giat pustakawan di MAN Gunungsitoli

Baca Juga: Jeep Willys Terpampang Gagah di Pameran Kendaraan Tempoe Doeloe

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya