Penumpang Buka Pintu Darurat, Wings Air Terlambat Berangkat

Padahal pesawat sudah siap akan lepas landas

Medan, IDN Times - Penumpang Pesawat Wings Air sempat bikin heboh karena membuka pintu darurat saat akan lepas landas dari Kualanmu menuju Bandara Binaka, Gunungsitoli, Nias, Minggu (7/3/2021). Akibatnya penumpang berinisial HS (29) itu diamankan.

Akibatnya pesawat mengalami penundaan penerbangan. Dari harusnya lepas landas 08.45 WIB hingga akhirnya terlambat 55 menit. 

1. Semua penumpang sudah di pesawat dan siap lepas landas

Penumpang Buka Pintu Darurat, Wings Air Terlambat BerangkatIlustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Dilansir ANTARA, Senin (8/3/2021), ketika proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat, salah seorang penumpang laki-laki HS tiba-tiba membuka jendela darurat (emergency exit window).

Atas peristiwa tersebut, seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan Bandara Kualanamu.

Kejadian ini mengakibatkan keterlambatan keberangkatan Wings Air penerbangan IW-1248 selama 55 menit.

Baca Juga: 13 Istilah Penerbangan yang Harus Kamu Tahu Sebelum Naik Pesawat

2. Penumpang tersebut telah diproses untuk hukum

Penumpang Buka Pintu Darurat, Wings Air Terlambat BerangkatIlustrasi penumpang penerbangan di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Plt Manajer Of Branch Communication & Legal PT Angkasa Pura II Kualanamu Paulina Simbolon ketika dikonfirmasi, mengatakan pihak perusahaan penerbangan Wings Air telah menyerahkan penumpang itu kepada pihak terkait untuk proses hukum lebih lanjut.

3. Pelaku mengaku ceroboh

Penumpang Buka Pintu Darurat, Wings Air Terlambat BerangkatSuasana pesawat di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Wings Air mengoperasikan pesawat ATR 72-500 registrasi PK-WF0 yang akan menerbangkan empat awak pesawat serta 44 penumpang dewasa, serta satu anak-anak.

Sementara itu Komandan Petugas Keamanan Penerbangan (Avsec) Bandara Internasional Kualanamu, Mira Ginting. "Pelaku mengaku ceroboh dan tidak tahu sama sekali dari tindakannya membuka pintu emergency pesawat Wings Air jenis ATR 72-500 dengan nomor penerbangan IW-1248 tujuan Kualanamu-Gunung Sitoli," urai Mira.

Baca Juga: Aturan Terbaru Penumpang Pesawat, di Atas 5 Tahun Wajib Tes COVID-19

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya