Kapal yang Angkut Puluhan Wisatawan di Tapteng Terbalik, 3 Meninggal

Kapal menuju Pulau Mursala itu dihantam ombak besar

Medan, IDN Times- Kecelakaan kapal terjadi di perairan Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Sabtu (29/6/2024). Kapal yang mengangkut sekitar 34 wisatawan itu terbalik saat dihantam badai di sekitar perairan Pulau Mursala.

Speedboat bermerek Dolphin itu awalnya berangkat berangkat pukul 10.30 WIB dari pantai Bosur Pandan Tapteng. Dua rombongan ini berangkat dengan dua kapal. Namun kemudian ada ombak besar yang membuat salah satu kapal terbalik.

Koordinator Pos Basarnas Sibolga-Tapteng Ruvinus Bangun mengatakan akibat kejadian tersebut ada 3 orang meninggal dunia. Sementara puluhan lainnya berhasil diselamatkan.

"Ya, kami sudah melakukan evakuasi korban. Korban tiga orang meninggal," kata Ruvinus, Sabtu (29/6/2024) malam.

Ruvinus mengatakan, awalnya mereka mendapat informasi pada kapal berangkat pagi tadi sekitar pukul 10.30 WIB. Namun kemudian mendapat kabar soal kapal tenggelam. Kemudian Basarnas bergerak menuju lokasi.

Selain itu korban juga diselamatkan kapal nelayan dan kapal Dolphin lainnya. Mereka kemudian berhasil dievakuasi pada sore tadi.

"Korban dievakuasi ke Pulau Bottot dan Pulau Poncan. Kemudian kami mengevakuasi korban dari dua pulau tersebut ke Pelabuhan PPN Sibolga," kata Ruvinus.

Diketahui korban yang meninggal adalah Irmayulita (38), Fahri muntas (11) dan Ratnah (50). Ketiganya merupakan rombongan keluarga dari Asahan dan Batubara. Jenazah ketiganya dibawa ke RSUD Pandan. Sementara korban selamat juga sudah dievakuasi. 

Baca Juga: Ini Nama 16 Jemaah Haji Asal Sumut yang Meninggal Dunia di Tanah Suci

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya