Juarai OSN se-Sibolga, Siswa SMPN 8 Sibolga ke Tingkat Sumut

Raih rekor nilai tertinggi untuk IPS

Sibolga, IDNTimes.com- Dua siswa SMP Negeri 8 Aek Parambunan, Kota Sibolga, Sumatera Utara meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Sibolga. Keduanya adalah Aldhi Dana untuk mata pelajaran Matematika dan Ahmad Arifandi untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Kedua siswa ini merupakan siswa kelas Vlll. Mereka selanjutnya akan mengikuti OSN tingkat Sumut yang akan digelar 13 April mendatang. "Ada dua orang siswa kita yang lulus OSN yakni Aldhi Dana pada mata pelajaran Matematika dan Ahmad Arifandi pada mata pelajaran IPS, dan ini yang pertama kalinya," kata Kepala Sekolah SMPN 8 Aek Parambunan, Hasmidar Marpaung saat ditemui di ruangannya, Kamis (4/4).

1. Ahmad Arifandi raih nilai tertinggi IPS

Juarai OSN se-Sibolga, Siswa SMPN 8 Sibolga ke Tingkat SumutIDN Times/Hendra Simanjuntak

Dua siswa nya yang lulus OSN ini, salah satunya meraih rekor nilai tertinggi tingkat SMP/Mts se Kota Sibolga dengan raihan nilai 115 pada mata pelajaran IPS.

"Kita sangat bangga yah, ini membuktikan bahwa siswa kita mampu menyelesaikan jumlah soal sebanyak 60 dengan sangat baik. Karena untuk tiap satu soal itu mendapat nilai 2,  dengan jumlah nilai 115, berarti siswa kita hanya salah dua soal saja," jelasnya.

Baca Juga: Nyanyikan Lagu Kodaline, Guru Al Azhar Medan Viral hingga ke Amerika

2. Dibimbing di Medan hadapi OSN Sumut

Juarai OSN se-Sibolga, Siswa SMPN 8 Sibolga ke Tingkat SumutDok.IDN Times/Istimewa

Hasnidar mengatakan, setelah dinyatakan lulus OSN, kedua siswanya pun langsung diberangkatkan ke Medan oleh Pemerintah kota Sibolga untuk mendapatkan bimbingan dari tim Olimpiade di Sumatera Utara.

"Semalam kedua siswa kita sudah berangkat ke Medan. Dan setelah dibimbing oleh tim olimpiade, maka tanggal 13 April mereka akan mengikuti OSN di tinggkat Sumatera Utara. Harapannya, yah mudah-mudah menang ya, karena sampai saat ini kita juga selalu memberikan support kepada mereka, agar mereka tetap semangat," ungkapnya.

3. Jadi motivasi untuk siswa lainnya

Juarai OSN se-Sibolga, Siswa SMPN 8 Sibolga ke Tingkat SumutIDN Times/Hendra Simanjuntak

Hasmidar mengatakan, keberhasilan kedua siswa didiknya ini merupakan penyemangat bagi siswa lainnya untuk meningkatkan mutu pendidikan kedepan lebih baik lagi, khususnya bidang studi lainnya.

"Kita sangat mengapresiasi, karena dengan keberhasilan prestasi yang ditorehkan kedua siswa kita ini menunjukkan bahwa mutu pendidikan di SMPN 8 memang baik, tidak kalah saing dengan sekolah yang lainnya," jelasnya.

4. SMPN 8 juga berprestasi di Adiwiyata

Juarai OSN se-Sibolga, Siswa SMPN 8 Sibolga ke Tingkat SumutIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Selain prestasi yang diraih oleh siswanya, Hasmidar juga mengungkapkan keberhasilannya membawa sekolah SMPN 8 meraih nilai tertinggi Adiwiyata se-Sumatera Utara tahun 2018.

"Kebanggaan buat saya selaku pimpinan di sekolah ini. Walau masih terbilang masih sekolah yang baru, sekolah kita mampu meraih nilai 70 dan yang tertinggi se Sumatera Utara," ungkapnya.

5. Kerja keras guru dan siswa

Juarai OSN se-Sibolga, Siswa SMPN 8 Sibolga ke Tingkat SumutIDN Times/Hendra Simanjuntak

Dia mengungkapkan, keberhasilan sekolah SMPN8 meraih Adiwiyata ini merupakan hasil perjuangan dan kerja keras para guru dan siswa dalam melakukan perawatan lingkungan terhadap sekolah yang baru berusia satu tahun tersebut.

"Selama setahun kita berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk sekolah ini, mulai dari perawatan taman agar nampak rapi, kebersihan lingkungan, terutama kebersihan toilet yang menjadi penilaian utama oleh tim juri dari Sumut," jelasnya.

Baca Juga: Millennials, Yuk Berlibur ke The Kaldera Toba Nomadic Escape

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya