Internet Buat Belajar Mengajar di SMPN 2 Pintu Pohan Lebih Modern 

Inalum bangun tower, WiFi dan bantu komputer

Toba, IDN Times- Keberadaan internet saat ini sangat penting. Termasuk di bidang pendidikan. Manfaat itu dirasakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Pintu Pohan di Kabupaten Toba, Sumatra Utara. 

Beranggotakan 10 orang guru dan 135 siswa/siswi, SMPN 2 Pintu Pohan kini lebih siap menghadapi perubahan zaman. Internet itu merupakan salah satu bantuan dari PT Inalum (Persero) pada 2021 lalu. Inalum membangun tower dan menyediakan WiFi yang kini membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih modern, menjadi lebih terbantu.

“Bantuan dari Inalum tidak hanya dalam bentuk tiang towernya untuk WiFi, tetapi juga memberikan komputer. Pemberian ini jelas membantu para siswa sehingga mereka bisa lebih melek lagi informasi dari seluruh dunia. Sekaligus membantu para guru untuk bisa lebih mengembangkan semangat belajar para siswa,” beber Kepala SMPN 2 Pintu Pohan, Jalusmin, Jumat (20/5/2022).

1. Misi moral mendorong generasi muda untuk bersekolah

Internet Buat Belajar Mengajar di SMPN 2 Pintu Pohan Lebih Modern SMPN 2 Pintu Pohan kini terbantu dengan adanya internet (Dok.Istimewa)

Perlu diketahui jika akses ke SMPN 2 Pintu Pohan yang berlokasi di Kecamatan Pintu Pohan Kabupaten Toba Sumatra Utara cukup jauh dan sulit. Letaknya jauh dari pusat kota. Untuk itu keberadaan internet sangat penting.

Apalagi Jalusmin juga menyebut bahwa sekolah memiliki misi moral yaitu untuk mendorong generasi muda di kawasan Pintu Pohan untuk mau bersekolah.

“Kami punya beban moral juga untuk mengajak generasi muda disini untuk bersekolah. Misalnya Itu jumlah siswa termasuk ada yang beberapa sudah enggan sekolah. Itulah tugas tambahan kami, membujuk siswa akan mau kembali ke sekolah. Biasanya masalah keluarga. Itulah akan kami datangi lagi, kami bujuk rayu agar mau lagi sekolah. Keluarganya juga harus disadarkan bahwa pendidikan itu sangat penting,” ujar Jalusman.

Baca Juga: Inalum Beri Bantuan Komputer dan Akses Internet di SMPN 2 Pintu Pohan

2. Bupati berharap dengan adanya internet para siswa dan siswi di SMPN 2 Pintu Pohan bisa menembus SMA unggulan

Internet Buat Belajar Mengajar di SMPN 2 Pintu Pohan Lebih Modern Inalum beri bantuan komputer dan jaringan internet SMPN 2 Pintupohan Meranti, Toba (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu Bupati Kabupaten Toba, Poltak Sitorus bersyukur SMPN 2 Pintu Pohan mendapat bantuan dari Inalum. Apalagi bantuan yang memang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar karena sangat berguna bagi pengembangan SDM. Diharapkan siswa dan siswi SMP Negeri 2 Pintu Pohan Meranti akan mampu menembus SMA unggul yang ada di Kabupaten Toba.

“Pembangunan pendidikan terkait pembangunan sarana dan prasarana yang benar-benar dibutuhkan sekolah, dalam penerapan metodologi pembelajaran dalam situasi Pandemi COVID-19 yang melanda negeri lebih dari dua tahun sudah. Membangun sumber daya manusia yang unggul dan andal adalah salah satu misi dalam mewujudkan visi Toba unggul dan bersinar, untuk itu pendidikan harus menjadi prioritas dalam pembangunan di kawasan Toba," kata Poltak.

"Karena meskipun berada cukup jauh dari pusat kota dan banyak sekolah swasta yang berada di sana, para guru dan siswa SMPN 2 Pintu Pohan bakal lebih percaya diri hadapi kemajuan zaman. Lewat jendela dunia yang kini berada di ujung-ujung jari dari kehebatan internet,” ucap Poltak.

3. Siswa sudah rasakan manfaat internet untuk pelajaran

Internet Buat Belajar Mengajar di SMPN 2 Pintu Pohan Lebih Modern Siswa dan siswi SMPN 2 Pintu Pohan menggunakan internet (Dok.Istimewa)

Manfaat dari keberadaan jaringan internet juga dirasakan oleh Dipo Alamsyah dan Bayu Romadoni, dua siswa sekolah tersebut. Mereka menyebut bahwa bantuan jariangan internet membantu proses mereka belajar dan memudahkan mereka dalam mengetahui perkembangan di Indonesia dan dunia.

“Sudah kami coba untuk ujian kemarin dan pelajaran sekolah. Kami senang sekarang sekolah kami sudah ada internetnya, ada WiFinya juga. Kalau ujian pun sudah bisa gunakan komputer dan internet. Ada juga guru yang mengajari kami internet dan komputer. Jadi pas kali manfaatnya sama kami para murid,” ujar Dipo yang turut diamini Bayu.

Baca Juga: Sejak 1976, Inalum Tegaskan Komitmen Pelestarian Danau Toba 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya