Comscore Tracker

Sempat Terpapar COVID-19, Satu Atlet PON asal Binjai Pulang

Satu wasit dan dua atlet masih dikarantina

Binjai, IDN Times - Zulfikar Panjaitan, atlet catur kontingen Sumatera Utara, pada ajang PON XX/ 2021 di Papua, akhirnya tiba di Bandara Internasional Internasional Kualanamu. Sebelumnya ia sempat terhambat untuk pulang kampung halaman karena dikabarkan terpapar COVID-19. 

"Alhamdulillah, satu lagi atlet kita asal Kota Binjai, atas nama Zulfikar Panjaitan, tiba dengan selamat dan sehat sekira pukul 09.00 WIB, kemarin pagi," kata Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Binjai, Yusdi Ghazali, Jumat (21/10/2021).

1. Tujuh atlit asal Binjai, sudah sampai ke kampung halaman dengan selamat

Sempat Terpapar COVID-19, Satu Atlet PON asal Binjai PulangPelempar lembing Sumatera Utara Abd Hafiz mengikuti nomor Final Lempar Lembing PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). (Dok.IDN Times/PB PON XX Papua)

Kepulangannya melengkapi tujuh dari total sembilan atlet asal kota rambutan yang telah kembali ke daerahnya. Sebelumnya enam atlet Kota Binjai, telah kembali dari keikutsertaannya di PON XX/Papua. Mereka antara lain, Abdul Hafiz, atlet atletik peraih medali emas nomor lempar lembing putra.

Demikian juga dengan, Muhammad Khairudin Syahputra, atlet atletik peraih perak nomor lari gawang 400 meter putra, Jaka Kurniawan Ginting, atlet biliar peraih medali perak dan perunggu, Sri Astuti atlet atletik putri, Muhammad Iqbal, atlet taewondo putra, Kevin Armedya, atlet sepakbola putra. "Mereka semua dalam kondisi baik dan sehat," terang dia.

Baca Juga: 3 Atlet Binjai Beri Kontribusi Medali di PON Papua, Termasuk Emas

2. Hasil uji swab PCR lanjutan Zulfikar Panjaitan sudah negatif Covid-19

Sempat Terpapar COVID-19, Satu Atlet PON asal Binjai PulangIlustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Memang sebelumnya, dipaparkan dia, ada tiga atlet dan satu wasit asal Kota Binjai yang tampil di PON XX/ Papua harus tertunda kepulangannya akibat terpapar COVID-19. Mereka ialah Muhammad Syehan Alfarez dan Frengko Ginting, keduanya atlet pencaksilat, Zulfikar Panjaitan, atlet Catur, serta Fitriansyah, wasit angkat besi.

Namun setelah menjalani uji Swab PCR lanjutan, Zulfikar Panjaitan akhirnya dinyatakan negatif COVID-19 dan diperbolehkan pulang. "Kita langsung menjemput Zulfikar Panjaitan, di Bandara Internasional Kualanamu," terang dia kembali.

3. Dua atlet dan satu wasit Binjai, masih menjalani karantina di Papua

Sempat Terpapar COVID-19, Satu Atlet PON asal Binjai PulangPuluhan warga menari tarian adat saat menyambut kedatangan api PON di Dermaga Kalkhote, Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Api PON Papua tiba di Kabupaten Jayapura untuk nantinya dibawa ke Stadion Lukas Enembe untuk upacara penyalaan Kaldron pada pembukaan PON Papua. (ANTARA FOTO/Fauzan/aww.)

Sedangkan untuk dua atlet dan satu wasit lainnya saat ini masih menjalani masa karantina. Dengan harapan kondisi mereka kembali pulih dan dapat kembali ke kampung halaman di Kota Binjai, Sumatera Utara, dengan kondisi selamat dan tanpa terkendala apapun.

"Untuk kepulangan Syehan, Frengko, dan Fitriyansah, kita masih tunggu konfirmasi dari pihak penyelenggara. Untuk itu, mari sama-sama kita berdoa untuk keselamatan mereka. Memang, sejauh ini kondisi mereka baik-baik saja dan terus puling, kemungkinan mereka hanya kelelahan usai mengikuti pertadingan kemarin," tegas Yusdi.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya