Baru Sertijab, Kasat Reskrim Polres Langkat Dipindahkan ke Kaltim

AKP Ari Wibowo berpengalaman di bidang serse

Langkat, IDN Times - Meski baru beberapa hari menduduki jabatan sebagai Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Langkat, AKP Rachmat Aribowo dikabarkan kembali berpindah tugas ke Kalimantan Timur. Padahal Rachmad baru saja menggantikan posisi AKP Luis Beltran.

Acara serah terima jabatan (Sertijab) pada Rabu tanggal 20 September 2023 lalu.

1. Akui akan bergeser ke Kalimantan Timur

Baru Sertijab, Kasat Reskrim Polres Langkat Dipindahkan ke KaltimKapolres Langkat AKBP Danu, memberi arahan dalam apel gelar pasukan operasi Imbang PPKM yang dilakukan Polres Langkat (IDN Times/ istimewa)

AKP Rachmat Aribowo, yang dihubungi via selularnya tidak menampik kepindahannya. Namun, mantan Kasat Reskrim Polres Simalungun ini tak membeberkan soal perpindahannya. "Iya, ke Kaltim (Kalimantan Timur)," kata AKP Rachmat Aribowo saat dikonfirmasi, Jumat (29/9/2023).

Dirinya juga tidak mengetahui siapa nanti yang akan menggantikan kedudukannya. Meski demikian, diakui dia jika nanti pengganti dari Polda Sumut.

"Belum tahu, dari Polda Sumut nanti," jelas akpol yang akrab disapa Bowo ini.

Baca Juga: Kapolri Ganti Kapolda dan Wakapolda Aceh, Ini Penggantinya

2. Jebolan akpol tahun 2012 dan berpengalaman di bidang reserse

Baru Sertijab, Kasat Reskrim Polres Langkat Dipindahkan ke KaltimIDN Times/Arief Rahmat

Hasil penelusuran IDNTimes, AKP Rachmat Aribowo merupakan alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2012. Namanya tak asing lagi di dunia kepolisian terutama di Kota Medan. Lahir di Medan, 1 Maret 1987, pria yang akrab disapa Bowo ini sudah malang melintang dan berpengalaman di reserse.

Setelah lulus pendidikan, penempatan pertamanya yakni di Polda Bali menjadi Panit Polsek Denpasar Selatan. Kemudian menjabat KBO Narkoba Polres Bangli dan bergeser menjadi Kanit Pidum Polres Bangli.

3. Berikut jabatan dan prestasi yang pernah diraih AKP Ari Wibowo

Baru Sertijab, Kasat Reskrim Polres Langkat Dipindahkan ke KaltimUjian Praktik SIM C dengan sirkuit 'S' di Satlantas Polrestabes Medan (IDNTimes/Taufik Syahputra)

Setelah dari sana, tahun 2016 Bowo pun berlabuh ke Polda Sumatera Utara dan ditugaskan menjadi Kanit 2 Satreskrim Polrestabes Medan. Tak lama berselang, ia diamanahkan menjadi Kanit Pidum Polrestabes Medan dan selanjutnya menjabat Kanit Turjawali Satlantas Polrestabes Medan.

Nah, saat di jabatan ini ia tak menyangka bisa dipercaya pimpinan dan ditunjuk sebagai komandan sekaligus kepala tim (Katim) untuk diperintahkan menangkap Zakir Husen (Almarhum) bandar (BD) besar narkoba kelas kakap di Kampung Kubur, Medan.

Perintah itu diberikan langsung Kapolrestabes Medan yang saat itu masih dijabat Kombes Pol, Dadang Hartanto yang kini berpangkat Irjen Pol.

Baca Juga: Seorang Pria di Binjai Cekik dan Silet Pacarnya hingga Tewas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya