Wali Kota Siantar Cek Kesiapan Jalur Utama dan Alternatif Mudik

Tol Sinaksak-Dolok Merawan akan dibuka selama lebaran

Pematangsiantar, IDN Times - Untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik maupun arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444H di Kota Pematang Siantar, Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani Sp.A bersama Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando SIK beserta jajarannya turun langsung melakukan Pengecekan Kesiapan Jalur Utama dan Jalur Alternatif di Kota Pematang Siantar, Sabtu (15/4/2023).

Dalam sambutan Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando SIK mengatakan dari Polres Pematang Siantar bersama-sama dengan jajaran Ibu Wali Kota Pematang Siantar melakukan kegiatan pengecekan jalur/rute yang akan dilewati oleh para pemudik baik dari arah medan maupun dari arah parapat menuju ke kota pematang siantar.

"Dalam hal ini kita melakukan pengecekan dari jalan medan untuk memastikan kondisi kelayakan jalan,sehingga nantinya layak dipakai untuk masyarakat yang mudik," ujar Fernando.

1. Siapkan pos pelayanan dan pos pengamanan

Wali Kota Siantar Cek Kesiapan Jalur Utama dan Alternatif MudikWali Kota Siantar Cek Kesiapan Jalur Utama dan Alternatif untul mudik lebaran (Dok. IDN Times)

Menurutnya Polres akan memastikan pos pelayanan maupun pos pengamanan untuk kesiapan sarana dan prasarana yang akan disiapkan untuk pos-pos tersebut. Kemudian juga memastikan adanya satu tempat rest area di jalan medan bagi masyarakat yang akan mudik menuju kota pematang siantar.

“Kami juga melakukan pengecekan jalur-jalur alternative yang bisa digunakan oleh masyarakat baik dari arah jalan medan menuju arah parapat,maupun dari arah parapat menuju medan.kita berharap masyarakat yang mudik pada saat ini dapat melaksanakan kegiatan mudiknya dengan aman tertib dan lancar,” terangnya.

2. Turunkan 400 personil

Wali Kota Siantar Cek Kesiapan Jalur Utama dan Alternatif Mudikilustrasi mudik (IDN Times/Esti Suryani)

Fernando menambahkan Kepolisian Pematangsiantar dibantu Pemerintah Kota Pematangsiantar melaksanakan kesiapan menempatkan personil kurang lebih 400 personil.

Dimana personil dari polres pematang siantar sebanyak 300 personil, kemudian di dukung dari TNI dan Pemko pematang siantar sebanyak kurang lebih 100 personil. Tentunya kita butuh dukungan dari pemko pematang siantar, sehingga pelaksanaan kegiatan hari raya idul fitri 1444 H dapat berjalan dengan hikmad dan lancar,” tambahnya.

Tampak Hadir Wakapolres Pematang Siantar Kompol Pardamean Hutahean, Plt Kadishub Julham Situmorang, Plt PUPR Junaidi Sitanggang, Kasat Pol PP Pemko Pematang Siantar Pardamean Silaen, Kadis Tarukim Crisvani Sidauruk, Plt. Kadis Kominfo Johannes Sihombing, Kadis Lingkungan Hidup Deddy Tunasto Setiawan, Kabag Prokopim Suherman S.Sos.I, Serta Jajaran Pimpinan Polres Pematang Siantar.

3. Tol Sinaksak-Dolok Merawan akan dibuka selama lebaran

Wali Kota Siantar Cek Kesiapan Jalur Utama dan Alternatif MudikGerbang pintu Tol Sinaksak (Istimewa/IDN Times)

Daari pihak Waskita, menerangkan dua ruas tol baru di Sumatra Utara akan difungsikan selama arus mudik dan arus balik lebaran 2023. Kedua ruas tol itu antara lain Tebing Tinggi-Indrapura dan Dolok Merawan-Sinaksak.

Untuk gerbang Tebing Tinggi-Indrapura jarak tol sepanjang 28,5 KM. Sementara gerbang Dolok Merawan- Sinaksak jaraknya 15,6 KM. Pemungsian dua tol ini dilakukan untuk meretas kepadatan lalu lintas saat arus mudik dan balik lebaran 2023.

Pemungsian ruas tol ini membuat jarak tempuh kendaraan terpotong. Misalnya, dari Kota Medan pengendara bisa langsung ke luar dari gerbang Indrapura.

Sedangkan gerbang Dolok Merawan-Sinaksak, bisa menjadi jalur alternatif, bagi pengendara yang akan ke Pematangsiantar.

"Kedua, ruas gate to gate ini dinilai, yang paling memungkinkan kesiapannya dari aspek keamanan dan kenyamanan untuk dapat dilintasi bagi kendaraan," ujar Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Gratis! 2 Tol Baru di Sumut Difungsikan Selama Mudik Lebaran

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya