Comscore Tracker

Tetap Jadi Andalan Selama Pandemik, Ini 5 Inovasi Gojek Tahun 2021

Di antaranya ada GoCorp, GoTransit, dan GoGreener

Jakarta, IDN Times - Sepanjang tahun 2020, Gojek super app terdepan di Asia Tenggara telah menghadirkan beragam inovasi dan inisiatif berbasis J3K (jaga kebersihan, kesehatan, dan keamanan) untuk membantu konsumen beradaptasi selama pandemi. Memasuki 2021, Gojek semakin mantap menghadirkan berbagai inovasi pada layanan transportasi online-nya agar tetap menjadi andalan masyarakat. 

Raditya Wibowo, Chief Transport Officer Gojek Group memaparkan pihaknya berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai  inovasi baru   untuk  mendukung produktivitas sekaligus mengurangi kecemasan masyarakat yang masih harus hidup berdampingan dengan pandemi.

"Proses adaptasi terhadap situasi pandemi yang telah kami lakukan secara responsif dan komprehensif selama hampir satu tahun ini juga akan kami lanjutkan di tahun 2021,” katanya.

Di awal tahun 2021, Gojek akan memperkenalkan inovasi terbaru berupa fitur untuk menjadwalkan pesanan layanan transportasi dan fitur lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti kebutuhan bisnis atau yang lainnya. Ragam inovasi teknologi dalam bentuk fitur dan layanan baru tersebut akan mendukung masyarakat yang terpaksa beraktivitas di luar rumah agar dapat bepergian dengan lebih cepat, aman, dan nyaman. 

Sementara itu, ragam inovasi lainnya, baik dalam bentuk teknologi maupun non-teknologi, yang telah Gojek sediakan di 2020 dan akan terus dikembangkan di tahun 2021 di antaranya:

1. GoCorp: Solusi Layanan Perjalanan Bisnis yang Aman dan Nyaman dengan Biaya yang Rasional

Tetap Jadi Andalan Selama Pandemik, Ini 5 Inovasi Gojek Tahun 2021Ilustrasi Ojek Online (IDN Times/Sukma Shakti)

Mengacu pada tren 2020 dimana perkantoran masih menjadi salah satu destinasi utama masyarakat, Gojek akan menghadirkan layanan terbaru bernama GoCorp.

Melalui GoCorp, Gojek menghadirkan layanan untuk mendukung perjalanan bisnis yang aman, nyaman, mudah digunakan, dengan biaya yang rasional bagi para pelaku korporasi.

Baca Juga: Gojek-BCA Luncurkan GoBiz PLUS, Ini 4 Fitur Unggulannya

2. Pertegas Komitmen Ramah Lingkungan melalui GoGreener

Tetap Jadi Andalan Selama Pandemik, Ini 5 Inovasi Gojek Tahun 2021IDN Times/Helmi Shemi

Gojek terus memperkuat komitmen dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui inisiatif GoGreener.

GoGreener merupakan inisiatif yang bertujuan untuk memudahkan konsumen, mitra merchant, dan mitra driver menjalani gaya hidup ramah lingkungan, yang diluncurkan Gojek di 2019.

Beberapa inisiatif yang telah dijalankan di 2020 dan akan diperluas di 2021 di antaranya uji coba kendaraan listrik, carbon offset, serta uji emisi kendaraan bermotor. Gojek merupakan pemain pertama di industri transportasi online yang dipercaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terlibat dalam uji emisi kendaraan bermotor.

GoGreener Carbon Offset merupakan fitur di dalam aplikasi Gojek yang memudahkan pengguna untuk secara sukarela menyerap jejak karbon (carbon footprint) yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari, melalui penanaman pohon di berbagai wilayah konservasi di Indonesia sesuai pilihan pengguna.

3. Hadirkan Fitur GoTransit yang Lebih Canggih untuk Perjalanan lebih Efisien

Tetap Jadi Andalan Selama Pandemik, Ini 5 Inovasi Gojek Tahun 2021Ilustarsi Ojek Online (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah diperkenalkan di tahun 2020, Gojek akan mempercanggih fitur GoTransit. GoTransit merupakan solusi untuk merencanakan perjalanan hingga mengambil keputusan secara sistematis mengenai moda transportasi yang akan dipilih pelanggan langsung dalam aplikasi Gojek.

GoTransit dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien karena memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memilih rute perjalanan paling efisien, memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta jadwal operasional transportasi publik.

Dengan adanya fitur GoTransit ini akan dapat juga membantu pengguna memperkirakan berapa lama ia akan melakukan perjalanan di luar rumah sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terpapar virus.

4. Perkuat Inovasi J3K, termasuk Perkokoh Zona NyAman J3K sebagai Standar Baru Titik Penjemputan Transportasi Online

Tetap Jadi Andalan Selama Pandemik, Ini 5 Inovasi Gojek Tahun 2021Gojek Luncurkan Inisiatif J3K (Dok. IDN Times)

Di tahun 2020 Gojek telah menghadirkan inisiatif J3K yang bebas biaya tambahan dan telah menjadikan Gojek unggul dalam beradaptasi dengan pola dan kebiasaan baru masyarakat selama pandemi. Di 2021, Gojek  berkomitmen untuk  memperluas distribusi dan memantau ragam kebutuhan di lapangan demi menghadirkan solusi yang tepat guna bagi pengguna maupun mitra driver.

Selain meningkatkan jumlah Alat Perlindungan Driver dalam bentuk sekat pelindung dan J3K Shield (pelindung wajah tambahan untuk helm) di lapangan, Gojek juga akan memperbanyak titik Zona NyAman J3K yang tersebar di puluhan stasiun dan pusat perbelanjaan. Lewat inisiatif ini, Gojek mengerahkan upaya maksimal agar para pengguna dapat menunggu armada GoRide dan GoCar Instan dengan aman dan nyaman.

Selain protokol pengukuran suhu tubuh, antrian berjarak, pembagian masker, hairnet, dan hand sanitizer, Zona NyAman J3K juga sudah dilengkapi dengan desinfeksi helm dan pegangan pintu mobil, serta tempat penitipan helm pribadi. Inovasi di Zona NyAman J3K akan terus dilakukan seiring dengan kebutuhan pengguna, dan menjadikannya sebagai titik penjemputan pertama di industri yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

5. Menghadirkan ragam fitur dan inovasi untuk mendukung masyarakat yang terpaksa bepergian agar dapat lebih cepat, aman, dan nyaman

Tetap Jadi Andalan Selama Pandemik, Ini 5 Inovasi Gojek Tahun 2021Temu Pers Daring Gojek Transport Outlook 2021 (Dok. IDN Times)

Gojek juga akan terus menghadirkan ragam fitur dan inovasi yang bertujuan untuk mendukung masyarakat yang terpaksa bepergian agar dapat lebih cepat, aman, dan nyaman.

Beberapa di antaranya adalah fitur pembayaran parkir dan tol tanpa cash, fitur untuk menjadwalkan pesanan GoRide dan GoCar, fitur untuk melakukan perubahan titik jemput, fitur untuk menyimpan alamat, serta fitur layanan transportasi yang lebih personal dan disesuaikan dengan kebiasaan tiap pengguna.

Harya S. Dillon, Ph.D., Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia turut mengapresiasi keseriusan Gojek dalam beradaptasi selama pandemi sejak 2020, yang akan terus diperkuat di tahun 2021.

“Gojek telah berhasil hadir sebagai pilihan utama moda transportasi selama masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru. Inisiatif J3K Gojek mampu memenuhi kebutuhan masyarakat agar tetap aman dan nyaman saat bepergian. Selain itu, GoTransit juga diharapkan mampu menjawab tantangan terkait simpul-simpul transportasi publik yang seringkali sulit untuk dijangkau masyarakat, juga menjadi alternatif moda transportasi yang mengutamakan faktor keamanan, kesehatan, dan kenyamanan selama pandemi. Saya berharap inovasi-inovasi seperti yang Gojek lakukan ini juga bisa diterapkan oleh pelaku industri transportasi lainnya,” katanya.

“Untuk melengkapi komitmen Gojek dalam meluncurkan ragam inovasi di 2021, kami pun siap untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak pemangku kepentingan serta mengikuti ragam kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah selama bertujuan untuk kebaikan kita bersama. Harapan kami, inovasi dan inisiatif yang secara konsisten dihadirkan oleh Gojek dapat menciptakan layanan transportasi online yang lebih tangguh dan terus menjadi andalan masyarakat di tahun 2021,” tutup Dito.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Sumut Sebut Program J3K Penting untuk Cegah COVID-19

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya