Comscore Tracker

Tahun 2020 Pembangunan Jalan Tol Parapat-Tarutung-Sibolga Akan Dimulai

Jarak tempuh ke Danau Toba jadinya hanya 2,5 jam

Sumut, IDN Times - Usulan percepatan pembangunan jalan tol di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara akhirnya mendapat respon dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dalam surat dijelaskan bahwa pembangunan jalan tol sepanjang 102 KM yang menghubungkan Parapat-Tarutung-Sibolga akan dimulai di Tahun 2020.

1. "Alhamdulillah, surat yang kita usulkan sudah direstui"

Tahun 2020 Pembangunan Jalan Tol Parapat-Tarutung-Sibolga Akan DimulaiIDN Times/Hendra Simanjuntak

Sebelumnya surat usulan percepatan pembangunan jalan tol itu dilayangkan oleh Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani pada Selasa (12/7) yang lalu.

"Alhamdulillah, surat yang kita usulkan sudah direstui. Kami atas nama masyarakat Tapteng mengucap syukur, dan tahun 2020 pembangunan jalan tol sudah dimulai," kata Bakhtiar saat ditanyai wartawan, Jumat (20/9).

Bakhtiar mengaku, pembangunan jalan tol tersebut merupakan program Pemerintah Pusat. Namun, dalam hal ini Pemkab Tapteng harus bertindak cepat. Diharapkan pembangunan jalan tol di Tapteng bisa dipercepat.

"Itu memang program pemerintah pusat, namun kita harus jemput bola, tidak boleh berdiam diri. Kalau kita tidak memohon, bisa saja kan pembangunan jalan tol itu ditujukan ke daerah lain," kata Bakhtiar.

Baca Juga: Tersedia Wi-Fi Gratis, Pengunjung Geosite Sipinsur Meroket 500 Persen

2. Ke Danau Toba hanya 2,5 jam

Tahun 2020 Pembangunan Jalan Tol Parapat-Tarutung-Sibolga Akan DimulaiIDN Times/Prayugo Utomo

Dengan adanya jalan tol tersebut, ia pun yakin akan memberi dampak besar bagi masyarakat. Salah satunya akan mampu mendorong kemajuan sektor Pariwisata di Tapanuli Tengah.

"Dengan adanya jalan tol itu, tentu wisatawan mancanegara maupun lokal nantinya akan dapat dengan cepat ke Danau Toba, dan bila ingin menikmati wisata bahari laut, tentu sudah cepat melalui jalan jika ke Sibolga - Tapteng," katanya.

"Kalau itu sudah selesai, kalau kita ke Medan sudah pasti lebih cepat. Kalau orang Singkil, orang Tapsel, Sidimpuan apabila mau ke Danau Toba, sudah tentu akan lebih cepat jika dari jalan tol, cuma memakan waktu dua setengah jam," kata Bakhtiar lagi.

3. Berharap masyarakat mendukung pembangunan jalan tol

Tahun 2020 Pembangunan Jalan Tol Parapat-Tarutung-Sibolga Akan DimulaiJasamarga Balikpapan-Samarinda

Rencana pembangunan jalan tol ini tentu harus dilakukan persiapan yang matang. Salah satunya tentang persoalan pembebasan lahan. Dalam hal ini, Pemkab Tapteng diharapkan mampu mengatasi tersebut.

"Kita siap pasang badan untuk meyakinkan masyarakat, dan saya rasa masyarakat tentu akan mendukung pembangunan jalan tol itu. Di sini (Tapteng) tidak terlalu sulit, karena harga tanah di Jawa dan di Tapteng itu beda jauh, pasti lebih mudah," kata Bakhtiar.

"Ini rahmat yang luar biasa bagi kami masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dan Sibolga. Kami juga mengucapkan terima kasih sama pak Jokowi dan Menteri PUPR yang sudah membalas surat yang kami layangkan," ucapnya.

Baca Juga: Hutan di Sekitar Danau Toba Terbakar, Diduga karena Puntung Rokok

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya