Raih PFI Kota Award, Jadi Penyemangat PFI Medan untuk Terus Berkarya

Selamat Ya

Jakarta, IDN Times – PFI Kota Medan meraih penghargaan Best Management Award pada Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2021 yang berlangsung di Auditorium Perpustakaan Nasional Jakarta pada Jumat (2/4/ 2021) sore.

Penghargaan ini diterima oleh Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi. Sedangan Hendi Novian, Ketua PFI Bogor menerima Best Performance Award.

1. Menjadi motivasi bagi segenap pengurus untuk terus berbuat dan berkarya

Raih PFI Kota Award, Jadi Penyemangat PFI Medan untuk Terus BerkaryaKetua PFI Kota Medan, Rahmad Suryadi menerima penghargaan Best Management Award pada Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2021 yang berlangsung di Auditorium Perpustakaan Nasional Jakarta pada Jumat (2/4/ 2021) sore. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Rahmad Suryadi mengaku sangat bangga dengan penghargaan ini. Karena merupakan kali pertama diterima oleh PFI Medan.

Bagi Rahmad, penghargaan ini jangan sampai membuat para anggota PFI Medan, khususnya pengurus jemawa. Namun harus menjadi motivasi bagi segenap pengurus untuk terus berbuat dan berkarya.

“Alhamdulillah, penghargaan ini bukan untuk saya tapi untuk kita semua pengurus, anggota, serta segenap keluarga besar PFI Medan, semoga PFI Medan tetap solid dan bermanfaat untuk masyarakat bangsa dan negara,” ujar Rahmad usai menerima penghargaan.

Baca Juga: PFI Medan Tularkan Virus Fotografi pada Anak-anak Kampung Sejahtera

2. Mugni Supardi dan Givo Alputra terpilih sebagai penerima kategori paling bergengsi APFI, Photo of The Year 2019 dan 2020

Raih PFI Kota Award, Jadi Penyemangat PFI Medan untuk Terus BerkaryaIDN Times/Axel Joshua Harianja

Awarding Ceremony Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2021 dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Keduanya menyerahkan Alex & Frans Mendur Trophy kepada penerima anugerah Photo of The Year 2019 dan 2020.

Pewarta Foto Radar Sulteng, Mugni Supardi dan pewarta foto Harian Singgalang Givo Alputra terpilih sebagai penerima kategori paling bergengsi APFI, Photo of The Year 2019 dan 2020. Dalam pidatonya, Menhub Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan APFI 2021 sekaligus menjelaskan peran penting foto sebagai sebuah medium yang dapat memberikan pelajaran dan merekam sebuah peristiwa sebagai sebuah catatan penting untuk negeri.

“Saya memberikan apresiasi kepada Pewarta Foto Indonesia (PFI), di tengah-tengah situasi sulit ini masih bisa menyelenggarakan kegiatan yang bisa menginspirasi. Foto jurnalistik ini sangat penting sebagai sebuah kontrol kepada pemerintah,” ujar Budi Karya.

3. Foto memiliki kelebihan tersendiri dibanding narasi

Raih PFI Kota Award, Jadi Penyemangat PFI Medan untuk Terus BerkaryaMenko PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers di Kantor Presiden (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menko PMK Muhadjir Effendy juga turut memberikan sambutannya, ia berpesan agar seluruh pewarta foto terus berkarya meski keadaan sedang tidak baik-baik saja.

“APFI adalah sebuah langkah penting yang patut dihargai. Karena foto memiliki kelebihan tersendiri dibanding narasi”, ujar Muhadjir Effendy.

Selain menyerahkan Alex & Frans Mendur trophy kepada penerima Photo of The Year, kedua Menteri kabinet Indonesia Maju tersebut juga turut menyerahkan piala dan piagam kepada PFI Kota yang berprestasi.

Kedua gelar tersebut merupakan bagian dari PFI Kota Award, penghargaan baru untuk pengurus PFI Kota yang dinilai memiliki kontribusi dan prestasi yang baik dalam satu tahun terakhir.

4. Foto-foto penerima APFI 2021 dapat dinikmati di lobby utama dan selasar depan gedung Perpusnas

Raih PFI Kota Award, Jadi Penyemangat PFI Medan untuk Terus BerkaryaPengunjung menyaksikan pameran foto Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2019 di Galeri Foto Jurnalistrik Antara, Jakarta, Jumat (6/12/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pd)

Ketua Umum PFI Reno Esnir mengucapkan selamat kepada seluruh penerima Anugerah. Ia juga mengapresiasi pemerintah dan seluruh stakeholder yang telah mendukung gelaran APFI 2021.

“Tanpa dukungan dari semua pihak, APFI 2021 tidak akan terselenggara di tengah pandemik yang sangat menyulitkan semua orang ini,” ujar Reno.

Ketua penyelenggara, Sopian, mengucap syukur dan terima kasih karena gelaran awarding APFI 2021 berjalan sukses dan lancar.

“Terima kasih kepada Menko PMK, Menhub, Dewan Pers, Perpusnas, pengurus PFI Kota se-Indonesia, dan seluruh pengurus serta panitia yang telah bekerja keras hingga larut pagi dalam mempersiapkan agenda kebanggaan wartawan foto tanah air ini,” ujar Sopian.

Foto-foto penerima Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2021 dapat dinikmati di lobby utama dan selasar depan gedung Perpusnas, Jalan Medan Merdeka Selatan 11 Jakarta mulai 2 hingga 9 April 2021.

Seluruh pengunjung wajib mematuhi prokes dan mengisi QR code. Ikuti terus perkembangan APFI di website www.pewartafotoindonesia.or.id dan instagram @pewartafotoindonesia.

Baca Juga: Geber Pemahaman, PFI Medan Gandeng KontraS Bikin Pelatihan Advokasi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya