Mengenal SMA Unggul Del, SMA Terbaik di Sumut Binaan Luhut Panjaitan

Menjalin kerja sama dengan kampus luar negeri

Pada laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/ tercantum peringkat SMA terbaikdari total 23.650-an SMA peserta UTBK 2022 dengan nilai rerata tertinggi di Indonesia.

Pemeringkatan SMA terbaik ini hanyalah sebagian cara untuk memberi gambaran rangking nasional mengingat tidak semua siswa mengikuti UTBK 2022 tersebut.

Dari data tersebut, SMA Unggul Del adalah SMA terbaik baik di Sumatera Utara. Di Level nasional, SMA yang terletak di Kabupaten Toba ini berada di peringkat 12.

Berikut IDN Times merangkum profil SMA Unggul Del yang didirikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

1. Baru berusia 10 tahun

Mengenal SMA Unggul Del, SMA Terbaik di Sumut Binaan Luhut PanjaitanSMA Unggul Del. (Dok. SMA Unggul Del)

SMA Unggul Del didirikan oleh Pembina Yayasan Del, Jend. (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, pada tahun 2011 berdasarkan SK Operasional Bupati Toba Samosir No. 198 Tahun 2011 dan resmi beroperasi sejak tanggal 1 Juni 2012.

Berlamat di Jalan Y.P. Arjuna, Sitoluama, Lagu Boti, Kabupaten Toba.

SMA Unggul Del didirikan untuk mewujudkan visi Yayasan Del sebagai suatu institusi yang memiliki kerinduan untuk mentransformasi pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik. Sikap keteladanan ini merupakan prinsip dasar keluarga besar Yayasan Del yang memilih berkhotbah melalui perbuatan.

Dengan kehadiran SMA Unggul Del  diharapkan dapat mewujudkan keinginan masyarakat terlebih masyarakat yang terletak di kawasan Tapanuli akan sebuah pendidikan yang baik.

Pada awal berdirinya, kehadiran SMA Unggul Del di kawasan Tapanuli dirasa memenuhi harapan tersebut, terbukti dengan tingginya partisipasi siswa dalam proses seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMA Unggul Del. Seiring dengan bertambahnya waktu, SMA Unggul Del telah mendapat perhatian di masyarakat baik lokal, provinsi, nasional, maupun internasional.

2. Menjalin kerja sama dengan kampus luar negeri

Mengenal SMA Unggul Del, SMA Terbaik di Sumut Binaan Luhut PanjaitanSMA Unggul Del (Dok. SMA Unggul Del)

MarTuhan, Marroha, Marbisuk adalah nilai dasar yang dipegang teguh oleh SMA Unggul Del, berdasarkan apa yang telah digariskan oleh Pembina dan Pengurus Yayasan Del.

Pendirian SMA Unggul Del bukan semata-mata menciptakan generasi pemimpin yang unggul dalam pengetahuan dan teknologi tetapi juga percaya kepada Tuhan (marTuhan),  berhati nurani yang luhur (marroha), dan bijaksana (marbisuk).

Kini SMA Unggul Del telah menjalin kerja sama pendidikan dengan beberapa perguruan Tinggi atau Universitas, beberapa di antaranya ialah Sunshine Coast University Australia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Satya Wacana Salatiga, Yayasan Pestalozzi, Inggris, dan Institut Teknologi Del.

Bidang pengembangan bakat atau ekstrakulikuler yang ada di SMA Unggul Del di antaranya ialah Science Club (Fisika, Kimia, Matematika, Astronomi, Biologi), kemudian ada ensambel, paduan suara, band, jurnalistik, english club, futsal, basket, atletik, badminton, OSN (fisika, matematika, biologi, kimia, geografi, ekonomi), Pramuka

3. Punya Program Orang Tua Asuh

Mengenal SMA Unggul Del, SMA Terbaik di Sumut Binaan Luhut PanjaitanSMA Unggul Del yang didirikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan. (Dok. SMA Unggul Del)

Setiap tahunnya, SMA Unggul Del mengirimkan 2 siswanya untuk mengikuti beasiswa Yayasan Pestalozzi di Sussex, Inggris. Selain itu di internal sekolah menyediakan beasiswa ekonomi untuk siswanya yang kurang mampu.

SMA Unggul Del telah menetapkan komitmen sesuai Visi dan Misi YAYASAN DEL yaitu menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak dari masyarakat sekitar SMA Unggul Del yang kurang mampu. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat marginal. 

SMA Unggul Del adalah sekolah yang dibangun dari keprihatinan terhadap kondisi pendidikan saat ini yang cenderung kurang berpihak kepada masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi, karena tingginya biaya pendidikan.

Kehadiran pendidikan yang terjangkau dan berkualitas bagi peserta didik di kalangan ekonomi lemah sepertinya masih jauh dari harapan. Untuk itu, SMA Unggul Del hadir dengan memprioritaskan anak-anak yang memiliki kemampuan akademik namun tidak mampu dalam hal pembiayaan.

Saat ini SMA Unggul Del sedang berjalan menggunakan subsidi silang dari semua biaya pendidikan yang diperoleh.

SMA Unggul Del sangat mengharapkan sekali adanya dukungan dari masyarakat luas untuk berpatisipasi dalam rangka mengentaskan permasalahan yang dihadapi dengan cara menjadi orang tua asuh bagi siswa-siswi yang kurang mampu.

Baca Juga: Bukan SMAN 1 Medan, Ini SMA Terbaik di Sumatera Utara

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya