Comscore Tracker

Mengenal Adlin Tambunan, Anak Bupati yang Jadi Wakil Bupati Sergai

Adlin juga menjabat Ketua PW GP Anshor Sumatera Utara

Berdiri menjadi wakil dari Darma Wijaya, Adlin Umar Yusri Tambunan dilantik pada tanggal 26 Februari 2021 sebagai Wakil Bupati Serdang Bedagai.

Adlin Umar Yusri Tambunan merupakan anak kandung dari Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan. Sebelum ayahnya menjabat, Deli Serdang dipimpin oleh pamannya yaitu Amri Tambunan. 

Pria kelahiran Medan ini dibesarkan di dalam keluarga politisi. Tidak heran, darah politisi mengalir di dalam diri seorang Adlin Tambunan.

Meskipun demikian, Adlin Tambunan juga sempat mengawali kariernya sebagai pengusaha.

Baca Juga: Mengenal Bakhtiar Sibarani, Bupati Tapteng yang Bertabur Prestasi

1. Kuliah S-2 Magister Studi Pembangunan di USU

Mengenal Adlin Tambunan, Anak Bupati yang Jadi Wakil Bupati SergaiBupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Haji Darma Wijaya dan Haji Adlin Umar Yusri Tambunan. (Dok. IDN Times)

Adlin Tambunan mengawali pendidikannya dengan mengenyam pendidikan di SD Swasta Harapan 2 Medan pada tahun 1993 hingga 1999. Lalu ia melanjutkan ke SMP Swasta Harapan 2 Medan di tahun 1999 – 2002.

SMA Negeri 1 Medan menjadi tempat selanjutnya seorang Adlin Tambunan belajar hingga tahun 2005.

Kemudian ia melanjutkan proses belajarnya ke pendidikan tinggi di Universitas Sumatera Utara mengambil S-1 Program Studi Teknik Industri.

Tidak terhenti sampai di situ, ia lalu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu S-2 Program Studi Magister Studi Pembangunan di tempat yang sama saat ia mengenyam S-1 yaitu di Universitas Sumatera Utara.

2. Kini menjabat Ketua PW GP Anshor Sumatera Utara

Mengenal Adlin Tambunan, Anak Bupati yang Jadi Wakil Bupati SergaiDarma Wijaya dan H.Adlin Umar Yusri Tambunan (Dok.IDN Times/istimewa)

Adlin Tambunan mengawali kariernya sebagai pengusaha dengan jabatan Direktur Utama PT. Asta Karya Indotama. Jabatan tersebut ia emban sejak tahun 2012 sampai 2015.

Pada tahun 2014, Adlin menjabat sebagai anggota DPRD Kota Medan hingga tahun 2019.

Tidak membutuhkan waktu yang cukup lama bagi Adlin Tambunan untuk menguasai ilmu politiknya, ia pun maju dan terpilih sebagai Wakil Bupati Serdang Bedagai pada tahun 2021. 

Jabatan politik Adlin Tambunan diawali dengan menjabatnya ia sebagai Ketua PAC Partai Golongan Karya Kecamatan Medan Baru pada tahun 2011 – 2016.

Selanjutnya, Adlin Tambunan bertanggungjawab sebagai Bendahara DPD II Partai Golongan Karya Kota Medan pada tahun 2016 – 2021.

Organisasi terakhir seorang Adlin ialah menjadi Ketua PW GP Anshor Sumatera Utara sejak tahun 2019 hingga saat ini.

3. Pernah jadi caleh DPR RI dari Partai Golkar, namun gagal

Mengenal Adlin Tambunan, Anak Bupati yang Jadi Wakil Bupati SergaiBupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Haji Darma Wijaya dan Haji Adlin Umar Yusri Tambunan. (Dok. IDN Times)

Adlin Umar Yusri Tambunan merupakan ayah dari dua anak. Adlin Umar Yusri Tambunan adalah anak semata wayang pasangan H. Ashari Tambunan dan Hj. Yunita Siregar.

Sebagai wakil dari Darma Wijaya, Adlin Tambunan mengaku telah mengenal pria yang lebih akrab dipanggil Wiwik itu sejak lama. Menjadi anak seorang politisi membuat Adlin Tambunan selalu ditempa secara mental mengenai hal-hal pemerintahan.

Adlin sempat mencalonkan dirinya sebagai anggota DPR RI dari Partai Golkar, namun suara yang didapatkan Adlin Tambunan tidak cukup yang membuat ia gagal berkantor di Senayan.

Adlin Tambunan mendapatkan tawaran menjadi calon legislatif saat ikut serta mengurus pencalonan Ashari Tambunan pada Pilkada Deli Serdang tahun 2018.

Meskipun memiliki ayah yang sudah popular di Deli Serdang, Adlin Umar Yusri Tambunan memilih Serdang Bedagai sebagai tempat ia mengabdi.

Profil 

Nama : H. Adlin Umar Yusri Tambunan
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 5 Agustus 1987
Agama : Islam
Pasangan : Aini Zetara Siregar
Orang Tua : H. Ashari Tambunan dan Hj. Yunita Siregar

Baca Juga: Kisah Darma Wijaya, Pengembala Sapi yang Jadi Bupati Serdang Bedagai

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya