Comscore Tracker

Ini Upaya Humbang Hasundutan Bangkitkan Pariwisata di Masa Pandemik

Media sosial penting untuk promosikan pariwisata

Humbang Hasundutan, IDN Times - Danau Toba ditetapkan sebagai destinasi super prioritas di Indonesia oleh Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo. Dari beberapa kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, Humbang Hasundutan termasuk di antaranya.

Dari Geopark Nasional Kaldera Toba yang diterima menjadi UNESCO Global Geopark, terdapat dua geosite di Kabupaten Humbang Hasundutan, yakni Geosite Sipinsur dan Geosite Bakara-Tipang.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Humbang Hasundutan, Jonny Gultom menjelaskan posisi Geografis Kabupaten Humbang yang dekat dengan Bandara Silangit, sektor pariwisata dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan PAD.

1. Humbahas punya potensi wisata budaya, sejarah, agrowisata, dan alam

Ini Upaya Humbang Hasundutan Bangkitkan Pariwisata di Masa Pandemik1. Geosite Sipinsur, Tempat Wisata di Humbang Hasundutan (sumut.idntimes.com)

Menurutnya, potensi pariwisata Humbang Hasundutan yaitu budaya dan sejarah, agrowisata, alam, dan minat khusus.

“Untuk mempromosikan destinasi wisata itu kurang anggaran tetapi untuk destinasi geopark itu sudah dilakukan. Seperti Danau Toba, Raja Ampat, dan lainnya. Perkembangan destinasi wisata tidak segampang membalikan tangan, apalagi sekarang dalam masa pandemic covid-19,” ujarnya saat menjadi pembicara pada Webinar Literasi Digital di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara bertema “Promosi Pariwisata Indonesia”.

2. Medsos jangkauannya lebih luas, relatif murah, multimedia, banyak variasi

Ini Upaya Humbang Hasundutan Bangkitkan Pariwisata di Masa PandemikInstagram/dolanesia.travel

Ketua Bekraf Humbang Hasundutan, Jojor Jery Jeremias Lumban Gaol menuturkan Undang-undang informasi dan transaksi elektronik atau undang undang nomor 11 tahun 2008 adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum.

Kenapa ITE? Karena jangkauan lebih luas, relatif murah, multimedia, banyak variasi, direct ke konsumen, gampang dioperasikan, multi payment, scale up atau terus berkembang.

3. Media sosial penting untuk promosikan pariwisata

Ini Upaya Humbang Hasundutan Bangkitkan Pariwisata di Masa PandemikInstagram

Peneliti INDEF dan Dosen Trilogi Jakarta, Dr. M. Rizal Taufikurahman menyampaikan 5 destinasi pariwisata super prioritas yaitu danau toba, Borobudur dan sekitarnya, Lombok-Mandalika, Labuan Bajo, Manado-Likupang.

Serta 5 destinasi pariwisata prioritas berikutnya yaitu Wakatobi, Raja Ampat, Bromo Tengger Semeru, Bangka Belitung, dan Morotal.

Dosen dan Cyber Security Officer IT PHKT, Anwar Fattah S.T, M.TI mengatakan kita juga perlu ketahui kerentanan serangan siber yaitu hati hati dengan email spamming (mengandung phising), jangan buka link, update software atau bahkan file-file sisipan yang mencurigakan di email/medsos, jangan sembarang klik tautan, dan hilangkan nomor kartu kredit setiap setelah transaksi.

Ghina Amalia selaku Key Opinion Leader menyampaikan dalam wisata memang dengan hadirnya digital ini sangat bermanfaat sekali dengan yang dulunya tidak tahu tetapi dengan digital, dengan kita share itu membuat orang tahu bahwa tempat wisata itu sangat bagus. Dunia digital ini memiliki peran penting.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya