Hore, Gak Ada Lagi Lintasan Angka 8 untuk Ujian Praktik SIM C

Begini gambar lintasan Ujian Praktik SIM C yang baru

Hore! Polri resmi mengubah sirkuit praktik ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) C mulai Senin (7/8/2023) besok dengan mengganti sirkuit angka delapan menjadi huruf "S". Pasalnya selama ini para pemohon SIM C kerap gagal pada ujian praktik saat melewati lintasan angka delapan dan zigzag.

Nantinya, pemohon SIM C akan melewati dua jenis ujian, yakni ujian teori dan ujian praktik. Untuk ujian praktik, jalur yang dilewati kini tidak lagi berbentuk angka delapan, melainkan huruf "S" dengan lima bagian.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Muji Ediyanto mengamini hal tersebut dan akan mempraktikkan di wilayah Sumut. Menurutnya mulai Senin (7/8/2023) besok sudah tidak ada lagi ujian praktik SIM C pakai lintasan zigzag dan angka delapan. 

Sebagai gantinya, Ditlantas Polda Sumut mengganti ujian praktik SIM C menggunakan lintasan huruf S. Yuk simak rinciannya:

Baca Juga: Polrestabes Medan Digeruduk TNI, Minta Penangguhan Penahanan Tersangka

1. Berikut tahapan ujian praktik SIM C yang baru

Hore, Gak Ada Lagi Lintasan Angka 8 untuk Ujian Praktik SIM CWarga mengendarai sepeda motor saat uji coba kurikulum baru ujian praktik SIM di Satpas Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta, Jumat (4/8/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tahap pertama adalah jalur lurus dengan panjang lintasan 1.600 cm. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

"Pertama ini adalah lintasan lurus. Lintasan lurus ini kita kurangi jumlah patoknya sehingga yang tadinya jarak antar patok 200 cm menjadi 250 cm," papar Kasi Bimbingan dan Pelayanan Korlantas Polri AKBP Faisal.

Lalu ada kotak henti atau Yellow Box dan tanda lampu merah. Di sini pengemudi harus berhenti sebelum memasuki kotak kuning, sebagai simulasi persimpangan lalu lintas.

"Di sini berhenti kemudian ada lampu traffic light untuk memberi edukasi kepada masyarakat apabila ada lampu merah berhenti," jelas Faisal lagi. Kemudian pengemudi lanjut sesi u-turn atau putar balik, dan berkendara lurus lagi sejauh 600 cm. Usai melewati lintasan lurus ini, pengemudi akan menemukan lintasan "S" yang dimaksud.

Di sini pengemudi harus melewati lintasan S tersebut tanpa menurunkan kaki. Setelah itu barulah tiba di lintasan lurus lagi sepanjang 1.100 cm hingga tiba di persimpangan akhir.

Sebelum persimpangan ini, pengemudi harus mengerem dan berhenti sesaat tanpa menurunkan kaki. Baru langsung gas ke luar dari persimpangan tersebut dan mengakhiri sesi ujian praktik SIM C-nya.

2. Boleh dua kali tes dalam satu sesi

Hore, Gak Ada Lagi Lintasan Angka 8 untuk Ujian Praktik SIM CWarga mengendarai sepeda motor saat uji coba kurikulum baru ujian praktik SIM di Satpas Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta, Jumat (4/8/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jika gagal dalam ujian praktik ini, pemohon punya satu kali kesempatan lagi untuk mengulangi ujian praktiknya dalam satu waktu yang sama.

"Boleh dua kali tes dalam satu kali sesi. Bahkan Sabtu-Minggu kalau sudah selesai pelatihan, silahkan kita buka untuk masyarakat lakukan latihan gratis," tambah Yusri.

3. Kapolri sebut zigzag dan angka 8 sudah tidak relevan

Hore, Gak Ada Lagi Lintasan Angka 8 untuk Ujian Praktik SIM CPetugas menjelaskan jalur baru yang digunakan saat uji coba kurikulum baru ujian praktik SIM di Satpas Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta, Jumat (4/8/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar praktik ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) C dievaluasi sehingga tidak menyulitkan pemohon.

Listyo menyampaikan dari banyak ujian praktik ada dua yang disoroti yakni praktik zigzag dan angka delapan.

“Khusus untuk pembuatan SIM, ini saya minta ke Kakorlantas, tolong dilakukan perbaikan. Yang namanya angka delapan itu masih sesuai atau tidak. yang namanya melewati zigzag itu masih sesuai atau tidak,” kata Listyo saat upacara wisuda Program Pendidikan Ilmu Kepolisian di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Rabu (21/6/2023).

“Saya kira kalau memang sudah tidak relevan, perbaiki,” imbuh Listyo.

Baca Juga: Anak Medan Gelar Nobar Gear 5 One Piece, Segini Harga Tiketnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya