13 Hari Hilang, Pesawat Emiliano Sala Ditemukan di Dasar Laut

AAIB yang akan mengambil alih operasi pemulihan

Jakarta, IDN Times - Pesawat yang membawa pesepakbola asal Argentina, Emiliano Sala dan pilotnya, David Ibbotson hilang kontak, Senin (21/1)

Setelah dilakukan pecarian berhari-hari, akhirnya puing pesawat ditemukan di dasar laut Selat Inggris dalam keadaan hancur, Minggu (3/1) waktu setempat.

Sala dan pilot pesawat diperkirakan meninggal dunia dalam kecelakaan yang terjadi dua pekan lalu.

Dilansir dari New York Times, setelah dua pekan melakukan pencarian. Regu yang dipimpin oleh, ilmuwan maritim, David Mearns, akhirnya menemukan puing dan dirinya pun langsung mengumumkannya lewat Twitter.

"Keluarga Emiliano Sala dan David Ibbotson telah diberitahu oleh Polisi. AAIB akan membuat pernyataan besok. Malam ini, satu-satunya pikiran kami adalah bersama keluarga dan teman-teman Emiliano dan David," tulis David dalam twit yang ditulisnya.

1. Pesawat yang ditumpangi Sala ditemukan oleh kapal Morven

13 Hari Hilang, Pesawat Emiliano Sala Ditemukan di Dasar Lauttwitter.com/BeWarmers

Sebagaimana diketahui, pesawat bermesin tunggal yang ditumpangi Sala menghilang di atas Selat Inggris setelah meninggalkan Nantes, sebuah kota di Prancis barat, pada 21 Januari lalu jam 20.15 malam waktu setempat, menuju ke ibu kota Wales, Cardiff.

Mearns juga mengungkapkan kepada penyiar Inggris, Sky News, pada hari Minggu malam bahwa pesawat itu "ditemukan pagi ini oleh kru saya di atas kapal Morven," merujuk pada FPV Morven.

Baca Juga: Usai Tragedi Emiliano Sala, Cristiano Ronaldo Panen Kritik Di Internet

2. Tim pencari sudah memberi tanda di tempat ditemukannya puing pesawat

13 Hari Hilang, Pesawat Emiliano Sala Ditemukan di Dasar LautInstagram/@emilianosala9

Mearns menambahkan timnya telah memberikan tanda di lokasi reruntuhan yang ditemukan. "Dalam perjanjian dengan AAIB, setelah pesawat itu ditemukan, posisinya diserahkan kepada mereka yang menggunakan kapal Geo Ocean III. Kemudian mereka bergerak di atas reruntuhan dan mengambil alih operasi pemulihan," katanya.

Agensi yang dipimpinnya baru akan membuat pernyataan pada hari Senin ini.

3. Adik Sala sempat ngotot ingin pencarian tetap dilanjutkan

13 Hari Hilang, Pesawat Emiliano Sala Ditemukan di Dasar Lauttwitter.com/BBCSport

Sebelumnya, keluarga Sala melakukan pencarian pribadi setelah pihak berwenang mengakhiri pencarian pesawat pada 24 Januari lalu. Kapten dalam organisasi penanganan bencana di Pulau Guernsey, David Barker, yang memerintah penghentian pencarian pesawat tersebut. Menurutnya, peluang bertahan hidup pada kondisi semacam ini sangat tipis sekali.

Hanya saja, saudara perempuan korban, Romina Sala, meminta pihak berwenang untuk terus melakukan pencarian.

"Tolong, tolong, tolong jangan menghentikan pencarian," kata Sala pada konferensi pers di Cardiff, menahan tangis. Dia mengatakan bahwa dirinya masih optimistis bahwa Sala masih hidup di suatu tempat di Selat Inggris.

4. Rekan satu profesi Sala banyak memberikan dukungan

13 Hari Hilang, Pesawat Emiliano Sala Ditemukan di Dasar LautInstagram/@emilianosala9

Kejadian ini tentu membuat banyak pihak simpatik. Banyak di antaranya yang membantu sala lewat doa maupun melakukan donasi, termasuk para pemain sepakbola. Orang-orang dari seluruh dunia, termasuk bintang sepakbola seperti Kylian Mbappé, seorang anggota tim nasional Prancis yang memenangkan Piala Dunia tahun lalu, bahkan ikut membantu pencarian bersama keluarga Sala.

Baca Juga: Terungkap, Ini Pesan Singkat Terakhir Emiliano Sala Sebelum Hilang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya