KPPS Diharapkan Menjadi Ujung Tombak Sukseskan Pemilu 2019

KPU Sumut dan Medan Gelar Simulasi Pemungutan Suara

MEDAN, IDN Times- Peran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diharapkan menjadi ujung tombak untuk rangka menyukseskan Pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang. Untuk itu, pemahaman KPPS dalam melakukan pemungutan sampai dengan proses rekapitulasi suara harus ditingkatkan.

Mewujudkan hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggelar acara simulasi pada Kamis (11/4).

Simulasi hari pemilihan juga sudah digelar di sejumlah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

1. Simulasi bertujuan mengasah kemampuan petugas KPPS sesuai SOP

KPPS Diharapkan Menjadi Ujung Tombak Sukseskan Pemilu 2019IDN Times/istimewa

Di Kota Medan, kegiatan simulasi dilakukan di Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah. Dalam kegiatan itu panitia membuat suasana beserta alat peraga mirip benar dengan kondisi seperti di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Tadi yang kita simulasi adalah kondisi yang mungkin terjadi di lapangan. Kami dari KPU Sumut dan Medan ingin mengasah kemampuan petugas KPPS kita agar terampil melakukan SOP pemungutan hingga penghitungan suara di TPS,” kata Komisioner KPU Sumatera Utara, Benget Silitonga, di sela-sela simulasi pada Kamis (11/4).

2. Petugas KPPS dan masyarakat antusias ikuti simulasi

KPPS Diharapkan Menjadi Ujung Tombak Sukseskan Pemilu 2019IDN Times/istimewa

Pantauan IDN Times di lokasi, petugas KPPS dan masyarakat tampak antusias mengikuti acara simulasi tersebut. Selain itu masyarakat tampak juga terlibat diskusi dengan anggota KPU yang hadir saat simulasi berlangsung.

Anggota KPU banyak dipertanyakan mengenai jumlah surat suara yang didapat bagi calon pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

3. Sengaja fokus ke Petugas KPPS

KPPS Diharapkan Menjadi Ujung Tombak Sukseskan Pemilu 2019IDN Times/istimewa

Benget menerangkan simulasi kali ini sengaja difokuskan kepada Petugas KPPS. Alasannya, Benget mengatakan bahwa KPPS dianggap menjadi kunci kesuksesan Pemilu mendatang.

Sehingga petugas KPPS bisa mendapatkan kemampuan dan keterampilan yang baik dalam menjalankan proses pemungutan suara.

4. KPPS harus memahami 3 kategori pemilih

KPPS Diharapkan Menjadi Ujung Tombak Sukseskan Pemilu 2019IDN Times/istimewa

Tak cuma itu, sambung Benget, simulasi juga dilakukan untuk mencegah distorsi informasi. Meskipun KPU mempunyai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), namun penguatan langsung kepada Petugas KPPS tetap perlu dilakukan. Khususnya tentang perbedaan jumlah surat suara yang dibagi ke calon pemilih kategori DPT, DPTb dan DPK.

“Hal yang perlu diprioritaskan itu adalah kemampuan mereka dalam memahami 3 jenis pemilih, yaitu DPT, DPTb dan DPK. Karena itu salah satu potensi yang bakal membuat misskomunikasi dilapangan di hari H nanti,” ungkap Benget.

5. Warga antusias berlatih agar tak bingung

KPPS Diharapkan Menjadi Ujung Tombak Sukseskan Pemilu 2019IDN Times/istimewa

Sementara itu, warga yang hadir menyambut baik simulasi yang dilakukan KPU. Simulasi yang dilakukan sangat baik untuk menambah pemahaman saat memilih

“Selain sebagai pemilih, saya juga Ketua KPPS 12, jadi simulasi ini sangat membantu. Apalagi saya juga banyak ditanyai oleh masyarakat, khususnya pemilih pemula yang baru pertama milih. Apalagi ini kertas suaranya juga banyak yang mau dipilih, jadi agak bingung sedikit,” ucap warga Lingkungan V, Keluruhan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Agus Sudaryatno. 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya