Soal Aset Tanah Prabowo, Fadli Zon:  Seharusnya Jadi Kebanggaan

Prabowo kuasai lahan aset negara di Kaltim dan Aceh Tengah

Jakarta, IDN Times - Dalam debat capres kedua itu, Jokowi mempertanyakan kepemilikan lahan milik Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. Jokowi menilai, pembagian lahan seperti itu tidak dilakukan di dalam pemerintahan mantan Wali Kota Solo itu.

"Pak Prabowo memiliki lahan sangat luas di Kalimantan Timur, sebesar 220.000 hektar. Juga di Aceh Tengah 120.000 hektar. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian seperti ini tidak dilakukan pas pemerintahan saya," ujar Jokowi saat debat berlangsung, Minggu (17/2).

Menanggapi pernyataan Jokowi, Prabowo pun mengakui dirinya memang menguasai lahan tersebut. Namun, Prabowo mengaku kepemilikan lahan itu  hanya sebatas hak guna usaha (HGU).

Ia menambahkan, bila negara ingin mengambil lahan tersebut, dirinya siap memberikan lahan itu untuk negara.

"Itu benar. tapi itu HGU (hak guna usaha), itu milik negara. Setiap saat negara bisa ambil kembali. Kalau untuk negara, saya rela kembalikan itu semua.Tapi daripada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola karena saya nasionalis dan patriot," jelas Prabowo.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  Fadli Zon mengatakan, aset calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berupa lahan seharusnya menjadi kebanggaan nasional.

"Tadi Pak Prabowo menjawab dengan elegan, bahwa apa yang dimiliki Pak Prabowo seharusnya jadi kebanggaan nasional," ujar Fadli usai menghadiri debat capres kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Fadli menilai, kepemilikan aset yang dimiliki ketua umum Partai Gerindra itu menunjukkan, masih ada orang Indonesia yang memiliki lahan yang cukup luas. Ia juga mengaku, sejak dulu Prabowo tidak pernah menutupi identitas sebagai seorang pengusaha.

"Kalau tidak diambil oleh orang Indonesia, akan diambil oleh orang asing dan sudah banyak aset yang seharusnya dimiliki kita, negara, tapi diambil alih oleh asing," jelas Fadli.

Baca Juga: Jokowi: Saya Tahu Prabowo Punya Lahan Luas 220 Ribu Hektar di Kaltim

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya