Lewat Lenong Singkat, Penerima Beasiswa BRI Ajarkan Murid SD Menabung

BRI menggelar Journalist Bootcamp 2023 di Sentul Bogor

Bogor, IDN Times - Jurnalis penerima BRI Fellowship Journalism melakoni lenong singkat yang berkisah tentang kakak beradik yang berebut uang di hadapan siswa kelas 6 MI Al-Badriyah, Bogor, Sabtu (28/1/2023).

Lenong ini mengisah Sang Kakak (diperankan Arifin, Jurnalis IDN Times) yang ingin merampas uang adiknya untuk membeli paket data karena uangnya sudah habis. Sedangkan Si Adik (diperankan Carlos Pardede, Jurnalis SCTV) karena rajin menabung memiliki uang yang banyak. Namun saat hendak menyimpan uangnya di dalam tas, uang tersebut malah dirampas Sang Kakak.

Pertengkaran kakak beradik ini membuat kedua orangtuanya turun tangan (Ibu diperankan oleh Anne Maria, Jurnalis Tribun Batam, Ayah diperankan Alfa Mandalika jurnalis Medcom.id).  

Setelah dilerai dan mendengarkan penjelasan dari kedua anaknya, Ayah dan Ibu akhirnya menasehati Sang Kakak agar belajar menabung. Selain itu juga mengajari Si Adik untuk menabung di bank.

"Menabung itu banyak gunanya dan menabung itu sebaiknya di bank, jadi uang lebih aman, tidak rusak dan tidak akan hilang," ungkap Sang Ayah menasehati kedua anaknya.

Lenong singkat ini pun mendapat tepuk tangan meriah dari belasan murid kelas 6 I Al-Badriyah.

1. Mengedukasi generasi Z agar gemar menabung

Lewat Lenong Singkat, Penerima Beasiswa BRI Ajarkan Murid SD MenabungKegiatan BRI Peduli, Jurnalis Mengajar di MI Al-Badriyah, Sentul, Bogor (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Carlos Pardede, Jurnalis SCTV menjelaskan lenong ini untuk mengedukasi generasi Z agar gemar menabung dan meningkatkan literasi tentang keuangan.

Lenong Singkat, kata Carlos, sengaja dipilih agar mudah dipahami oleh anak-anak dan ingatannya tentang lenong ini akan melekat dipikiran anak. Menurutnya Lenong Singkat ini merupakan bagian dari BRI Journalist Bootcamp 2023 yang berlangsung di Royal Tulip Golf, Bogor pada 27-28 Januari 2023. Salah satu kegiatannya adalah BRI Peduli, Jurnalis Mengajar di MI Al-Badriyah yang tak jauh dari Royal Tulip.

Dalam kegiatan ini ada 51 jurnalis penerima beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism yang terlibat. Berasal dari penerima beasiswa Batch 1, 2, dan 3.

Selain memerankan lenong singkat, para jurnalis ini juga berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar profesi jurnalis. Tujuannya meningspirasi Gen Z untuk kelak menjadi jurnalis dan melek informasi.

"Dalam sharing pengetahuan dan pengalaman kita persilakan murid-murid di kelas bebas bertanya apa saja.  Mudah-mudahan ini menginspirasi mereka untuk meningkatkan minat belajar dan semoga kelak jadi generasi penerus di profesi jurnalistik," ungkap Carlos.

2. Peserta BRI Fellowship Journalism turut mendorong semangat kebangkitan UMKM melalui tulisan

Lewat Lenong Singkat, Penerima Beasiswa BRI Ajarkan Murid SD MenabungCorporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto (Empat dari kiri) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

BRI Journalist Bootcamp 2023 merupakan acara kolaborasi antara BRI dengan para jurnalis di Indonesia, sebanyak 51 peserta jurnalis mengikuti acara gathering di Royal Tulip Golf, Bogor pada 27-28 Januari 2023.

Serta menjadi rangkaian dari program BRI Fellowship Journalism yang sudah diinisiasi oleh BRI sejak 2013.  Pada 2021, program beasiswa untuk jurnalis ini kembali diselenggarakan.

Dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang menyebabkan banyak sektor terpuruk sehingga diharapkan mampu membawa semangat optimisme bagi insan media. Pada tahun 2023 ini, BRI Fellowship Journalism rencananya akan digelar kembali.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, dengan memberikan ruang pengembangan kompetensi, peserta BRI Fellowship Journalism turut mendorong semangat kebangkitan UMKM (salah satu sektor terdampak), melalui tulisan-tulisan mereka.

“BRI Journalist Bootcamp 2023 yang merupakan bagian dari program BRI Fellowship Journalism ini diselenggarakan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Dengan demikian, perseroan mampu terus berkontribusi menjadi penggerak ekonomi negeri,” ujarnya.

Program ini bertujuan untuk membantu para jurnalis meraih pendidikan yang lebih tinggi, sehingga bisa meningkatkan kualitas jurnalisme di Indonesia. Selain itu, BRI Fellowship Journalism juga bertujuan untuk membantu Dewan Pers dalam meningkatkan tingkat sertifikasi media dan para jurnalis.

3. Beasiswa BRI sangat bermanfaat bagi para jurnalis

Lewat Lenong Singkat, Penerima Beasiswa BRI Ajarkan Murid SD MenabungBRI Journalist Bootcamp 2023 (Dok. BRI)

Salah satu penerima beasiswa BRI Fellowship Journalism Batch 3, Aziz Husaini dari Media Kontan mengatakan, pihaknya bersyukur dapat terpilih menjadi salah satu peserta beasiswa, mengingat seleksinya diikuti oleh 900-an jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.

“Beasiswa BRI sangat berguna bagi kita sebagai jurnalis. Jadi memberikan saya pengalaman untuk menempuh pendidikan lagi. Selama ini, BRI concern untuk memberikan kesempatan kepada jurnalis di Indonesia untuk menempuh pembelajaran kembali,” ujarnya.

Menurutnya, program seperti ini sangat penting bagi jurnalis baik di kantor maupun di lapangan, untuk "refreshing" dan pengembangan pola pikir. Di samping itu, ia juga mengungkapkan bahwa selama mendapat beasiswa, operasional dan layanan BRI juga cepat.

Baca Juga: BRI Proaktif Ungkap Penipuan Modus APK Palsu, 13 Orang Ditangkap

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya