Comscore Tracker

Cek Fakta: Benarkah Pomade Bisa Bikin Rambut Rontok?

Pilihlah jenis pomade yang tepat untuk keseharianmu

Pomade merupakan salah satu produk styling rambut yang lazim digunakan oleh para laki-laki. Sebab, pomade dapat menunjang penampilan dan menjaga rambut tetap tertata dalam durasi yang cukup lama. 

Meski begitu, muncul anggapan kalau penggunaan pomade dapat memicu kerusakan rambut. Salah satunya seperti rambut rontok, terutama jika pomade digunakan secara rutin setiap harinya.

Namun, benarkah demikian? Yuk, simak faktanya yang dikutip IDN Times dari Halodoc.

1. Hubungan kerontokan rambut dan penggunaan Pomade

Cek Fakta: Benarkah Pomade Bisa Bikin Rambut Rontok?Ilustrasi pomadw (Pixabay.com/4565753)

Hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa penggunaan pomade atau produk penataan rambut lainnya dapat menyebabkan kerontokan rambut pada pria. Perlu diingat bahwa rambut rontok pada pria dapat terjadi karena pemicu yang berbeda. Salah satu pemicu yang paling umum adalah pola kebotakan rambut pada pria yang dipicu oleh kombinasi faktor genetik dan hormonal. 

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa 16 persen pria berusia antara 18 dan 29 tahun, serta 53 persen pria berusia 40-an mengalami kerontokan rambut sedang hingga ekstensif.

Namun, bukan berarti penggunaan pomade untuk menata rambut sepenuhnya aman dan tidak akan memicu kerontokan. Sebab, penggunaan pomade terutama oil-based pomade (berbasis minyak) secara berlebihan juga dapat berbahaya untuk rambut dan kulit kepala.

Hal ini lantaran residu dari pomade yang berlebihan dapat menutup atau menyumbat pori-pori di kulit kepala sekaligus dahi.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan, rasa gatal, sekaligus tumbuhnya jerawat pada kulit kepala. Jika dibiarkan, hal tersebut juga dapat berujung pada kerontokan dan kerusakan rambut.

2. Penggunaan pomade dengan hold atau daya rekat yang terlalu kuat dapat memicu kerontokan

Cek Fakta: Benarkah Pomade Bisa Bikin Rambut Rontok?sutterstock

Di samping itu, penggunaan pomade dengan hold atau daya rekat yang terlalu kuat juga dapat memicu kerontokan. Terutama ketika seseorang menyisir dan menata rambutnya saat menggunakan pomade. Meski begitu, kerontokan yang disebabkan oleh kondisi tersebut dikabarkan bersifat tidak permanen, sehingga dapat tumbuh kembali.

Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan pomade dalam jumlah sedikit atau secukupnya ketika ingin menata rambut. Sebaiknya, gunakan juga pomade yang tidak memiliki daya rekat atau hold yang terlalu keras karena produk jenis ini dapat menarik rambut.

3. Pilihlah jenis pomade yang tepat untuk keseharianmu

Cek Fakta: Benarkah Pomade Bisa Bikin Rambut Rontok?Ilustrasi pomade (pexels.com/Castorly Stock)

Perlu diketahui bahwa pada umumnya, pomade terbagi menjadi dua jenis, yakni water-based (berbasis air) dan oil-based (berbasis minyak). Kedua jenis pomade tersebut memiliki keunikannya masing-masing, sehingga kamu perlu benar-benar mengetahui mana produk yang tepat untuk keseharianmu. 

Pomade oil based umumnya terbuat dari beberapa jenis bahan. Contohnya seperti beeswax, minyak kelapa, minyak zaitun, hingga minyak almond. Pomade berbasis minyak diketahui tahan lama, namun lebih sulit untuk dicuci. Sementara pomade water-based merupakan produk yang mudah dicuci. Namun, jenis pomade ini tidak tahan lama dan cepat kering, sehingga memerlukan sedikit air untuk penataan ulang.

Sementara itu, bagi pria yang mulai mengalami penipisan rambut, penggunaan pomade juga dapat membuat efek kebotakan pada pria lebih mudah terlihat. Terutama jika seseorang menggunakan pomade untuk merapikan rambut ke belakang dan memperlihatkan garis rambut. 

Maka dari itu, jika kamu memiliki garis rambut yang surut, menata rambut dengan cara tersebut tentunya dapat membuat dahimu terlihat lebih besar. Selain itu, penipisan rambut di sekitar pelipis dapat lebih mudah terlihat, apalagi jika penggunaan pomade memiliki tingkat kilau yang tinggi.

Cek Fakta: Benarkah Pomade Bisa Bikin Rambut Rontok?ilustrasi aplikasi Halodoc (Dok. Halodoc)

Nah, itulah penjelasan mengenai pertanyaan apakah pomade dapat menyebabkan kerontokan rambut atau tidak. Faktanya, penggunaan pomade sebenarnya tidak menyebabkan rambut rontok.

Sebab, rambut rontok pada pria dapat terjadi karena pemicu yang berbeda, salah satunya seperti pola kebotakan rambut yang dipicu oleh kombinasi faktor genetik dan hormonal.

Jika saat ini kamu bingung untuk memilih produk penata rambut yang tepat dan aman, segeralah diskusikan dengan dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis untuk meminta saran medis yang tepat. Lewat fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Baca Juga: Mengenal Millie Desky, Ketua KPPG Sumut yang Baru Dilantik

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya