Comscore Tracker

Mengenal Warisan Kota Medan Lewat Medan Heritage

Banyak peninggalan kota Medan yang kurang dirawat

Kota Medan memiliki banyak warisan yang dikenal oleh masyarakat. Contohnya adalah Istana Maimun, Masjid Raya Medan, Kantor Pos Medan, dan lainnya. Namun masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap heritage kota Medan. Ditambah beberapa heritage kota Medan juga mulai tergerus berganti dengan gedung-gedung yang modern.

Karena adanya kondisi ini, Rizky Nasution dan tim tergerak hatinya untuk membuat suatu komunitas. Komunitas ini bernama Medan Heritage. Sesuai namanya, komunitas ini berfokus untuk mengenalkan heritage kota Medan kepada masyarakat Medan.

Apalagi komunitas ini kerap menggelar event tentang heritage kota Medan. Seperti apa cerita tentang komunitas Medan Heritage bareng pendirinya, Rizky Nasution? 

1. Tertarik dengan heritage di tahun 2004

Mengenal Warisan Kota Medan Lewat Medan HeritageInstagram.com/nasutionrizky

Rizky mulai tertarik dengan dunia heritage sejak tahun 2004. Sang kakak yang juga arsitek mengenalkannya pada dunia heritage. "Karena kakakku ada pelajaran dan pengetahuan itu (heritage). Jadi dia yang ngajakin aku dan sebenarnya kecemplung ya," ujarnya.

Perkenalannya dengan dunia heritage saat ikut aksi penyelamatan Villa Kembar di Jalan Diponegoro, Medan. Apalagi Rizky juga bertemu dengan Beranda Warisan Sumatera (BWS) yang berfokus pada penyelamatan heritage.

Selain dunia heritage, Rizky juga menyukai bidang seni dan budaya. Orangtualah yang berperan penting dalam mengenalkan Rizky pada dunia sosial dan alam. Hal inilah yang membuatnya sadar peduli terhadap hal sosial dan alam. 

"Orangtuaku sering ajak ke wisata alam, taman kota, museum, dan lainnya. Jarang diajak ke mall," ungkap Rizky

2. Lahirnya komunitas Medan Heritage dari suatu keresahan

Mengenal Warisan Kota Medan Lewat Medan HeritageInstagram.com/medanheritage

Lahirnya komunitas Medan Heritage berawal dari suatu keresahan mengenai anak muda yang kurang peduli terhadap heritage. Beranda Warisan Sumatera (BWS) bertanya kepada Rizky Nasution dan tim tentang cara mengenalkan heritage pada anak muda. Berangkat dari pertanyaan itulah, Rizky bersama pendiri lainnya, Irfan, membuat komunitas Medan Heritage.

"Medan Heritage adalah wadah untuk anak muda untuk mengubah pola pikir dan mengajak mereka untuk peduli terhadap heritage," jelas Rizky. 

Tanggal 31 Agustus 2013 menjadi tonggak awal berdirinya komunitas Medan Heritage. Pendirian komunitas ini tidak lepas dari hasil pengamatan dan analisis Rizky terhadap kondisi masyarakat Medan. Dia juga mengamati apa yang dibutuhkan oleh anak muda dalam membuat program. 

"Kita enggak mau buat program itu maunya kita, tetapi lebih ke maunya anak muda apa, trennya apa. Karena isunya sulit diterima, makanya dibuat lebih kreatif," tambahnya.

Dari hasil pengamatan dan analisisnya, heritage menjadi isu yang menarik dan sejalan dari BWS. Ditambah banyak anak muda yang kurang mengerti tentang heritage. " Karena tidak ada orang atau informasi yang tahu tentang campaign itu," kata Rizky.

Lewat komunitas Medan Heritage, dia mengajak anak muda untuk peduli dengan heritage kota Medan lewat event-event yang dibuat.  "Akhirnya kita buat suatu program seperti kelas heritage dan lainnya. Pas Hari Batik Nasional juga buat program Batik Attack. Pas komunitas ini ulang tahun, kita juga buat program Lapak Medan yang dipanjangkan jadi 'Merdekakan Lapangan Medan'. Ini dibuat seperti konsep bazar kaki lima. Tujuannya untuk mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka seperti taman kota," jelas Rizky. 

3. Cara komunitas Medan Heritage ajak anak muda untuk peduli heritage kota Medan

Mengenal Warisan Kota Medan Lewat Medan HeritageInstagram.com/medanheritage

Berbagai cara dilakukan oleh komunitas Medan Heritage untuk mengenalkan heritage kota Medan pada anak muda. Salah satunya lewat akun Instagram. Lewat akun Instagram, mereka memberikan banyak hal tentang heritage kota Medan.

"Di situ mulai diangkat tentang heritage. Tentang sejarah kota Medan, apapun tentang kota Medan, dan lainnya. Netizen sampai penasaran dengan Medan Heritage, barulah kami rilis komunitasnya," kata Rizky.

Perilisan komunitas ini dilakukan di gedung Kantor Pos Medan tanggal 31 Agustus 2013. Berkat bantuan dari pihak Kantor Pos Medan, jurnalis, dan lainnya, banyak masyarakat yang antusias terhadap perilisan komunitas ini. Bahkan sampai melebihi jumlah kapasitas pengunjung. "Targetnya 100 orang, tapi yang terdaftar smapai 600 orang. Kabarnya sampai ribuan orang," tambahnya. 

Komunitas Medan Heritage juga membuat website untuk memberikan informasi tentang heritage kota Medan. Walaupun kini website-nya telah di-hack, komunitas ini maish aktif memberikan info heritage kota Medan. Bahkan komunitas ini kerap dijadikan bahan penelitian yang terkait dengan heritage.

"Inilah fungsi kami untuk menyadarkan masyarakat bahwa Medan bukan sekadar kota transit, tapi juga kaya akan nilai sejaranya," ujarnya.

Baca Juga: Mantu Jokowi Bongkar Bangunan Ilegal di Kawasan Heritage Medan

4. Kegiatan dan kendala yang dari komunitas Medan Heritage

Mengenal Warisan Kota Medan Lewat Medan HeritageInstagram.com/medanheritage

Dari tahun 2013 hingga kini, komunitas Medan Heritage telah mengadakan kegiatan sebanyak lebih 50 kegiatan. Seperti program kelas heritage, program Batik Attack, dan lainnya. Bahkan komunitas ini kerap diundang dalam forum-forum nasional. "Tahun lalu jadi perwakilan di Konferensi Asia Afrika (KAA) dan juga diundang ke komunitas Historia" kata Rizky.

Selain itu, komunitas ini juga pernah mengikuti kompetisi. Bahkan pernah memengakan kompetisi di tahun 2014. Komunitas Medan Heritage saat itu mengusung proyek "Festival Titi Gantung". 

"Proyek ini dibuat karena ada info bahwa railink Kualanamu di Titi Gantung mau dirobohkan. Alhamdullillah ditampung sama komunitas Sukses Mulia dan di-up sama media. Akhirnya masyarakat sadar kalau itu termasuk ikon heritage Medan," jelasnya. 

Kendala pun tak luput dari komunitas ini. Beberapa kendalanya yaitu dari anggota komunitas, tidak memiliki legalitas, dan sulit bangun kerjasama dengan Pemerintah. "Kami tidak memiliki legalitas sehingga tidak bisa ikut forum internasional," ungkap Rizky.

Terkait pemerintah, komunitas ini selalu bangun audiensi program pemerintah, namun hasilnya nihil. Pandemik COVID-19 juga jadi kendala bagi komunitas Medan Heritage. Mereka tidak bisa mengunjungi berbagai lokasi sejarah di kota Medan. Bahkan mayoritas kegiatan Medan Heritage yang dilakukan secara luring pun ditiadakan. 

"Selama ini kita mengajak orang untuk  berkenalan dengan menyentuh atau merasakan aura bangunan bersejarah. Karena pandemi, semuanya tidak ada. Inilah PR kami di masa pandemik," jelasnya.

5. Rencana menarik dari komunitas Medan Heritage

Mengenal Warisan Kota Medan Lewat Medan HeritageInstagram.com/medanheritage

Di balik kesuksesan komunitas Medan Heritage, tentunya ada rencana menarik yang akan dilakukannya. Pemberdayaan masyarakat menjadi rencana komunitas ini ke depannya. "Karena kami belum punya program seperti itu," ungkap Rizky. 

Desa kreatif menjadi pilihan komunitas ini untuk memberdayakan masyarakat. Mereka memilih kawasan perumahan Melayu Lama di daerah Sei Deli. Tentunya rencana ini tidak luput dari ajakan komunitas lain yang juga berfokus di heritage.

"Dari ajakan komunitas Saujana Riau. Mereka sedang mengembangkan desa kreatif di kawasan tua di tengah kota. Programnya itu seperti buat home stay untuk wisatawan dambil diajari bercocok tanam, bernelayan, dan berbagai adat Melayu Riau. Ternyata di Medan ada kawasan seperti itu di Sei Deli," ujar Rizky.

Rencana ini tinggal selangkah lagi untuk diwujudkan. Sayangnya pandemik COVID-19 masih terus berlanjut dan belum dipastikan kapan diwujudkan program ini. Ditambah komunitas ini sulit mencari berbagai ahli andal untuk mewujudkan program ini karena COVID-19. Rizky berharap bahwa program ini segara terwujud.

6. Pesan Rizky kepada generasi muda mengenai heritage kota Medan

Mengenal Warisan Kota Medan Lewat Medan HeritageInstagram.com/medanheritage

Dengan adanya komunitas Medan Heritage, masyarakat jadi mulai paham tentang heritage kota Medan. Bahkan sampai peduli dan ikut andil dalam melestarikannya. Kesuksesan komunitas ini tidak lepas dari kerja keras dan tekad Rizky Nasution dan tim dalam mengenalkan heritage kota Medan. 

"Pesan saya adalah kalau mau melakukan sesuatu, jangan insecure duluan. Kalau ada ide, ditampung dan dicatat idenya. Terus cari orang yang seide dengan kamu dan kalau tidak ada, bergerak aja dulu. Manfaatkan juga media sosial untuk bersuara," kata Rizky.

Rizky juga berpesan agar lebih baik berbuat sesuatu, baru kemudian tahu hasilnya. Bahkan tentang dunia heritage pun dia juga belajar pada ahlinya. Jika ada orang beritanya, maka Rizky menjadikannya sebagai motivasi untuk belajar.

"Kenapa kami tahu heritage? Ya karena komunitas ini. Kan kita tidak tahu dan kita belajar sama yang paham ini. Juga pas buat event heritage, jadinya sama-sama belajar kan ?," jelasnya. 

Baca Juga: Tata Kawasan Heritage Kesawan, Ini yang akan Dilakukan Pemko Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya