6 Ide Kegiatan Bersama Anak Selama Bulan Ramadan, Pasti Seru!

Usir kebosanan anak di jam-jam kritis sebelum buka puasa

Tantangan sebagai orang tua saat memasuki bulan Ramadan adalah memperkenalkan dan mengajarkan puasa kepada anak. Hal ini dikarenakan anak-anak cenderung lebih mudah bosan dan memiliki mood yang berubah-ubah. Dibutuhkan kesabaran dan dukungan dari orang tua agar anak selalu bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan orang tua agar ibadah puasa yang dikerjakan anak dijalani dengan gembira, dan tidak memberatkan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan aktivitas seru yang dapat orang tua lakukan bersama anak sambil menunggu waktu buka puasa. Selain untuk menghilangkan kebosanan, aktivitas tersebut diharapkan meningkatkan bounding antara orang tua dan anak. 

Agar tidak kebingung, berikut adalah 6 ide kegiatan seru yang dapat orang tua lakukan bersama anak di bulan Ramadan. Simak baik-baik ya!

1. Membuat kerajinan tangan bernuansa Islam

6 Ide Kegiatan Bersama Anak Selama Bulan Ramadan, Pasti Seru!Ilustrasi seorang ibu dan anak sedang membuat kerajinan (istockphoto.com/Morsa Images)

Ide kegiatan seru yang dapat orang tua lakukan bersama anak di bulan Ramadan yang pertama adalah membuat kerajinan tangan. Selain untuk mengalihkan rasa lapar dan haus anak saat berpuasa, membuat kerajinan tangan memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Membuat kerajinan tangan dapat mengasah kreativitas, ketelitian, dan motorik halus anak.

Karena dalam suasana Ramadan, sebaiknya kerajinan tangan yang dibuat adalah yang bernuansa Islami seperti membuat bedug dari kaleng bekas atau kreasi masjid dari kardus bekas. Namun, jangan terlalu memaksa anak untuk menyelesaikannya dalam sehari, ya. Jika sudah merasa lelah, mintalah anak untuk melanjutkan kembali esok harinya.

2. Membuat kartu ucapan Ramadan

6 Ide Kegiatan Bersama Anak Selama Bulan Ramadan, Pasti Seru!ilustrasi seorang ayah dan anak sedang membuat kartu ucapan Ramadan (istockphoto.com/staticnak1983)

Ide kegiatan seru lainnya yang dapat orang tua lakukan bersama anak di bulan Ramadan adalah membuat kartu ucapan Ramadan untuk teman atau saudara. Kebanyakan anak-anak menyukai kegiatan yang berbau seni, seperti mewarnai, melukis, atau menggambar. Nah, aktivitas menyenangkan ini dapat menghilangkan kebosanan anak saat menunggu jam buka tiba.

Selain megatasi kebosanan, mengajak anak untuk membuat kartu ucapan selamat berpuasa dan menghiasnya sendiri dapat melatih kreativitas dan imajinasi anak. Apalagi, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini cukup mudah didapatkan seperti kertas warna, krayon, lem, gunting, pita, dan lainnya. Dijamin, anak-anak akan merasa senang dan lupa akan rasa haus dan laparnya.

3. Bermain tebak-tebakan yang berhubungan dengan nilai-nilai Islam

6 Ide Kegiatan Bersama Anak Selama Bulan Ramadan, Pasti Seru!Ilustrasi orang tua dan anak bermain tebak-tebakan (istockphoto.com/FatCamera)

Ide seru lainnya yang dapat orang tua lakukan bersama anak saat bulan Ramadan adalah bermain tebak-tebakan sederhana yang berhubungan Islam dan seputar Ramadan. Selain menjadi hiburan anak dalam menjalankan ibadah puasa, kegiatan ini juga terselip unsur edukatif. Oleh karena itu, bermain tebak-tebakan juga dapat melatih kemampuan berpikir dan pengetahuan anak. 

Langkah pertama yang diilakukan sebelum memulai kegiatan ini adalah dengan menyusun beberapa pertanyaan tentang nilai-nilai Islam, sejarah Nabi, dan pengetahuan seputar Ramadan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dibacakan atau ditulis dalam beberapa potongan kertas. Jika anggota keluarga lebih dari dua orang, bagilah menjadi beberapa tim. Agar makin seru, berikan hadiah kepada tim yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.

4. Membaca buku atau menonton film kisah Nabi dan Rasul

6 Ide Kegiatan Bersama Anak Selama Bulan Ramadan, Pasti Seru!Ilustrasi orang tua dan anak sedang membaca buku kisah Nabi (istockphoto.com/Jacob Wackerhausen)

Selanjutnya, kegiatan seru yang dapat orang tua lakukan dengan anak dalam rangka mengusir kebosanan saat menjalankan ibadah puasa adalah degan membacakan buku atau menonton film kisah Nabi dan Rasul. Kisah para Nabi dan Rasul adalah kisah-kisah yang penuh dengan keajaiban, keberanian, kesabaran, dan keteguhan iman. Karena itu, penting bagi orang tua untuk mengenalkannya kepada anak sejak dini sehingga dapat dijadikan teladan.

Karakter anak akan berkembang jika dibacakan buku atau menonton film kisah Nabi dan Rasul. Anak akan belajar tentang perbuatan baik dan perkataan yang bijaksana dari para nabi. Nah, bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan anak tentang sifat-sifat dan perbuatan baik ini.

5. Melaksanakan salat berjamaah

6 Ide Kegiatan Bersama Anak Selama Bulan Ramadan, Pasti Seru!Ilustrasi seorang ayah dan anak sedang salat berjemaah (istockphoto.com/Rawpixel)

Selain itu, orangtua juga bisa mengajak anak beribadah bersama di bulan Ramadan. Salah satunya salat berjemaah. Biasanya, anak usia dini belum terlalu maksimal dalam melaksanakan ibadah salat. Karena itu, kebanyakan anak akan lebih senang jika diajak oleh orangtuanya untuk melaksanakan salat berjemaah daripada hanya sekedar disuruh.

Dengan salat berjemaah, anak akan belajar tentang urutan gerakan saalat dan doanya. Kegiatan ini lebih menyenangkan karena dipraktikkan langsung oleh kedua orangtuanya. Selain itu, salat berjemaah dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan memperkuat keimanan anak.

6. Bermain board games

6 Ide Kegiatan Bersama Anak Selama Bulan Ramadan, Pasti Seru!Ilustrasi orang tua dan anak sedang bermain board games (istockphoto.com/SanyaSM)

Selain kegiatan edukatif dan Islami, kegiatan seru yang dapat dilakukan orang tua dan anak agar ibadah puasa tidak membosankan adalah bermain board games. Board games adalah permainan yang dilakukan lebih dari satu orang dan dimainkan di atas papan. Permainan ini memiliki banyak komponen, tema, dan teknik bermain yang bervariasi.

Board games yang banyak ditemukan di pasaran adalah monopoli, ular tangga, ludo, halma. Bahkan, saat ini beberapa permainan board games sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone. Bermain board games adalah salah satu kegiatan seru yang bisa orang tua lakukan bersama anak, terutama di jam-jam kritis sebelum buka puasa. Dijamin permainan ini bisa bikin lupa waktu, tiba-tiba sudah adzan magrib aja.

Nah, itulah 7 ide kegiatan seru yang dapat orang tua lakukan bersama anak di bulan Ramadan. Sejatinya, mengenalkan dan mengajarkan anak untuk berpuasa memang tidak mudah dan butuh kesabaran. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: Hukum Salat Berjemaah bagi Laki-Laki, Wajib atau Sunah Ya?

diah nur fitriana Photo Community Writer diah nur fitriana

Baru memulai menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya