Comscore Tracker

Alliance Française Medan Hadirkan Duo Weeger di North Sumatra Jazz  

Tur Indonesia ini merupakan tur pertama mereka di benua Asia

Medan, IDN Times - Alliance Française Medan dan North Sumatra Jazz Festival menggelar festival musik secara gratis dan terbuka untuk umum di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Medan, Kamis (28/7/2022) malam. Acara ini sebagai bentuk memperkuat kerjasama Jazz Eropa dan Indonesia melalui tur musisi jazz Prancis, Duo Weger di Indonesia.

Duo Weeger digawangi Bastien Weeger dengan Saxophone soprano, clarinet dan Timothée Weeger m Clarinet serta bass clarinet. Mereka adalah pemenang Jazz Migration, sebuah ajang pencarian musisi jazz Prancis dan musik improvisasi yang diselenggarakan oleh asosiasi bernama Association Jazz Croise (AJC).

Duo ini mengusung unsur keberanian, puisi dan emosi. Repertoar komposisi asli mereka adalah jazz, groove tradisional juga musik klasik dan repetitif.

Dengan rasa ingin tahu dan semangat untuk saling bertukar ide, kedua musisi berkomunikasi satu sama lain melalui alunan musik yang mereka mainkan, menari, dan bersama-sama mengerahkan energi yang diperlukan, untuk tetap menjaga tempo permainan, sambil mengeksplorasi kemungkinan ritme, harmoni, dan timbre.

1. AF Medan menjadi inisiator kedatangan Duo Weeger ke kota Medan

Alliance Française Medan Hadirkan Duo Weeger di North Sumatra Jazz  Duo weeger akan tampil di Medan (Dok. Istimewa)

Alliance Française Medan sebagai satu-satunya pusat bahasa dan budaya Prancis di Pulau Sumatera, menjadi inisiator kedatangan Duo Weeger. North Sumatra Jazz Festival merupakan festival terbesar untuk para pecinta jazz di Sumatra Utara.

Setelah dua tahun terhenti dikarenakan pandemi Covid-19, tahun ini North Sumatra Jazz Festival kembali lagi dengan pertunjukan dari para musisi nasional dan musisi lokal berkolaborasi dengan musisi internasional berkat kerjasama dengan Alliance Francaise Medan.

Selain Duo Weeger, ada juga yang akan tampil yakni Erucakra & C Man dan Junita Batubara.

Penampilan spesial dari musisi jazz Sumatra UtaraOndi Yohan Tambunan, Kamaluddin Galingging, Ance Juliet Panggabean, Tria Amelia Simbolon dan Daniel Alexander Malau.

Baca Juga: Hari Musik Nasional, 10 Lagu Pilihan Jurnalis Musik yang Wajib Dengar!

2. Tur Indonesia merupakan tur pertama mereka di benua Asia

Alliance Française Medan Hadirkan Duo Weeger di North Sumatra Jazz  Duo weeger akan tampil di Medan (Dok. Istimewa)

Tur Indonesia ini merupakan tur pertama mereka di benua Asia yang diinisiasi oleh jaringan Institut Français dan Alliance Française di Indonesia, dengan dukungan dari Institut Français di Paris, Kementerian Kebudayaan Prancis, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia.

Program ini merupakan langkah konkret dari kerjasama dan pertukaran kebudayaan antara Pemerintah Prancis dan Indonesia, khususnya dalam hal musik jazz.

Sebagai langkah awal, sebuah pertemuan daring telah dilakukan antara para pelaku musik jazz (musisi dan asosiasi jazz) Indonesia dan Prancis sebagai wadah untuk saling bertukar pengalaman yang diinisiasi oleh panitia penyelenggara Jazz Gunung Bromo dan Institut Français Surabaya pada tanggal 30 Mei 2022 yang lalu.

3. Sharing session juga diadakan di setiap kota sebagai wadah untuk bertukar pengalaman bermusik

Alliance Française Medan Hadirkan Duo Weeger di North Sumatra Jazz  Duo weeger akan tampil di Medan (Dok. Istimewa)

Sebagai kelanjutannya, tur Indonesia ini pun dilakukan di empat (4) lokasi yaitu Bali, Bromo, Jakarta dan Medan berkat kerjasama antara AJC, Jazz Migration, Institut Français (Paris), Institut Français Indonesia, Alliance Française Medan dan Alliance Française Bali. Pada kesempatan ini, Duo Weeger tidak hanya tampil pada festival dan pertunjukan jazz di empat kota tersebut.

Lebih dari itu, sharing session juga diadakan di setiap kota sebagai wadah untuk bertukar pengalaman bermusik antara perwakilan musisi jazz Prancis tersebut dengan para musisi lokal. Nantinya pengalaman ini akan menjadi representasi atmosfer jazz Indonesia untuk dipromosikan ke para profesional musik jazz di Prancis. Dengan begitu, kita tidak hanya mempromosikan musisi Prancis di Indonesia, namun juga musisi lokal Indonesia ke Prancis dan Eropa.

Baca Juga: 10 Kosakata Prancis Ini Ternyata Mirip Bahasa Indonesia, Yuk Belajar!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya