Comscore Tracker

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga Animasi

Bikin watchlist makin panjang

Tak hanya menayangkan film orisinal dan judul-judul terbaru, Netflix juga menyajikan banyak film lawas yang tak kalah menarik. Nah, buat kamu yang sedang mencari rekomendasi tontonan klasik, berikut ini 8 film dari dekade 80-an di Netflix. 

1. Police Story (1985)

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga AnimasiPolice Story (dok. Golden Harvest/Police Story)

Police Story merupakan film laga komedi Hong Kong garapan sutradara Jackie Chan yang juga berperan sebagai tokoh utama. Film ini menceritakan seorang polisi yang tengah membersihkan nama baiknya dari tuduhan pembunuhan.

Polisi bernama Kevin Chan itu berhasil menangkap gembong narkoba. Ia berusaha melindungi saksi kunci saat persidangan. Namun, Kevin ternyata ditipu dan bos narkoba tersebut bebas akibat kurangnya bukti. Kini, Kevin justru menjadi tersangka akibat tuduhan pembunuhan yang dilayangkan padanya. 

2. Police Story 2 (1988)

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga AnimasiPolice Story 2 (dok. Golden Harvest/Police Story 2)

Kevin Chan dipindahkan ke divisi lalu lintas karena caranya menangkap penjahat tak disukai pihak kepolisian. Kemudian, seorang bandit yang telah bebas dari penjara bertekad membalas dendam pada Kevin yang dulu menangkapnya. 

Selagi Kevin diganggu bandit pendendam itu, kepolisian tengah berada dalam situasi sulit akibat sekelompok pemeras meminta sepuluh juta dolar kepada seorang pemilik gedung. Menghadapi ini, Kevin Chan pun dipertimbangkan untuk mendapatkan kembali jabatan lamanya jika bisa menangkap para pemeras tersebut. 

3. The Blue Lagoon (1980)

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga AnimasiThe Blue Lagoon (dok. Columbia Pictures/The Blue Lagoon)

Film yang disutradarai Randal Kleiser ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Henry De Vere Stacpoole. Menceritakan dua orang bocah yang terdampar di pulau tak berpenghuni selama bertahun-tahun. Mereka merupakan korban kapal tenggelam. 

Tanpa orang dewasa, dua bocah ini belajar bertahan hidup secara mandiri. Bertahun-tahun kemudian, mereka pun tumbuh remaja. Keduanya merasa jatuh hati dan mulai memiliki ketertarikan seksual satu sama lain. 

4. My Neighbor Totoro (1988)

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga AnimasiMy Neighbor Totoro (dok. Toho/My Neighbor Totoro)

My Neighbor Totoro merupakan film animasi Jepang arahan sutradara Hayao Miyazaki. Menceritakan dua saudari; Satsuki dan Mei yang berteman dengan makhluk mistis dari dalam hutan di sekitar rumah baru mereka di pedesaan. 

Sejak itu, keduanya sering masuk ke hutan dan menjumpai teman unik mereka. Salah satunya makhluk gempal dan menggemaskan yang mereka beri nama Totoro. Bersama Totoro, mereka pun melewati banyak petualangan menakjubkan.

Baca Juga: Urutan Film Narnia, Film Fantasi Paling Populer pada Masanya

5. Young Sherlock Holmes (1985)

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga AnimasiYoung Sherlock Holmes (dok. Amblin Entertainment)

Film misteri yang disutradarai Barry Levinson ini menceritakan seorang detektif muda bernama Sherlock Holmes. Sherlock punya seorang sahabat bernama John Watson. Mereka saling bahu-membahu dalam menyelidiki sebuah kasus.

Film ini menampilkan kerja sama keduanya saat menguak kasus kematian misterius yang terjadi di dekat asrama sekolah mereka. Tokoh Sherlock Holmes dan John Watson sendiri didasarkan pada karakter fiktif buatan novelis Sir Arthur Conan Doyle.

6. Uncommon Valor (1983)

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga AnimasiUncommon Valor (dok. Paramount Pictures/Uncommon Valor)

Uncommon Valor merupakan film perang garapan sutradara Ted Kotcheff. Menceritakan upaya Kolonel Jason Rhodes menemukan putranya. Putranya dinyatakan hilang satu dekade lalu saat bertugas dalam Perang Vietnam. 

Setelah petisinya kepada pemerintah tidak digubris, Kolonel Jason pun melakukan caranya sendiri. Ia merekrut sekelompok veteran dan mulai menyusun strategi pencarian. 

7. A Better Tomorrow (1986)

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga AnimasiA Better Tomorrow (dok. Fortune Star/A Better Tomorrow)

A Better Tomorrow merupakan film laga kriminal Hong Kong arahan sutradara John Woo. Film ini menceritakan dua bersaudara; Ho dan Kit yang memilih jalan hidup berlawanan. Ho merupakan seorang kriminal sedangkan Kit ialah seorang polisi idealis. 

Kit sangat kecewa dengan kakaknya yang lebih memilih hidup sebagai penjahat. Suatu hari, Ho pun mulai berpikir untuk mengakhiri karier kriminalnya. Namun, saat Ho melakukan tindak kejahatan untuk terakhir kalinya, terjadi sesuatu yang sama sekali tak terduga. 

8. Castle in the Sky (1986)

8 Film Lawas Tahun 80-an di Netflix, Ada Laga hingga AnimasiCastle in the Sky (dok. Studio Ghibli/Castle in the Sky)

Castle in the Sky merupakan film anime fantasi Jepang yang disutradarai Hayao Miyazaki. Film ini menceritakan petualangan seru mencari pulau tersembunyi yang konon menyimpan harta karun berlimpah.

Perburuan itu dilakukan oleh seorang penambang muda, Pazu dan seorang gadis misterius yang turun dari langit, Sheeta. Petualangan yang mereka lakukan tidaklah mudah. Pazu dan Sheeta harus menghindari kejaran para perompak udara, pihak militer, dan agen rahasia.

Meskipun telah lewat puluhan tahun, semua film di atas nyatanya masih eksis hingga hari ini. Nah, dari 8 film seru tersebut, mana saja yang tertarik untuk kamu tonton?

Baca Juga: 7 Film Kriminal Adaptasi Buku di Netflix, Ceritanya Tegang Banget!

Ekos Saputra Photo Community Writer Ekos Saputra

gemar membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya