Comscore Tracker

5 Solusi untuk Meringankan Nyeri Radang Sendi

Salah satunya adalah menurunkan berat badan 

Kerusakan pada tulang rawan dapat menyebabkan osteoarthritis (penyakit sendi degeneratif). Menurut Centers for Disease and Prevention (CDC), osteoarthritis adalah jenis arthritis yang paling umum. Ada lebih dari 32,5 juta orang Amerika yang menderita osteoarthritis.

Beberapa metode pengobatan yang belum terbukti bisa menyembuhkan osteoarthritis adalah mengonsumsi tulang rawan hiu, menggunakan perhiasan tembaga dan menggunakan racun ular. Berikut adalah 5 solusi untuk membantu meringankan nyeri radang sendi.

1. Menurunkan berat badan 

5 Solusi untuk Meringankan Nyeri Radang SendiPexels.com/Total Shape

Menurut CDC, osteoarthritis tidak dapat disembuhkan tetapi ada beberapa terapi dan pengobatan yang bisa meredakan gejalanya. Salah satu solusi terbaik untuk meredakan gejala osteoarthritis adalah menjaga berat badan tetap stabil dan menurunkan berat badan jika diperlukan.

Memang menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Laura Robbins, wakil presiden senior yang mengurus pendidikan dan akademik di Hospital for Special Surgery New York City mengatakan, setiap kilogram penurunan badan menurunkan tekanan pada lutut. 

2. Olahraga 

5 Solusi untuk Meringankan Nyeri Radang SendiPexels.com/Philip Ackermann

CDC mengatakan bahwa aktivitas fisik atau olahraga sangat penting bagi penderita osteoarthritis. Olahraga yang bisa kamu lakukan yaitu berjalan di sekitar rumah atau berenang jika memungkinkan. Roy Altman, MD, seorang rheumatologist dan professor of medicine di University of California Los Angeles mengatakan, program latihan untuk penderita osteoarthritis terdiri dari latihan aerobik (berjalan, berenang atau bersepeda) dan latihan penguatan (isometrik dan isotonik). 

Baca Juga: Orang dengan 7 Profesi Ini Rentan Terkena Radang Sendi, Hati-hati!

3. Akupuntur 

5 Solusi untuk Meringankan Nyeri Radang SendiPexels.com/Ryutaro Tsukata

Akupuntur adalah teknik kesehatan yang telah dipraktikkan selama lebih dari 3.000 tahun. Ada berbagai jenis akupuntur seperti versi Cina, versi Jepang, versi Korea dll. Akupuntur dapat membantu meringankan rasa sakit akibat radang sendi. Menurut sebuah laporan dalam jurnal "National Library of Medicine" tahun 2010, penelitian terhadap 1456 peserta membuktikan bahwa akupuntur adalah pengobatan yang efektif untuk meredakan nyeri osteoarthritis lutut. Roy Altman, MD, seorang rheumatologist dan professor of medicine di University of California Los Angeles, mengatakan kebanyakan orang yang menderita osteoarthritis merasakan manfaat akupuntur, tetapi tidak semua orang. 

4. Krim capsaicin 

5 Solusi untuk Meringankan Nyeri Radang SendiUnsplash.com/Jocelyn Morales

Krim capsaicin terbuat dari zat yang menimbulkan rasa pedas pada cabai. Krim ini dapat meredakan nyeri osteoarthritis. National Library of Medicine menjelaskan bahwa capsaicin menurunkan aktivitas sel saraf di kulit yang berhubungan dengan rasa sakit sehingga rasa sakit menjadi berkurang. Cuci tanganmu sebelum dan sesudah menggunakan krim ini. Jangan sampai krim ini mengenai mata. Jika mengenai mata, segera bilas mata dengan air dingin yang banyak. Gunakan krim ini sesuai dengan petunjuk dan jangan menggunakan melebihi dosis yang direkomendasikan. 

5. Mengetahui informasi mengenai radang sendi 

5 Solusi untuk Meringankan Nyeri Radang SendiUnsplash.com/Giulia May

Roy Altman, MD, seorang rheumatologist dan professor of medicine di University of California Los Angeles mengatakan, sangat penting bagi kamu untuk memahami osteoarthritis dan hal apa yang dilarang saat terkena penyakit tersebut. Sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter reumatologi supaya kamu mendapatkan diagnosa yang benar. Setelah itu, kamu bisa menanyakan ke dokter reumatologi mengenai terapi atau kegiatan yang dapat dilakukan untuk meringankan rasa sakit osteoarthritis.  

Rendahnya pengetahuan banyak orang mengenai radang sendi menyebabkan ketidaktahuan cara mengatasi penyakit ini. Kamu bisa mencoba 5 solusi yang disebutkan diatas. Akan lebih baik lagi jika kamu mencoba solusi tersebut dengan berkonsultasi ke dokter supaya mendapatkan hasil yang terbaik. 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Bagi Lansia

Sita Vilosa Photo Community Writer Sita Vilosa

Read a thousand books, and your words will flow like a river.” ― Lisa See

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya