Comscore Tracker

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Kamu!

Makanan sehat gak harus mahal kok!

Wajah adalah aset yang sangat berharga dan harus dijaga dengan baik. Terkadang keluhan di area wajah bisa menyebabkan kita menjadi minder dan kurang percaya diri. Untuk mencegah keluhan yang tidak diinginkan pada wajah tentunya kita harus memiliki kebisaan baik yaitu dengan menjaga kesehatan dan kebersihan wajah kita.

Asupan makanan merupakan faktor penting yang sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Kita butuh makanan yang bergizi dan sehat supaya kulit wajah bisa mendapatkan nutrisi sehingga tidak mucul masalah pada wajah kita.

Apa aja sih makanan yang bisa menyehatkan kulit wajah? Yuk simak selengkapnya!

1. Ikan sarden

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Kamu!pexels.com/towfiqu-barbhuiya

Kelompok ikan yang mengandung lemak seperti sarden merupakan makanan yang sehat bagi kulit karena kelompok ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E yang tinggi. 

Omega-3 memiliki manfaat bisa mengurangi inflamasi dan peradangan akibat jerawat serta menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab. Bukan hanya untuk wajah, omega-3 berperan untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.  

100 gram ikan sarden memiliki kandungan 1.480 mg omega-3. Selain itu terdapat juga kandungan nutrisi lain berupa vitamin E, vitamin D, vitamin B12, Protein, Kalsium, zat besi dan Zink. 

2. Buah Alpukat

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Kamu!Pexels.com/roman-odintsov

Alpukat tidak hanya memiliki rasa yang enak, tapi juga mengandung asam laurat tinggi yang dipercaya dapat menjadi antimikroba dan antiinflamasi sehingga bagus untuk perawatan kulit berjerawat.

Buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin E dan Lemak tak jenuh yang dapat membuat kulit tetap lembab dan melindungi kulit dari resiko kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Asam linoleat dan oleat dalam alpukat juga membantu mempercepat penyembuhan luka atau peradangan pada kulit.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!

3. Ubi Jalar

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Kamu!Pexels.com/jorge-romero

Tanaman umbi umbian ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Selain kaya akan karbohidrat, ubi jalar juga mengandung beta karoten yang cukup tinggi. Beta karoten merupakan sumber pembentukan vitamin A dalam tubuh.

Manfaat beta karoten dalam ubi jalar diantaranya dapat menjaga kulit tetap sehat karena berperan sebagai sunblock alami yang bisa menjaga kulit dari bahaya terpapar sinar matahari. 

 

4. Buah Tomat

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Kamu!pexels.com/pixabay

Buah tomat tentunya tidak asing bagi kita karena dapat ditemukan dimanapun dan banyak terkandung dalam berbagai jenis olahan makanan ataupun minuman.

Tomat juga ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesahatan. Kandungan vitamin C dalam tomat cukup tinggi yaitu 14 mg per 100 g buah tomat. Vitamin C merupakan senyawa yang penting dalam peremajaan sel. Vitamin C dibutuhkan kulit untuk membentuk kolagen yang dapat menguatkan dan menjaga kesehatan sel kulit.

Selain itu tomat juga mengandung likopen yang merupakan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan sel dan dapat membantu kulit memperbaiki kerusakan akibat sengatan sinar matahari.     

5. Kedelai

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Kamu!pexels.com/pixabay

Kedelai memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit seperti isoflavon yang bertindak sebagai antioksidan. Isoflavon dipercaya dapat mencegah timbulnya kerutan dan membantu menambah elastisitas pada kulit. 

Dalam kedelai juga terkandung senyawa aglycones yang berfungsi untuk mengurangi flek, meregenerasi sel-sel di kulit sehingga kulit lebih halus dan tetap sehat.

Kandungan vitamin E dalam kedelai juga cukup tinggi sehingga dapat membantu memperbaiki kerusakan pada sel kulit dan mempercepat proses penyembuhan dari luka atau peradangan.

Baca Juga: 6 Jenis Perawatan Kulit Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!

Arief R. Photo Community Writer Arief R.

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya