Comscore Tracker

Sidak ke Pasar Jelang Nataru, Kapolda Beri Warning Kepada Spekulan

Stok pangan dipastikan aman

Medan, IDN Times – Di awal tugasnya sebagai Kapolda Sumatera Utara, Irjen Martuani Sormin Siregar melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar di Kota Medan, Senin (23/12). Sidak itu juga diikuti Sekretaris Daerah Sumut Sabrina, Panglima Kodam I/BB Mayjen M Sabrar Fadhillah dan instansi terkait lainnya.

Beberapa lokasi yang disidak, diantaranya Pasar Petisah dan Brastagi Supermarket. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

1. Bakal tindak tegas spekulan pengepul barang yang mainkan harga

Sidak ke Pasar Jelang Nataru, Kapolda Beri Warning Kepada SpekulanKapolda Sumut Irjen Martuani Sormin Siregar bersama beberapa pejabat lainnya melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional jelang Natal dan Tahun Baru 2020 (Istimewa)

Kata Kapolda Sumut Irjen Martuani, dia bakal menindak tegas jika ada spekulan yang bemain jelang perayaan hari besar. Pihaknya juga sudah membentuk Satgas Pangan, untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

"Agar tidak ada spekulan yang memanfaatkan situasi, misalnya sengaja menimbun bahan pangan yang mengakibatkan di pasar berkurang," katanya.

Baca Juga: Natal Perdana di Sumut, Kapolda Martuani Sormin ke Gereja Lau Dendang

2. Harga bahan pokok di pasar relatif stabil

Sidak ke Pasar Jelang Nataru, Kapolda Beri Warning Kepada SpekulanKapolda Sumut Irjen Martuani Sormin Siregar bersama beberapa pejabat lainnya melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional jelang Natal dan Tahun Baru 2020 (Istimewa)

Sekretaris Daerah Sabrina dalam sidak itu sempat menanyakan beberapa komoditas utama yang biasanya menjadi pemicu inflasi. Saat ini,kata Sabrina harganya masih stabil.

"Kalaupun terjadi kenaikan (harga) tidak terlalu banyak dan ini  kita melihat pada sisi ketersediannya," katanya.

3. Kondisi stok bahan pokok masih mencukupi

Sidak ke Pasar Jelang Nataru, Kapolda Beri Warning Kepada SpekulanIDN Times/Holy Kartika

Dia juga menjelaskan jika stok bahan pokok di pasar masih mencukupi. Setelah dilakukan pengecekan di lapangan masih sesuai dengan laporan tertulis yang diterima. Dia berharap harga kebutuhan masyarakat bisa tetap stabil.

"Petani,  pedagang dan peternak tetap untung tapi masyarakat juga masih mampu menjangkaunya. Itu yang kita harapkan dari sini," pungkasnya.

Baca Juga: Apel Pengamanan Nataru di Medan, Panglima TNI: Ingin Silaturahmi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya