Comscore Tracker

Yagasu Market dan Ubisdikanet Bantu Nelayan Jual Ikan Secara Online 

Ubisdikanet bantu nelayan melalui pengabdian masyarakat

Medan, IDN Times - Ade Wiranda, Bobby Pangaribuan, Nabila Anggrain, Zetro Situmorang, dan Muhammad Rais yang merupakan mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat di Bagan Percut, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rasa tanggung jawab seorang pendidik dalam memberikan ilmu kepada masyarakat. Kedepan, diharapkan pengabdian masyarakat tersebut tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat.

Dinamakan Ubisdikanet, kelima mahasiswa tersebut didampingi Muhammad Ridha Syafii Damanik, selaku ketua, OK Sofyan Hidayat, dan  Dra. Nurmala Berutu serta Meilinda Suriani Harefa, M. Faraouq Ghazali Matondang. Didampingi LPPM Dewi Endriani.

1. Para dosen Unimed melalui pendampingan LPPM merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat di Bagan Percut

Yagasu Market dan Ubisdikanet Bantu Nelayan Jual Ikan Secara Online Dok.Pribadi/IDN Times

Muhammad menjelaskan, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang pendidik yang profesional dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Maka para dosen Unimed melalui pendampingan LPPM merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat di Bagan Percut, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara," tambahnya.

Baca Juga: Yagasu Mart, Bantu Masyarakat Pesisir Jual Hasil Tambak 

2. Kelompok Ubisdikanet bermitra bersama Y-Mart (Yagasu Market) selaku Online Fisheries

Yagasu Market dan Ubisdikanet Bantu Nelayan Jual Ikan Secara Online Dok.Pribadi/IDN Times

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Program penjualan fisheries online dan melakukan sosialisasi ke masyarakat nelayan berbasis kemitraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dosen Unimed ke masyarakat”.

Kelompok Ubisdikanet bermitra bersama Y-Mart (Yagasu Market) selaku Online Fisheries yang telah lebih dulu berjalan dengan baik di bawah bimbingan Yagasu (Yayasan Gajah Sumatera).

"Diharapkan dengan adanya pengabdian ini dapat meningkatnya taraf kehidupan masyarakat nelayan melalui bantuan penjualan secara online melalui Ubisdikanet di bawah bimbingan penuh Y-Mart," kata Meilinda Suriani Harefa, dosen di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Unimed serta aktif di Yagasu.

3. Jodi Akbar, Bisnis Manager Yagasu, sepakat mendukung kelompok mahasiswa bersama para dosen Unimed untuk keberlangsungan kegiatan guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat nelayan tentang Online Market

Yagasu Market dan Ubisdikanet Bantu Nelayan Jual Ikan Secara Online Dok.Pribadi/IDN Times

Jodi Akbar, Bisnis Manager Yagasu, sepakat mendukung kelompok mahasiswa bersama para dosen Unimed untuk keberlangsungan kegiatan tersebut guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat nelayan tentang Online Market.

"Sehingga kemudian diharapkan para masyarakat nelayan mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang meluasnya pasar customer yang tidak hanya offline. Kegiatan pengabdian ini nantinya dapat mendorong peningkatan pendapatan masyarakat nelayan di daerahnya dan mengurangi rantai kemiskinan," kata Jodi.

Baca Juga: Wabah COVID-19, Ini yang Dirasakan YAGASU Selama Lakukan WFH

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya