Comscore Tracker

Cara Hidup Nyaman Sehat, Mitra Gojek Berperan Aktif Lindungi Pelanggan

Pelanggan mengakui Gojek jadi andalan di tengah pandemik

Medan, IDN Times - Di tengah pandemik COVID-19, Gojek berperan aktif lindungi pelanggan dengan berbagai cara melalui program digital yang dilakukan mitra Gojek. Sehingga menjadi andalan masyarakat dalam kebutuhan sehari-hari, seperti pengantaran makanan atau GoFood.

Amri Sinaga, sebagai mitra driver yang sudah mendapatkan akun prioritas GoFood sejak tahun 2017 ( telah 3 tahun lamanya) dan juga merupakan mantan (eks) pekerja taksi online ini mengaku bersama Gojek, dirinya telah memperoleh pendapatan hingga mencapai ratusan ribu rupiah per hari.

1. Pembayaran dengan Go Pay diakui lebih efisien di tengah pandemik COVID-19

Cara Hidup Nyaman Sehat, Mitra Gojek Berperan Aktif Lindungi PelangganIlustrasi driver Gojek memakai penyekat yang merupakan bagian dari program J3K. IDN Time/Istimewa

Baginya, mekanisme yang dilakukan mitra driver Go Food kepada customer menjadi solusi di tengah pandemik COVID-19 dalam menerapkan protokol kesehatan. Walaupun, mitra sering mendapatkan berbagai respon dari customer mulai dari peletakan pesanan di pagar rumah hingga penyemprotan customer pada pesanan.

"Ya normal saja, tergantung customer masing-masing. Terkadang ada yang risih seperti kita lakukan, makanya tergantung customer. Jaga jarak itu pasti, karena memang gak harus bersentuhan," jelasnya.

Dirinya berharap kepada customer maupun masyarakat, untuk selalu berjaga jarak. Dirinya juga tak terlalu khawatir, hal ini dikarenakan "Itu mereka rata-rata pakai non tunai alias GoPay," tuturnya.

2. Posko Aman menjadi tempat lebih nyaman dan sehat

Cara Hidup Nyaman Sehat, Mitra Gojek Berperan Aktif Lindungi PelangganIda Farida, seorang driver Gojek mengenakan masker kain sesaat sebelum mengantarkan pelanggan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Selain itu, untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan maka Gojek memiliki 4 titik posko aman di kota Medan yang mewajibkan setiap seminggu sekali para mitra lakukan pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan hingga diberi masker dan hand sanitizer.

"Sering di posko jalan Yamin dan jalan Cik Di Tiro. Kendala GoFood tidak ada, malah lebih baik dari sebelumnya. Kalau dulu banyak yang fiktif, sekarang minim. Tapi sekarang jauh lebih baik. Contohnya, tanpa modal kita sekarang sudah bisa narik. Dulu kan harus tunai, sekarang non tunai semua. Jauh lebih baik sebelum corona. Untuk saat ini cukup baiklah Gojek," jelas Amri.

3. Satgas berperan aktif melindungi masyarakat atau customer dengan penerapan prokes

Cara Hidup Nyaman Sehat, Mitra Gojek Berperan Aktif Lindungi PelangganDok.IDN Times/Istimewa

Di kota Medan, sesuai data Satgas kota Medan, masih terus ada peningkatan angka hingga sampai saat ini Selasa (20/10/2020) berstatus merah dengan total 6.436 positif COVID-19, sembuh 4.594, meninggal 283, dan dirawat 1.559 jiwa.

Jubir Satgas kota Medan, Mardohar Tambunan mengatakan, kehadiran mitra Gojek menjadi pilihan yang efisien bagi masayrakat di tengah pandemik COVID-19 yakni berperan aktif melindungi customer dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Efektif kehadiran mereka, karena protokol kesehatan masih dijalankan, terutama Go Food, terus yang satu lagi untuk belanja (GoShop)," ucapnya kepada IDN Times.

4. Pelanggan mengakui Gojek menjadi andalan di tengah pandemik COVID-19

Cara Hidup Nyaman Sehat, Mitra Gojek Berperan Aktif Lindungi PelangganIlustrasi GoFood. IDN Times/Aan Pranata

Betty, seorang pelanggan Gojek selalu mengandalkan aplikasi untuk memesan makanan, GoFood. Betty mengakui sudah berjalan setahun memesan GoFood.

"Saya terjamin, karena di tengah pandemik COVID-19 jadi tidak sulit, istilahnya jadi lebih ekspres (cepat). Apalagi kita masih takut untuk keluar," ucap Betty.

5. Jaga Kesehatan Kebersihan dan Keamanan Mitra, Gojek akan beri notifikasi di aplikasi mitra

Cara Hidup Nyaman Sehat, Mitra Gojek Berperan Aktif Lindungi PelangganGojek lakukan kopdar pada mitra untuk menyampaikan komitmen dan inisiatif kepada mitra (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, Dian Lumban Toruan, selaku Head of Regional Corporate Affairs Wilayah Sumbagut (Aceh Sumut Sumbar Riau) berharap melalui insiatif J3K, dipastikan seluruh ekosistem termasuk mitra dan pengguna dapat tetap produktif serta menjalani keseharian dengan sehat dan aman di tengah pandemik COVID-19.

“Pada bulan Juni sudah mulai. Untuk poskonya sendiri, ini (lokasi yang berada di Ring Road) merupakan salah satu lokasi yang ada di Medan,” ucapnya.

Tak hanya itu, Dian juga menjelaskan bahwa notifikasi menjadi salah satu peringatan kepada para mitra didalam aplikasi yang diwajibkan untuk ke posko aman Gojek.

"Nah, mereka itu akan ada notifikasi yang masuk ke dalam aplikasi ini yang mengharuskan mereka kesini. Kalau gak gak bisa aktif, dan nanti pelanggan biar aman dan nyaman. Baik mitra maupun pelanggan, belakangan muncul bahwa mitra sudah terukur suhunya dan mitra sudah didisinfektan kendaraannya,” tuturnya.

Baca Juga: Berjuang di Masa Pandemik, Driver Gojek: Harus Berani Tampil Unik

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya